Mohon tunggu...
Nur Azizah
Nur Azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/mahasiswa

Hobi saya menari

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial-emosional

18 Januari 2025   13:46 Diperbarui: 18 Januari 2025   13:46 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Determinasi atau Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial-Emosional

Perkembangan sosial-emosional adalah proses di mana individu belajar memahami dan mengelola emosi mereka, membangun hubungan dengan orang lain, serta menunjukkan empati dan perilaku yang sesuai dalam interaksi sosial. Proses ini sangat kompleks karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Berikut adalah pembahasan tentang determinan yang memengaruhi perkembangan sosial-emosional individu.

1. Faktor Keluarga

Keluarga adalah lingkungan pertama yang memengaruhi perkembangan sosial-emosional anak. Hubungan antara anggota keluarga menjadi dasar bagi pembentukan keterampilan sosial dan emosional anak.

  • Pola Asuh Orang Tua: Pola asuh yang hangat dan suportif dapat membantu anak merasa aman dan percaya diri dalam mengeksplorasi dunia sosial. Sebaliknya, pola asuh yang keras, permisif, atau tidak konsisten dapat menghambat perkembangan sosial-emosional.
  • Keterikatan Emosional: Anak yang memiliki ikatan emosional yang kuat dengan orang tua atau pengasuh cenderung lebih percaya diri, memiliki empati, dan mampu mengatur emosinya dengan baik.
  • Stabilitas Keluarga: Konflik atau perceraian dalam keluarga dapat memengaruhi kemampuan anak dalam menjalin hubungan sosial dan mengelola emosinya.

2. Faktor Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial meliputi komunitas tempat anak tinggal, teman sebaya, dan institusi seperti sekolah. Pengaruh lingkungan ini sangat besar dalam membentuk perilaku sosial-emosional.

  • Interaksi dengan Teman Sebaya: Hubungan dengan teman sebaya memungkinkan anak belajar berbagi, bekerja sama, dan menyelesaikan konflik. Teman sebaya juga menjadi model sosial bagi anak.
  • Sekolah: Sekolah tidak hanya berfungsi sebagai tempat belajar akademik tetapi juga sebagai arena untuk melatih keterampilan sosial-emosional. Guru yang mendukung dan lingkungan sekolah yang positif dapat membantu anak mengembangkan rasa percaya diri dan keterampilan interpersonal.
  • Budaya: Nilai-nilai budaya yang dianut dalam masyarakat memengaruhi cara individu mengelola emosi dan berinteraksi dengan orang lain. Misalnya, budaya kolektivis menekankan kerja sama dan harmoni sosial, sedangkan budaya individualis lebih mendorong kemandirian.

3. Faktor Biologis

Aspek biologis juga memainkan peran penting dalam perkembangan sosial-emosional. Faktor ini meliputi kondisi genetika, perkembangan otak, dan kesehatan fisik.

  • Genetika: Beberapa aspek kepribadian dan temperamen dipengaruhi oleh faktor genetik. Misalnya, anak yang secara alami pemalu mungkin memerlukan lebih banyak dorongan untuk berinteraksi dengan orang lain.
  • Perkembangan Otak: Bagian otak seperti amigdala dan korteks prefrontal bertanggung jawab untuk mengatur emosi dan pengambilan keputusan. Gangguan dalam perkembangan otak dapat memengaruhi kemampuan sosial-emosional.
  • Kesehatan Fisik: Masalah kesehatan, baik fisik maupun mental, dapat memengaruhi cara individu mengelola emosi dan berinteraksi dengan orang lain.

4. Faktor Pengalaman

Pengalaman yang dialami individu, baik positif maupun negatif, membentuk perkembangan sosial-emosional mereka.

  • Pengalaman Traumatis: Anak yang mengalami kekerasan, pengabaian, atau kehilangan orang yang dicintai seringkali menghadapi kesulitan dalam mengatur emosi dan membangun hubungan.
  • Pengalaman Positif: Pengalaman yang membangun, seperti penghargaan atas keberhasilan atau dukungan emosional, membantu individu mengembangkan rasa percaya diri dan empati.

5. Faktor Pendidikan dan Media

Pendidikan, baik formal maupun informal, serta pengaruh media juga berperan dalam perkembangan sosial-emosional.

  • Pendidikan Karakter: Kurikulum yang mengintegrasikan pendidikan karakter membantu anak memahami nilai-nilai sosial seperti empati, toleransi, dan tanggung jawab.
  • Media: Media, baik televisi, internet, maupun media sosial, memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan sosial-emosional. Konten yang positif dapat membantu anak belajar nilai-nilai sosial, sedangkan konten yang negatif dapat memperburuk perilaku sosial.

6. Faktor Ekonomi dan Status Sosial

Kondisi ekonomi keluarga dan status sosial juga memengaruhi perkembangan sosial-emosional anak.

  • Kesejahteraan Ekonomi: Anak dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang baik cenderung memiliki akses ke pendidikan, kesehatan, dan lingkungan yang mendukung perkembangan sosial-emosional.
  • Tekanan Sosial: Anak yang tumbuh dalam kondisi kemiskinan atau lingkungan yang penuh tekanan sering kali menghadapi tantangan dalam mengelola stres dan menjalin hubungan sosial.

7. Faktor Individu

Setiap individu memiliki karakteristik unik yang memengaruhi perkembangan sosial-emosional mereka.

  • Temperamen: Anak dengan temperamen mudah cenderung lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial dibandingkan anak yang temperamennya sulit.
  • Motivasi Diri: Kemampuan untuk memotivasi diri sendiri sangat penting untuk mengembangkan keterampilan sosial dan mengelola emosi.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun