Mohon tunggu...
NUR ISTIKOMAH
NUR ISTIKOMAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar

Mahasiswa UNISSULA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sisem Merk Equity Matahari Departement Store dalam Membentuk Minat Beli kepada Konsumen

7 Juni 2022   19:20 Diperbarui: 7 Juni 2022   19:27 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nur Istikomah 

Sri Dewi Wahyundaru, SE.,MSi.,Ak,CA, ACPA.,CRP 

AKUNTANSI FE UNISSULA

SISTEM MERK EQUITY MATAHARI DEPARTEMENT STORE DALAM MEMBENTUK MINAT BELI KONSUMEN


PT Matahari Corporate store Tbk memiliki warisan yang mendalam di ritel Indonesia. Mulai perjalanan pada 24 Oktober 1958 dengan pembukaan gerai utamanya, sebuah toko pakaian anak-anak di Jakarta, Matahari kemudian, pada saat itu, pada saat itu, membuka toko perusahaan paling terkenal di Indonesia pada tahun 1972. Sejak saat itu dan seterusnya. , Matahari telah fokus pada yang sangat bagus untuk dirinya sendiri sebagai merek yang benar-benar terbuka.

Matahari adalah panggung ritel terbesar di Indonesia, dengan 139 gerai di 77 wilayah metropolitan di seluruh Indonesia dan kehadiran elektronik di Matahari.com, selama lebih dari 60 tahun. Store matahari menyewa pekerja sekitar 40.000 pekerja (dari SPG hingga transfer) dan bekerja dengan sekitar 600 pemasok di seluruh dunia.

Asosiasi ini telah mendapatkan pengakuan industri yang berbeda - publik dan di seluruh dunia - termasuk Top 3 Best Non-Financial Region dan Top 10 Mid-Cap Guarantors ASEAN Corporate Administration Grants 2021. Asosiasi ini juga menerima Penghargaan Pilihan Gambar Netizen 2018 dari Warta Ekonomi. Hibah ini menegaskan kembali apa yang terjadi dari Asosiasi sebagai salah satu asosiasi utama, paling luar biasa dan terpercaya di Indonesia.

Rantai Ritel Matahari dinobatkan sebagai salah satu dari 100 merek paling signifikan di Indonesia pada tahun 2017 oleh Majalah SWA dan firma konseling merek yang berbasis di London, Brand Money.

Sesuai penegasan yang diberikan pada Selasa (30/05), Matahari berada di posisi ke-24 dalam daftar dengan nilai merek $236 juta dan peringkat merek AA menurut penilaian Brand Money.

Brand Money menggunakan kerangka kerja pemosisian Image Strength File (BSI) miliknya sendiri untuk menyimpulkan merek dan item organisasi mana yang akan dicantumkan. Penanda yang diperkirakan adalah input, nilai merek, dan hasil. Input mengacu pada eksekutif, sedangkan nilai merek mengacu pada keakraban publik dengan merek. Faktor hasil mengukur eksekusi moneter dalam pandangan pendapatan merek, sepotong kue, dan produktivitas dalam tinjauan termasuk penguji. Rantai Ritel Matahari dan Jakarta Globe keduanya terkait dengan Lippo Gathering.

Merk yang ada di Matahari

  • Nevada
  • Details
  • Little M
  • Connexion
  • Pipiniko
  • Cole

pengaruh store atmosphere dan lokasi terhadap terhadap minat beli konsumen Matahari Departement Store Medan baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik analisa data menggunakan analisa regresi linier berganda sedangkan alat uji hipotesis dilakukan dengan uji t, uji F dan uji determinan. Hasil penelitian terbukti bahwa harga dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli konsumen Matahari Department Store Thamrin Plaza Medan sebesar 59,1%, sisanya sebesar 40,9% dipengaruhi faktor lain seperti kualitas pelayanan, promosi, harga dan lain-lain.

DASAR HUKUM EKUITAS

Pengertian ekuitas

Ekuitas Merek atau Brand Equity adalah nilai tambahan yang melekat pada suatu merek, nilai tambahan ini pada dasarnya ditentukan oleh persepsi konsumen pada merek tersebut. Ekuitas Merek Ekuitas Merek dapat dilihat dari cara pelanggan berpikir, merasakan, memandang produk beserta harga dan posisi pasarnya serta cara merek mendapatkan keuntungan dan pangsa pasar bagi organisasinya secara keseluruhan.

Pengertian brand equity menurut para ahli

  • Kotler dan keller

Menjelaskan bahwa brand equity yaitu bertambahnya nilai pada suatu produk barang atau jasa tersebut. Bagaimana cara mencari tahu apa yang dicari oleh konsumen, berapa budget yang harus dikeluarkan dll. Dan sebuah perusahaan harus megerti agar produk bisa dibuat dan konsumen bisa tertarik dengan barang tersebut.

  • Supranto dan linmakrisna

Supranto dan Limakrisna menjelaskan bahwa brand equity adalah nilai yang ditentukan oleh pelanggan pada suatu merek di dalam dan diluar atribut ataupun karakteristik dari nilai fungsionalitas suatu produk.

  • Tjiptono

Berpendapat bahwa serangkaian asset serta nilai kewajiban merk yang berkaitan dengan suatu nama, brand atau merk, serta symbol yang bisa mengubah suatu produk barang atau jasa pada semuah perusahaan.

  • Susanto dan wijinarko

Menjelaskan bahwa brand equity adalah liabilitas merek dan seperangkat aset yang erat kaitannya dengan suatu merek, nama, serta simbol terkandung di dalamnya untuk menambah atau mengurangi nilai yang dapat diberikan suatu barang atau administrasi kepada organisasi atau klien dari perusahaan yang sebenarnya.

Respon Merek (Brand Response)

Langkah selanjutnya melibatkan tanggapan pelanggan terhadap suatu merek yaitu "penilaian" dan "perasaan". Pelanggan membuat penilaian tentang suatu merek ini dapat dibagi menjadi empat kategori utama yaitu :

  • Kualitas: Kualitas produk / layanan yang dirasakan dan aktual.
  • Kredibilitas: Kepercayaan, disukai, dan keahlian (inovasi) merek.
  • Pertimbangan: Relevansi produk / layanan dengan kebutuhan pelanggan.
  • Keunggulan: Keunggulan suatu merek dibandingkan merek lain.

Pelanggan juga menanggapi suatu merek sesuai dengan apa yang mereka rasakan. Merek dapat membangkitkan perasaan seperti kehangatan, kesenangan, kegembiraan, keamanan, harga diri dan lain sebagainya.

Resonansi Merek (Brand Resonance)

Resonansi merek juga sama. Ini menunjukkan seberapa baik kita berhubungan dengan merek tertentu dan seberapa intens hubungan kita dengan merek tersebut. membicarakannya dan membagikannya dengan orang lain. Itu membuat kita merasa baik, nyaman, bahagia, gembira, dan bahkan dicintai. Ini satu-satunya merek yang kami percayai dan ingin kami beli / gunakan berulang kali. namun resonansi merek yang sedang terjadi, pelanggan merasa benar-benar "sinkron" dengan merek.

Harapan Store Matahari 

Untuk menyenangkan pelanggan dengan fashion aspiratif namun terjangkau yang terlihat bagus & terasa enak.

Matahari akan menjadi peritel khusus mode & gaya hidup paling sukses di Indonesia yang membawa nilai & peluang secara nasional di semua saluran kami. Individu terampil kami akan mencapai ini dengan memusatkan perhatian pada pengalaman dan nilai klien sambil mengubah mentalitas kami menjadi salah satu "Rumah Pakar"

https://accurate.id/marketing-manajemen/brand-equity-adalah/

https://jakartaglobe.id/business/matahari-named-one-of-indonesias-100-most-valuable-brands/

https://www.matahari.com/corporate/about-us

https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-ekuitas-merek-brand-equity-model-ekuitas-merek-keller/

https://ichi.pro/id/model-resonansi-merek-mengapa-pemasar-harus-peduli-204295043410004#:~:text=Ketika%20resonansi%20merek%20terjadi%2C%20itu%20berarti%20pelanggan%20merasa,merek%2C%20yang%20sekarang%20menjadi%20populer%20di%20bidang%20pemasaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun