Mohon tunggu...
Nur Taufik
Nur Taufik Mohon Tunggu... Guru - Blogger - Guru

Calon Journalist

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Talkshow Edukatif dan Tour Depo LRT Jakarta, Stasiun Veledrom To Pegangsaan Dua

9 Maret 2024   14:36 Diperbarui: 10 Maret 2024   06:36 638
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana didalam Depo Pegangsaa Dua. Sumber Pribadi. 

Pada Sabtu, 2 Maret 2024. LRT Jakarta mengadakan acara Eksplorasi LRTJ bertajuk Talkshow Edukatif dan Tur Depo LRTJ di stasiun Pegangsaan Dua, Jakarta Timur.

Kurang lebih peserta yang mengikuti acara Talkshow ini mencapai 150 orang yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dari jam 08:00-11:00 dan sesi kedua dari jam 14:00-16:00 WIB.


Saya pribadi turut mendapatkan undangan tersebut dan mendapatkan sesi pertama pukul 08:00-11:00 WIB.

Karena saya pengguna setia transportasi publik dan ingin menghindari kemacetan Jakarta yang sulit diprediksi, akhirnya saya berangkat dari rumah pukul enam pagi menggunakan Transjakarta rute 1B dari halte Stasiun Palmerah kemudian transit di halte Dukuh Atas ke Halte Galunggung naik Transjakarta koridor 4.

Setibanya distasiun LRTJ Veledrom, saya bertemu dengan rekan saya Mas  Zulfikar yang merupakan seorang Fotografer dari user Fujifilm dan Bapak Nadir yang kerap di sapa Om Nadir Profesional Fotografer dari Sony Alfa.


Masuk Pembahasan.

Penjelasan dengan para Kru LRTJ di Stasiun Veledrom. Sumber Pribadi (Nur Taufik). 
Penjelasan dengan para Kru LRTJ di Stasiun Veledrom. Sumber Pribadi (Nur Taufik). 

 Penjelasan SOP Masinis LRTJ

Pembahasan pertama dibawakan oleh awak masinis LRTJ. Bapak Bintang Timur Pratama, dirinya mengungkap sudah lima tahun bekerja sebagai awak masinis di LRTJ.

Tugas dan Tanggung Jawab Masinis LRTJ.

       1. Jalur Utama 

  • Memastikan kondisi kereta sebelum dikendarai di lintasan jalur utama.

  • Mengambil kereta dari jalur stabling (langsir ke area stasiun).

  • Mengemudikan kereta di jalur utama.

  • Melaporkan seluruh temuan di lintasan.

  • Berkordinasi dan berkomunikasi dengan tim OCC sesuai intruksi dan walka.

       2. Langsir

  • Mengemudikan kereta dari depo, stabling (Tempat parkir kereta), test track sesuai intruksi OCC.

  • Mendukung kegiatan mengemudikan kereta (Sesuai instruksi dan kordinasi pihak OCC).

       3. Cadangan/Stanby

  • Hadir dan menunggu penyelia terkait dinasan di jalur utama/langsir (Sebagai pengganti masinis yang tidak dapat bertugas).

  • Masinis harus tetap berada di kantor masinis dan tidak boleh meninggalkan kantor.

Kompetensi Teknis Masinis (Sertifikasi DJKA dan Kemenhub)

       1. Pengoprasian Kereta.

  • Langsir dari steabling ke mainline, inspeksi kereta, driving kereta yard dan normal mode, start up dan shutdown kereta.

       2. Evakuasi Penumpang.

  •  Penggunaan tangga darurat, penggunaan APAR, penggunaan PA, SOP evakuasi penumpang.

       3. Penanganan Gangguan Kereta

  • Gangguan PA, DRM TNFDI PID, CCTV, SIV/APU, VVVF, Kompresor, parking brake, cut out, coupling dan uncoupling, even recorder electric coupler terbuka, deadmen, PSD On Board, VAC, Defroster, wiper, Air Spring,TCMS display unit, pintu, panel pintu, lampu, emergenct brake. 

  • 4. Penanganan Gangguan Sinyal dan Telekomunikasi 

  • Gangguan persinyalan, ATS (MMI), on board radio, komunikasi, melewati sinyal merah, berjalan jalur kiri.

       5. Penanganan Gangguan Track

  • Gangguan wasel, gangguan goyangan abnormal di kereta, gangguan ruang bebas jalur.

      6. Penanganan Gangguan Power 

  • Los s Powe (0 Power), Dead section.

       7. Penanganan Gangguan Darurat

  • Darurat kebakaran di kereta, darurat kebakaran di stasiun, darurat anjlokan kereta, darurat gempa bumi.

Alur Dinasan Masinis

  • Hadir di kantor dan melakukan absensi Finger print (60 menit sebelum jam berangkat KA yang akan dijalankan).

  • Melihat, membaca dan memahami pengumuman dan intruksi di display TV, Handphone dan papan pengumuman.

  • Melakukan pemeriksaan kesehataan yang dilakukan bersama tim medis dan mengisi data kesehatan di aplikas AKDA.

  • Hasil pemeriksaan kesehatan dapat di akses pada aplikasi AKDA.

Alur Dinasaan Masinis (Lanjutan 2)

  • Masinis melapor kepada penyelia yang berdinas di ruang asesmen ASP.

  • Penyelia melakukan asesment pra-dinas dengan penilaian dengan beragam pertanyaan.

  • Masinis melakukan tunjuk sebut semboyan. (LRTJ memiliki 24 semboyan, contohnya semboyan satu untuk lampu hijau dua untuk kuning dan tiga untuk merah (Berhenti).

  • Penyelia melakukan uji pengetahuan dan memutuskan apakah layak atau tidaknya masinis tersebut berdinas.

  • Jika Layak, pihak penyelia mengisi hasil asesment pra-dinas di AKDA dan memberikan inventaris perlengkapan dinas.

  • Jika Tidak Layak, Masinis akan diistirahatkan atau dipulangkan ketempat tinggalnya untuk kemudian diganti dengan masinis cadangan.

Inventaris Perlengkapan Kedinasan

  • Kunci LRV : Pintu kabin, pintu panel dan master key.

  • Handy Talky: Digunakan apa bila radio dikabin bermasalah.

  • Tablet Dinas.

Isi Tablet Dinas Masinis

  • QR Code untuk serah terima masinis.

  • Go/No Item: Memfoto dan mengupload form Go/No item pemeriksaan dari sarana.

  • Perjalanan KA: Berisikan waktu tiba dan berangkat sesuai GAPEKA serta realisasi di lapangan.

  • Serah Terima Tablet: Tablet dikembalikan kepada penyelia setelah selesai dinas dengan cara scan QR Code.

  • Surat Tugas: Tablet dikembalikan kepada penyelia setelah selesai dinas dengan cara scan barcode serah terima tablet.

  • Breafing: Memfoto dan mengisi keterangan kondisi briefing pagi.

Fasilitas Awak Sarana Perkeretaapian

  • Ruang Assesment

  • Ruang Manajemen

  • Ruang Tunggu ASP

  • Dormitory (Kamar istirahat masinis)

Penjelasan didalam gerbong LRTJ yang sedang dilakukan perawatan. Sumber Pribadi. 
Penjelasan didalam gerbong LRTJ yang sedang dilakukan perawatan. Sumber Pribadi. 

Penjelasan Pelayanan LRTJ

Bersama Bapak Fauzan Azim selaku Koordinator pelayanan stasiun LRTJ.

Visi, Misi dan Nilai Perusahaan

 Visi:

  • Menjadi solusi mobilitas publik terbaik di Indonesia.

Misi 

  • Menyediakan layanan transportasi publik warga Jakarta yang aman dan nyaman

  • Mengembangkan jaringan transportasi publik yang modern dan terintegrasi.

  • Membangun reputasi perusahaan dengan pengembangan sumber daya manusia yang LRTJ

Nilai Perusahaan: LRTJ (L: Lincah R: Ramah T: Terpercaya J: Jujur)

Rute LRT Jakarta

  • Stasiun Pegangsaan Dua

  • Stasiun Boulevard Utara

  • Stasiun Boulevard Selatan 

  • Stasiun Pulomas

  • Stasiun Equestrian

  • Stasiun Veledrom

Dengan jarak tempuh sekarang 5,8 KM dengan waktu tempuh 13 menit dan -+2 menit antar stasiun. Dalam tahap proses pembangunan menuju stasiun Manggarai yaitu tahap 1B, dengan harapan tahun 2025 sudah dapat running test.

Metode Pembayaran LRTJ

  • Kartu Uang Elektronik: E-Money, Brizzi, Flazz, Tap Cash, Bank DKI.

  • Kartu dan Aplikasi Jaklingko.

  • Aplikasi LinkAja.

Pola Operasi 

  • Weekdays dan Weekend/Holiday 05:30-23:00 WIB, dengan keberangkatan awal dan akhirnya dari Stasiun Pegangsaan Dua. 

Rangkaian Kereta terdiri dari 8 kereta dengan 16 gerbong 

  • 4 Kereta Beroprasi

  • 2 Kereta Stand by

  • 2 Kereta Cadangan

Jarak Antar Stasiun 

  • Veledrom - Equestrian 950 m.

  • Equestrian - Pulomas 750 m.

  • Pulomas - Boulevard Selatan 1150 m.

  • Boulevard Selatan - Boulevard Utara 1200 m.

  • Boulevard Utara - Pegangsaan Dua 1706 m.

Fasilitas Perawatan di Depo LRTJ Pegangsaan Dua

  • Painting Booth Line (Sarana pengecetan ulang)

  • MRV Line (Kereta penarik untuk LRTJ yang mogok)

  • Stabling Line

  • ATWP (Tempat pencucian kereta)

Pusat Kendali OCC dan BOCC

  • Sistem Persinyalan.

  • Sistem kendali kelistrikan.

  • Sistem kendali telekomunikasi.

  • Sistem kendali utilitas lainnya.

Fasilitas Stasiun

  • Mushala

  • Eskalator

  • Pos Kesehatan

  • Retail Area

  • Lift

  • PID (Passenger Information Display) 

  • Plat form Screen Door

  • Toilet Umum

  • Nursery Room (Ruang menyusui)

Fasilitas Disabilitas

  • Kursi Prioritas

  • Toilet Disabilitas

  • Lift 

  • Kursi Roda

  • Guiding Block

  • Portable Ramp

Etika Bertransportasi Publik yang Baik dan Benar

  • Tidak membawa benda berbau tajam.

  • Tidak membuang sampah sembarangan.

  • Tidak membawa hewan peliharaan.

  • Tidak duduk dilantai atau membawa kursi lipat.

  • Tidak makan dan minum.

  • Dilarang Mengamen.

  • Dilarang membawa barang berbahaya seperti sajam.

  • Tidak Meludah.

  • Tidak Mencoter-coret / merusak fasilitas.

Suasana didalam Depo Pegangsaa Dua. Sumber Pribadi. 
Suasana didalam Depo Pegangsaa Dua. Sumber Pribadi. 

Setelah pemaparan oleh kedua pemateri, acara selanjutnya adalah berkunjung secara langsung ke depo LRTJ yang berada di stasiun Pegangsaan Dua untuk melihat secara langsung bagaimana proses kereta-kereta LRTJ dirawat dan di periksa kelayakannya setiap hari sebelum berdinas


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun