kuis cepat tepat yang saya lontarkan.
Tot-tot, ckrukukuk-ckrukuk, ping-pong-ping-pong dan gong-ging-gong membahana di ruang kelas takala siswa akan menjawab pertanyaan dariSuasana riuh dan antusias itu ditunjukan siswa pada pembelajaran IPS materi letak dan sejarah berdirinya ASEAN di kelas VIIIB.
Hal itu saya lakukan untuk menguji pemahaman siswa tentang materi letak dan sejarah berdirinya ASEAN.
Selain untuk menguji pemahaman siswa tentang materi ASEAN yang telah dipelajari siswa, kegiatan itu dilakukan untuk merangsang siswa agar antusias dalam mengikuti pembelajaran IPS.
Karena menurut saya materi ASEAN banyak terdapat materi yang sifatnya menghafal, mulai dari singkatan, tahun berdiri, negara-negara anggota ASEAN atau letak ASEAN.
Bila hal itu saya sampaikan secara konvensional, maka pembelajaran akan terasa monoton dan tidak berkembang karena tidak adanya antusias siswa dalam mempelajari materi ASEAN.
Oleh karena itu, sebelum melakukan kuis cepat tepat, pada pertemuan sebelumnya saya mengajak siswa ke perpustakaan.
Agar siswa dapat mencari lebih banyak informasi tentang ASEAN dengan pertanyaan pemandu yang saya berikan kepada siswa.
Maka setelah siswa mendapat banyak informasi, selanjutnya saya ingin menguji pemahaman tersebut dengan melakukan kuis cepat tepat kepada siswa.
Langkah-langkah Bermain Kuis Cepat Tepat
Itu saya lakukan dengan cara mengelompokan siswa sesuai lajur kursinya yang berjumlah 5 lajur dan masing-masing lajur kursi terdiri dari 5 dan 6 orang siswa dengan kemampuan yang bervariasi.
Selanjutnya saya membeberkan aturan terkait pelaksanaan kuis cepat tepat kepada siswa dimana setiap jawaban benar bernilai 10, tidak menjawab bernilai 0, menjawab salah bernilai -3 dan ketika menjawab pertanyaan lemparan bernilai 7.
Setelah siswa menyepakati aturan tersebut kemudian saya membuat daftar nilai di papan tulis dengan kolom yang mewakili setiap kelompok.
Kemudian saya memberitahu siswa dalam kuis cepat tepat tersebut terdapat 20 soal yang harus siswa perebutkan dan bagi tim yang kalah harus menyanyikan "lagu delegasi pendiri ASEAN" yang sebelumnya telah dipelajari siswa.
Bagi tim yang menang akan mendapat prestis dengan menentukan kelompok pada pertemuan berikutnya ketika ada tugas dalam pembelajaran IPS.
Sebelum memulainya, saya minta siswa mengetes belnya masing-masing yang berasal dari suara siswa langsung, Tot-tot, ckrukukuk-ckrukuk, ping-pong-ping-pong dan gong-ging-gong.
Sudah siap, "siap" kata siswa.
Hingga pada pertanyaan terakhir siswa terus antusias dan bahkan meminta saya untuk menambah pertanyaan yang saya berikan.
Diakhir sesi bagi tim yang kalah harus dengan antusias dan semangat  menyanyikan "lagu delegasi pendiri ASEAN" dihadapan tim yang menang.
Manfaat Melakukan Kuis Cepat Tepat
Setelah bermain kuis cepat tepat, siswa terlihat lebih antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran IPS.
Hal itu ditunjukan dengan keberanian siswa dalam menjawab setiap pertanyaan yang saya berikan serta keberanian siswa mengungkapkan pendapat.
Selain itu dengan bermain kuis cepat tepat juga merangsang cara berfikir cepat siswa dan daya kompetitif siswa sehingga diharapakan mampu melatih berfikir kritis siswa.
Pembelajaran IPS menjadi lebih antusias dengan bermain kuis cepat tepat.
Salam Pembelajaran Antusias, Salam Pembelajaran IPS Bermakna.
Bangka Selatan, 11 September 2023.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H