Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Konsultan - Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30) Tulisan boleh dikutip dengan sitasi (mencantumkan sumbernya). 1) Psikologi 2) Hukum 3) Manajemen 4) Sosial Humaniora 5) Liputan Bebas

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Beda Konsumen dengan Pelanggan

19 Februari 2021   09:58 Diperbarui: 19 Februari 2021   12:40 717
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sebagian orang belajar bisnis, menyamakan antara pembeli dengan pengguna. Konsumen dengan kastemer. Sebenarnya apa bedanya ya? Nah, anak-anak muda alumni Taiwan, menyajikan sharing studi yang dirangkum dalam acara Portizen Taiwan (19/2/2021). Fresh from the oven. acara digelar pagi ini dari pukul 0900 - 11.30 WIB. Ada beberapa poin pembelajaran yang dapat diringkaskan di sini.

Bapak U Syaefudin Noor, Direktur Utama PT Pelindo III (PERSERO) dalam sambutannya mengatakan bahwa pemahaman terhadap business process adalah utama bagi semua karyawan dan pimpinan perusahaan. Strategi yang ditetapkan dalam jangka panjang, dan jangka pendek, perlu dilakukan dengan cermat mengidentifikasi model business, sehingga bisa ditetapkan strategi dimaksud.

"Business model canvas (BMC) adalah salah satu tools, alat bantu manajemen untuk menentukan kemajuan perusahaan, "ungkap orang nomor satu di BUMN Pelabuhan di Surabaya tersebut. 

RM  Widyas Wendra, SH, MH, MM, Senior Manager Pelayanan SDM dan K3 mengatakan bahwa acara ini dirancang sebagai bagian dari proses pengembanganSDM perusahaan.

"Semua ide kita gali, baik dari karyawan yang studi lanjut, maupun para senior yang punya banyak pengalaman operasional di lapangan, "kata Wendra yang juga dikenal sebagai pegawai karir dengan catatan cemerlang. 

Oscar Yogi  SH, MH, MSc, Asisten Senior Manager Pengembangan SDM menjelaskan bahwa webinar  seri portizen Taiwan ini adalah dimaksudkan untuk mengedukasi bagi semua masyarakat umum, tidak hanya internal.

"Kami sangat senang karena acara ini juga diikuti oleh para mahasiswa, khususnya dari STIAMAK Barunawati Surabaya yang merupakan mitra strategis perusahaan dalam edukasi di bidang bisnis kemaritiman, "ungkapnya di sela-sela acara webinar.

Sebanyak 120 orang Putra Putri Daerah merupakan program pendidikan kerjasama antara Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, PIP Surabaya, dan STIAMAK Barunawati Surabaya yang saat ini sudah menempati beragam posisi di perusahaan. STIAMAK juga terus melanjutkan program dengan meningkatkan animo mahasiswa meluas dan tetap menjalin sinergi dengan perusahaan.  Baik untuk program reguler, transfer, maupun program riset pelatihan penelitian pendidikan pengajaran dan pengabdian masyarakat, sebagaimana tridharma perguruan tinggi. 

Berbagi ilmu semakin gencar atas kesadaran akselerasi perubahan (Dokpri) 
Berbagi ilmu semakin gencar atas kesadaran akselerasi perubahan (Dokpri) 

"Sebagian memang kita kembangkan dalam karir struktural maupun fungsional, sebagian juga lulus seleksi untuk studi master degree baik di Eropa maupun Asia, ada juga yang kita kombinasikan dalam doble degree, "imbuh Oscar yang tercatat sebagai alumnus Universitas Airlangga dan World Maritime University Malmo Swedia. 

Salah satu materi yang menarik dalam BMC tersebut adalah ada beda antara konsumen dengan pelanggan. "Pelanggan adalah pembeli  produk, sedangkan konsumen adalah pengguna barang produk tersebut, "ungkap Sa'ad As Salimi dan Muhammad Amin, karyawan perusahaan yang berbagi dalam acara webinar portizen Taiwan ini. Kedua nara sumber ini juga tercatat sebagai alumni STIAMAK Barunawati Surabaya sekaligus pasca sarjana dari Taiwan. 

Peserta tembus di atas 350 orang dengan ragam peserta (Dokpri) 
Peserta tembus di atas 350 orang dengan ragam peserta (Dokpri) 

Semnatar itu,  Edward Danner P. Napitupulu, Direktur Utama PT Pelindo Properti Indonesia yang tampil sebagai panelis mengatakan bahwa webinar seperti ini sangat bermanfaat untuk mengakselerasi ide-ide inovasi dan kreasi bisnis masa depan. 

"Sinergi antara organisasi dan lembaga edukasi memang penting untuk memajukan organisasi."pungkas Edo, demikian is sering dipanggil, seorang eksekutif perusahaan yang juga sering memberikan kuliah di beberapa perguruan tinggi. (19.02.2021/Endepe) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun