Mohon tunggu...
Nurhaidah
Nurhaidah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/mahasiswa universitas Muhammadiyah Mataram

Nama saya Nurhaidah Asal Dompu Sekolah di universitas Muhammadiyah Mataram jurusan pendidikan guru sekolah dasar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori belajar sosial Albert bandura

19 Januari 2025   10:23 Diperbarui: 19 Januari 2025   10:23 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori Belajar Sosial Albert Bandura adalah sebuah konsep yang menjelaskan bagaimana kita belajar banyak hal melalui pengamatan dan peniruan orang lain. Bandura berpendapat bahwa kita tidak hanya belajar dari pengalaman langsung, tetapi juga dari mengamati perilaku orang lain, terutama mereka yang kita anggap sebagai model yang baik.

Konsep Utama Teori Belajar Sosial:

 * Pembelajaran Observasional: Ini adalah inti dari teori Bandura. Kita belajar dengan mengamati perilaku orang lain, mencatat konsekuensinya, dan kemudian meniru perilaku tersebut jika kita menganggapnya bermanfaat.

 * Proses Mediasi: Antara stimulus dan respons, ada proses kognitif yang terjadi. Kita tidak hanya meniru secara otomatis, tetapi kita juga memproses informasi yang kita amati dan membuat keputusan tentang perilaku mana yang ingin kita tiru.

 * Empat Proses Utama dalam Pembelajaran Observasional:

   * Perhatian: Kita harus memperhatikan model agar bisa belajar darinya.

   * Retensi: Kita harus mengingat apa yang kita amati.

   * Reproduksi: Kita harus mampu mereproduksi perilaku yang kita amati.

   * Motivasi: Kita harus termotivasi untuk melakukan perilaku tersebut.

Contoh Penerapan Teori Belajar Sosial:

 * Anak-anak: Anak-anak sering belajar bahasa, norma sosial, dan keterampilan lainnya dengan meniru orang tua, saudara, teman, dan tokoh idola.

 * Pemasaran: Iklan sering menggunakan model yang menarik untuk mempengaruhi perilaku konsumen.

 * Pendidikan: Guru menggunakan model pembelajaran untuk menunjukkan kepada siswa bagaimana menyelesaikan masalah atau melakukan tugas tertentu.

Implikasi Teori Belajar Sosial:

 * Pentingnya Model: Orang-orang yang kita anggap sebagai model memiliki pengaruh besar pada perilaku kita.

 * Peran Media: Media massa, seperti televisi dan internet, berperan penting dalam membentuk perilaku kita.

 * Pendidikan: Teori ini menyarankan agar pembelajaran dibuat lebih menarik dan relevan dengan kehidupan siswa dengan menggunakan model yang baik.

Kritik terhadap Teori Belajar Sosial:

 * Terlalu Menekankan pada Pengaruh Lingkungan: Teori ini mungkin kurang memberikan perhatian pada faktor internal seperti genetika dan motivasi intrinsik.

 * Sulit Mengukur Proses Kognitif: Proses mediasi yang terjadi di dalam pikiran sulit untuk diamati dan diukur secara objektif

 * Pengasuhan: Orang tua berperan sebagai model bagi anak-anak mereka dalam hal perilaku, nilai, dan sikap.

Ciri-ciri

 * Pembelajaran melalui model: Individu belajar dengan mengamati perilaku orang lain (model) dan kemudian menirunya.

 * Proses kognitif: Terdapat proses berpikir di antara pengamatan dan peniruan. Individu akan memproses informasi yang diperoleh, mengevaluasi, dan kemudian memutuskan perilaku mana yang akan ditiru.

* Empat proses utama: Perhatian, retensi (mengingat), reproduksi (meniru), dan motivasi.

 * Penguatan vicarious: Individu termotivasi untuk meniru perilaku jika mereka melihat model mendapatkan penguatan positif atas perilakunya.

Dampak Positif

 * Pembelajaran yang efektif: Teori ini menekankan pentingnya contoh yang baik dalam proses pembelajaran.

 * Adaptasi sosial: Membantu individu beradaptasi dengan lingkungan sosialnya dengan cara belajar dari orang lain.

 * Perkembangan kognitif: Melalui pengamatan, individu dapat mengembangkan keterampilan kognitif seperti pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

 * Perubahan perilaku: Teori ini dapat digunakan untuk mengubah perilaku yang tidak diinginkan dengan cara memberikan model yang positif.

Dampak Negatif

 * Perilaku menyimpang: Jika individu mengamati model yang melakukan perilaku menyimpang, mereka juga berpotensi menirunya.

 * Stereotipe: Media dan lingkungan sosial dapat memperkuat stereotipe gender, ras, atau sosial lainnya melalui proses pembelajaran observasional.

 * Ketergantungan pada model: Terlalu mengandalkan model dapat menghambat pengembangan kreativitas dan pemikiran kritis.

Kesimpulan:

Teori Belajar Sosial Albert Bandura memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana kita belajar dan berkembang. Teori ini memiliki implikasi yang luas dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, psikologi, dan pemasaran. Meskipun ada beberapa kritik, teori ini tetap menjadi salah satu teori pembelajaran yang paling berpengaruh.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun