Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Freelancer // Belajar menulis // CP : menurasih@gmail.com

Senang menulis tentang Pertanian, pangan, dan lifestyle. Enjoy the moment!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Kiat Mempertahankan Pelanggan Setia Toko Online

7 Maret 2023   21:30 Diperbarui: 7 Maret 2023   21:58 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi toko online oleh pexels.com karya cottonbro studio

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis yang dijalankan seperti halnya bisnis toko online.

Kepuasan pelanggan menjadi salah satu faktor penentu keberlangsungan sebuah usaha sehingga bisa berkembang.

Menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan menjadi salah satu langkah menciptakan usaha tetap lancar dan mengalami kemajuan.

Sebagai pelaku usaha harus memperhatikan pelanggan setia yang merupakan hal penting untuk kemajuan bisnis online.

Kemajuan teknologi yang menambah jumlah pesaing dalam jualan online menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha untuk bisa mempertahankan pelanggan setia.

Pelanggan setia sebagai marketing terbaik yang selalu menggunakan brand yang sama dan berpotensi bisa melakukan promosi secara tidak langsung.

Semakin banyak pelanggan setia akan semakin baik bagi bisnis online yang dijalankan pelaku usaha.

Berikut langkah dalam mempertahankan pelanggan setia bagi bisnis toko online :

1. Memberikan penawaran khusus

Sebagai pelaku usaha kamu bisa mencoba memberikan penawaran khusus kepada pelanggan setia secara rutin, misal berupa promo khusus yang memiliki even khusus atau memberikan potongan harga alias diskon.

Pelanggan biasanya mencari metode bagaimana cata menghemat uang maka adanya penawaran khusus  atau promo harga sangat efisien sebagai promosi brand kamu makin dikenal masyarakat. 

Selain untuk pelanggan setia adanya penawaran khusus juga bisa sebagai strategi marketing untuk menarik minat calon pembeli baru. 

2. Menjaga kualitas produk layanan

Memberikan pelayanan akan kualitas produk yang benar benar baik akan membuat pelanggan datang kembali dan berlanggan dengan brand kamu. 

Menjaga kualitas tetap konsisten sangat penting dibandingkan dengan aspek lainnya sebab kebanyakan pembeli hanya mencoba sekali saja dan jarang yang berlangganan. 

Jika kamu sudah bisa membuat pelanggan menyukai brand kamu, tentu pelanggan tidak akan ragu untuk membeli lagi dan bisa menjadi pelanggan setia. 

Produk dengan harga murah namun kualitas tidak bagus, belum tentu menjamin pelanggan akan puas maka terapkan standar dalam kualitas produk yang kamu tawarkan. 

3. Mendengarkan saran dari pelanggan setia 

Dalam bisnis online sangat diperlukan mencari apa yang disukai dan apa yang tidak disukai pelanggan.

Dengan adanya masukan dari pelanggan akan menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas bisnis online kamu.

Kamu bisa mencatat saran dari pelanggan kamu dan melakukan perbaikan sehingga pelayanan produk di bisnis toko online bisa lebih baik lagi ke depannya. 

Mendengarkan ketidakpuasan pelanggan hingga selesai lalu usahakan mencari cara menenangkan pelanggan.

Selesaikan permasalahan secepat mungkin dengan menggunakan bahasa yang sopan dan bersikap ramah karena cara kita menyelesaikan masalah akan menentukan pelanggan akan datang lagi atau tidak ke toko online kamu. 

4. Memantau kepuasan pelanggan

Pelanggan akan lebih merasa senang dan dihargai ketika diapresiasi maka sebagai pelaku usaha kamu bisa mengikuti perkembangan konsumen dan menawari pelanggan dengan berbagai layanan yang kamu miliki.

Hal ini seperti produk terbaru dengan harapan pelanggan setia akan tertarik, selain itu juga untuk berkomunikasi dengan pelanggan setia dan bagaimana pendapat tentang produk baru tersebut. 

5. Menjaga komunikasi dengan pelanggan

Dalam bisnis perlu menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan setia. Tentu dibutuhkan komunikasi untuk menjembataninya dan kamu bisa mencoba mengirimkan e-mail marketing.

Pelaku usaha bisa mengirimkan ucapan saat perayaan hari besar maupun adanya even promo melalui e-mail sehingga sebagai pengingat pelanggan setia untuk kembali datang membeli di toko online kamu. 

Menjaga loyalitas pelanggan akan memudahkan kamu menjalankan bisnis toko online lebih baik lagi ke depannya. 

Mempertahankan pelanggan setia adalah cara terbaik dalam mengembangkan bisnis online kamu dan penting untuk menjaga kualitas dan layanan toko online agar pelanggan datang kembali. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun