Lokasi
SMKS Global Mulia
Lingkup Pendidikan
Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis dialog dengan menggunakan Role Play pada materi Job Interview.
Penulis
Nur Syah Ria, S.Pd
Tanggal
24 November 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah dari kesulitan menulis dialog dengan menggunakan Role Play pada materi Job Interview, diantaranya:
- Peserta didik kurang tertarik dengan pembelajaran menulis dialog.
- Peserta didik kurang bersemangat dan tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran.
- Peserta didik kurang memahami ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam menulis dialog.
- Peserta didik kurang berlatih dalam menulis dialog.
- Hasil belajar peserta didik rendah.
- Guru kurang dalam memanfaatkan media, metode dan model pembelajaran inovatif dalam pembelajaran.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan
Alasan mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, diantaranya:
- Sebagai motivasi bagi diri saya sendiri utamanya dan guru lain untuk mendesain/membuat suatu pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
- Dapat dijadikan referansi bagi guru-guru lain dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pada materi job interview.
- Peserta didik cenderung termotivasi jika bermain peran.
- Role Play dapat meningkatkan productive skill peserta didik.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah:
- Sebagai guru, peran dan tanggung jawab yang  dilaksanakan yaitu dengan membuat rancangan perangkat pembelajaran berupa modul ajar, bahan ajar, media, LKPD, evaluasi dan melaksanakan pembelajaran sesuai perangkat yang dibuat.
- Guru dalam pelaksanaan praktik ini berperan sebagai pelaksana penuh. Bertindak sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola pembelajaran, demonstrator, pembimbing, motivator, dan penilai. Berhasil tidaknya praktik ini, tergantung kecakapan guru dalam melaksanakan praktik pembelajaran.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi gtantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut.
- Kurang waktu yang memadai pada saat peserta didik menggunakan Role Play.
- Menjaga agar peserta didik tetap fokus terhadap pembelajaran.
- Membuat pembelajaran yang menyenangkan dan lebih bermakna.
Siapa saja yang terlibat:
- Peserta didik sebagai sentral (objek) dalam proses pembelajaran menulis dialog.
- Guru sebagai pelaksana praktik.
- Rekan sejawat sekaligus observer dan videografer, berperan dalam mendukung dan membantu merekam pelaksanaan praktik pembelajaran ini.
- Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses melaksanakan praktik pembelajaran.
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah/ strategi/ proses yang harus dilakukan untuk menghadapi tantangan:
- Mengenai waktu yang kurang cukup, guru merancang dengan tidak semua kelompok yang melakukan Role Play.
- Guru menggunakan ice breaking sehingga peserta didik tetap fokus.
- Untuk membuat pembelajaran menyenangkan dengan cara, sebagai berikut:
- Memberikan tayangan video pembelajaran.
- Menggunakan aplikasi canva untuk membuat dialog.
- Memberikan LKPD dengan menggunakan QR Code.
- Memberikan praktik langsung dengan menggunakan Role Play.
Sedangkan, untuk membuat pembelajaran lebih bermakna, selain guru menstimulus peserta didik dengan pertanyaan pemantik seperti.
"What steps do you take if you have already applied for job?"
 Guru juga mengaitkan dan memberi contoh sesuai dengan jurusannya di jenjang SMK.
Yang terlibat/sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Adapun yang terlibat dalam langkah-langkah tersebut yaitu, guru sebagai pelaksana, peserta didik sebagai objek dalam kegiatan pembelajaran dan rekan sejawat sebagai observer dan kameramen atau videografer.
Sedangkan, sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini yaitu memberikan contoh berupa video wawancara pekerjaan sehingga peserta didik dapat memahami  ungkapan-ungkapan yang digunakan ketika wawancara (interview) dan dapat mempraktekannya dengan menggunakan Role Play.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?
Dampak dari penerapan Role Play dalam menulis dialog, diantaranya:
- Peserta didik menjadi tertarik dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran.
- Peserta didik dapat memahami memahami ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam menulis dialog dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar yang di atas kriteria kentutasan minimum.
- Pada saat kegiatan pembelajaran, peserta didik menjadi lebih aktif, baik dalam proses belajar individu maupun saat kerja kelompok.
Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Hasilnya efektif, karena terdapat perbedaan dari sebelum dilaksanakannya kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Role Play dengan setelahnya berupa peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan
Terkait dengan praktik pembelajaran yang telah dilakukan respon teman sejawat dan kepala sekolah mendukung dan berharap agar pembelajaran inovatif dengan mengintegrasikan TPACK, HOT dan pemilihan media serta model pembelajaran yang sesuai, perlu dikembangkan dan dilakukan secara konsisten.
Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?
Faktor keberhasilan:
- Adanya perencanaan pembelajaran yang matang.
- Adanya dukungan dari kepala sekolah, guru, rekan serta peserta didik.
Faktor ketidakberhasilan:
- Keterbatasan waktu pembelajaran.
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Maka dari keseluruhan Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â ini saya mendapatkan pembelajaran, agar terus berupaya dan mengeskplor diri dengan melakukan perubahan demi kemajuan pendidikan dengan menerapkan model pembelajaran inovatif dan berpusat pada peserta didik seperti Role play sehingga tidak hanya keterampilan menulis yang meningkat akan tetapi kemampuan berbicara juga meningkat pada materi job interview ini.