SEL.11.2-T2-8 Aksi Nyata
1. Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai proses pembelajaran tentang topik ini yang saya pikirkan adalah mengenai Status Sosial Ekonomi (SES) dan Cultural Historical Activity Theory (CHAT) yang dapat memberikan pengaruh besar dalam pembentukan karakteristik peserta didik sehingga dapat memberikan pengaruh juga dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Bagaimanakah dengan guru yang tidak pernah mempertimbangkan SES dan CHAT pada peserta didik ketika mereka merancang pembelajaran? Apakah hal tersebut akan berpengaruh pada hasil belajar mereka?
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Dari konsep yang saya pelajari dalam topik ini saya dapat memahami tentang konsep dasar perspektif sosiokultural dalam pendidikan Indonesia yaitu Status Ekonomi Sosial (SES) dan Cultural Historical Activity Theory (CHAT) yang memiliki pengaruh dalam membentuk dasar sosialisasi kognitif peserta didik. Dalam konsep SES dan CHAT ini, faktor sosial budaya dan ekonomi menjadi latar belakang yang dapat mempengaruhi pertumbuhan karakter peserta didik, mereka tumbuh sesuai dengan apa yang mereka alami di lingkungan terdekat yang ada disekitar  mereka, terutama lingkungan keluarga.
3. Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dalam ruang kolaborasi, saya dan rekan-rekan saya mendapatkan beberapa pembelajaran dari kisah-kisah nyata yang sangat inspiratif yang ada dalam beberapa buku tersebut. Dari cerita tersebut terlihat bahwa perspektif sosial, budaya dan ekonomi dapat mengubah cara pandang seseorang terhadap sesuatu hal, terutama mengenai pendidikan.
4. Demonstrasi Kontekstual