Pandemi masuk Indonesia sejak bulan Maret tahun 2020 hinga sekarang. Kondisi korban yang terpapar Covid-19 di Indonesia tidak kunjung menurun maka dengan konsi dan situasi tersebut pemerintah memberlakukan sistem PPKM ( Pemberlakuan Pembatasn Kegiatan Masyarakat ).Â
Dengan ketepatan tersebut membuat semua kegiatan dibatasi dengan ketat sesuai situasi dan kondisi di setiap wilayah. Pada awalnya penerapan PPKM diterapkan di Jawa-Bali namun ada kebijakan baru dari pemerintah mengenai meningkatnya kasus covid-19 di Indonesia. Sehingga penerapan PPKM dilakukan di wilayah nonJawa-Bali.
Dengan menyesuaikan penerapan yang ada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ( LP2M ) Universitas Jember melanjutkan program KKN dengan mengambil tema KKN Back to Village 3 atau KKN Pulang Kampung. Dalam hal in mahasiswa diupayakan untuk melakukan kegiatan KKN di daerah asal mereka masing-masing. Mahasiswa KKN diharapkan dapat membantu mengatasi mengenai masalah yang muncul selama pandemi seperti sekarang ini.
Gambaran Singkat Desa Sasaran
Situbondo merupakansalah satu Kabupaten yang terletak di Pulau Jawa khususnya di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten tersebut terletak di daerah pesisir Utara Pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda dan dikelilingi oleh perkebunan tebu,tembakau,hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan. Secara Astronomis, wilayah Kabupaten Situbondo terletak diposisi antara 735-744 Lintang Selatan dan 11330-11442 Bujur Timur.
Kabupaten Situbondo memiliki luas 1.638,50 km atau 163.850 Ha dan memiliki bentuk memanjang dari barat ke timur kurang lebih 150 km di pantai utara wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kabupaten Situbondo terdiri dari 17 Kecamatan,4 Kelurahan dan 132 Desa. Dari  17 Kecamatan salah satunya adalah Kecamatan Panji.  Kecamatan Panji merupakan penghasil mangga  yang tembus hingga ke pasar ekspor dari 5 Negara yaitu Abudabi,Thailand,Malaysia,Singapura dan Filipina. Kecamatan panji terdiri atas 2 kelurahan yaitu kelurahan Ardirejo dan Mimbaan. Kelurahan Mimbaan terdiri atas 24 RW dan 82 RT.
Indentifikasi Permasalahan
Sebagai bagian dari pulau Jawa, wilayah-wilayang yang terdapat di Kabupaten Situbondo menerapkan PPKM yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Dampak dari diterapkannya PPKM tersebut sangat dirasakan oleh berbagai bidang mulai dari bidang ekonomi hingga bidang pendidikan. Lembaga pendidikan formal menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk seluruh siswa-siswi.
Kebijakan tersebut engharuskan siswa untuk belajar dirumah masing-masing. Dengan penerapan proses pembelajaran jarak jauh akan menimbulkan dampak yang sangat signifikan terhadap siswa. Sebagai salah satu Mahasiswa KKN melakukan sebuah pengamatan mengenai permasalah  yang dihadapi oleh siswa selama belajar di rumah semasa pandemi sekarang ini .Â
Hasil dari pengamatan tersebut adalah siswa mengeluhkan masalah pembelajaran yang mereka hadapi selama pandemi yang kurang maksimal karena siswa hanya diberikan tugas melalui Whatsapp yang tanpa menjelaskan mengenai materi mengenai pembelajaran tersebut, serta dampak pandemi pada sektor ekonomi yaitu menurunnya suatu pendapatan karena situasi yang sangat sulit seperti sekarang ini. Permasalahn terjadi pada siswa sekolah dasar.
Dengan kondisi tersebut membuat minat siswa menjadi menurun untuk belajar, sehingga siswa paling senang jika bermain dibandingkan dengan belajar. Menanggapi permasalahan ini kegiatan KKN BTV 3 mengupayakan solusi terhadap suatu permasalahan yang ada. Berikut merupakan program kerja yang akan saya lakukan selama pelaksanaan KKN dimulai dari tanggal 11 Agustus s/d  9 September 2021.
Program Kerja
Pada kegiatan KKN Back to Village atau KKN pulang kampung, pemilihan tematik yang disesuaikan dengan kondisi yang saya temui dilapangan  yaitu mengenai Program Literasi Desa Pada Masa Pandemi Covid-19.
Pelaksanaan KKN dimulai dari melakukan pengamatan terhadap masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran daring selama masa pandemi dan mensosialisakikan program kerja kepada orang tua serta memohon izin untuk melaksanakan program kerja. setelah melakukan sosialisasi mengenai program kerja serta melakukan pengamatan mengenai permasalahan.
Dari masalah tersebut ditenttukan sebuah program yang cocok untuk peserta didik yaitu apengenalam mengenai media pembelajaran ( zoom,google mee,clasroom) serta media pembelajaran efektif lainnya ( Aplikasi Kipin dan cerdas cermat ) dan mengembangkan kreatifitas siswa pada masa pandemi covid-19.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H