Mohon tunggu...
Nur Rizka Laila
Nur Rizka Laila Mohon Tunggu... Lainnya - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Nur Rizka Laila nama panjangnya biasa dipanggil Rizka. ia saat ini kuliah di UINS Syarif Hidayatullah Jakarta Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Ia suka sekali mencoba hal baru dan menambah pengalaman. Mempunyai banyak mimpi dan selalu yakin akan terwujud diwaktu yang tepat. ingin sekali selalu menyebarkan hal bermanfaat kepada semua orang. Hobinya membaca,menulisdan juga memasak.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tipologi Belajar pada Anak Didik dan Perbedaan Individual

26 Oktober 2024   17:51 Diperbarui: 26 Oktober 2024   19:00 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Suparman menyatakan bahwa tipologi belajar adalah kombinasi cara seseorang dalam menyerap, mengelola, dan memproses informasi. Dalam buku Quantum Learning yang ditulis oleh Bobby de Potter dan rekan-rekan, disebutkan bahwa terdapat tiga jenis tipologi belajar, yaitu visual, auditori, dan kinestetik.

Tipologi belajar bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran dan membantu siswa menangkap, mengatur, dan mengolah informasi. Tipologi belajar merujuk pada pengklasifikasian atau pengelompokan gaya belajar individu berdasarkan karakteristik kognitif, afektif, dan fisiologis yang unik.

Hamzah (2008) menyatakan bahwa “Ada beberapa tipe gaya belajar yang bisa kita cermati dan mungkin kita ikuti apabila memang kita merasa cocok dengan gaya itu, diantaranya: gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik”.

  • Gaya Belajar Visual Siswa dengan gaya belajar visual memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

 a) teratur dan rapi,

b) berbicara cepat,

c) tidak mudah terganggu oleh suara latar saat mengingat visual,

 d) lebih suka membaca daripada mendengarkan,

e) membaca dengan cepat dan teliti,

f) sering tahu apa yang ingin diucapkan, meski kesulitan memilih kata,

g) mengingat melalui asosiasi visual,

h) kesulitan mengingat instruksi verbal kecuali tertulis, dan

  •  Gaya Belajar Auditorial Gaya belajar auditorial mengandalkan pendengaran. Ciri-ciri siswa auditorial menurut Bobby De Porter dan Mike Hernacki meliputi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun