Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Prancis
Tujuan yang ingin dicapai :Â
- Peserta didik mampu  mengidentifikasi konsep les verbes pronominaux dengan benar
- Peserta didik dapat membandingkan kata kerja pronominaux dan non pronominaux dengan benar
- Peserta didik mampu melengkapi  gambar dengan les verbes pronominaux yang sesuai dengan benar
- Peserta didik mampu mengkonjugasi les verbes pronominaux dengan tepat
- Peserta didik mampu berbicara dengan tema la vie quotidienne menggunakan kata kerja pronominaux
Situasi:Â Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang melatar belakangi masalah ini adalah karena :
1. peserta didik belum mampu memahami konsep kata kerja pronominal dan non pronominal dengan benar,
2. peserta didik masih kurang percaya diri, takut salah, kurang termotivasi  dalam proses pembelajaran
3. guru belum bervariasi dalam menggunakan strategi, Metode dan media pembelajaran
4. guru kurang memberikan kesempatan dan apresiasi pada peserta didik dalam berbicara
Praktik ini penting perlu dibagikan karena diharapkan
- praktik ini bisa memotivasi saya sendiri dan rekan guru lainnya dalam perbaikan proses belajar mengajar karena rekan guru banyak yang mengalami kesulitan yang sama
- Praktik ini bisa menjadi bahan referensi  bagi guru lain atau guru sejawat dalam pemilihan media pembelajaran
- Guru/teman sejawat bisa merancang serta mengembangkan perangkat pembelajaran dengan benar, LKPD (lembar kerja Peserta didik), pemilihan metode, media pembelajaran, model pembelajaran, sehingga dalam proses mengajar motivasi dan keaktifan peserta didik meningkat
Peran dan tanggungjawab guru dalam praktek ini sebagai :
 fasilitator dan motivator dalam pembelajaran sehingga peserta didik lebih aktif dan kooperatif. Saya sebagai guru yang bertanggungjawab meningkatkan prestasi peserta didik melalui pembelajaran yang inovatif sehingga tujuan dan hasil pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat ?
Tantangan yang dihadapi adalah :
- Kurangnya rasa percaya diri dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran
- Sulitnya guru Menggali kreatifitas peserta didik dalam merencanakan dan mendesain proyek. Karena peserta didik cinderung meniru karya teman yang lain
- Strategi dan model pembelajaran yang dimiliki guru masih cinderung kurang inovatif
- Media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik dan kurang dipahami
- Fasilitas, sarana sekolah dan cuaca yang kurang mendukung
Yang terlibat dalam hal ini adalah : guru (kompetensi pedagogik dan profesional), sesama guru sejawat, peserta didik (motivasi belajar), tehnisi
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan ini adalah :
- Guru memberi motivasi sehingga mereka lebih percaya diri, aktif dan kreatif
- Guru memberikan motivasi menggunakan lagu, games
- Guru menerapkan PJBL/pembelajaran berbasis proyek dengan cara mengarahkan dan mendampingi Peserta didik berkelompok untuk berdiskusi mendalami materi kata kerja pronominal.
- Peserta didik memahami Materi tersebut dan menentukan kata kerja pronominal yang sesuai dengan gambar
- -- guru memilih model pembelajaran yang variatif
- Guru menggunakan strategi dan model pembelajarn PJBL / project basic learning dalam pembelajaran yang inovatif
- dengan melalui diskusi berkelompok peserta didik dilatih untuk bekerja sama untuk menentukan konsep kata kerja pronominal dan memberi kesempatan kepada mereka untuk aktif menanya dan berpendapat
- -- Media yang dipilih oleh guru sesuai dengan kemampuannya dalam menguasai media tersebut.
- Media yang dipilih disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan
- Media yang dipakai dalam pembelajaran melalui PPT audio visual yang menarik dan peserta didik diberi kesempatan untuk mengembangkan proyek mereka menggunakan aplikasi yang lebih variatif,
- Guru mencari ide/kreatifitas lain menggunakan kertas sebagai sarana untuk pekerjaan peserta didik.
- Guru memberi contoh video yang ada di ig / facebook.
- Peserta didik dengan kreatifitasnya membuat konjugasi kata kerja dalam bentuk kartu, dan diunggah di Ig, tik tok atau reel
Yang terlibat : guru/teman sejawat, tehnisi, peserta didik
Sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah :
- Guru
- Peserta didik
- Â LCD proyektor
- RPP dan LKPD
- Buku Bahasa Prancis (materi)
- PPT
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut ?
1. Dampak pembelajaran praktik dari langkah-langkah yang telah dilakukan :
  - Berdampak positif dan efektif bagi peserta didik dapat dilihat dari lebih mudahnya peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dari kata kerja pronominaux
  - Rencana dan pelaksanaan kegiatan yang telah disusun bisa meningkatkan keaktifan peserta didik
  - peserta didik lebih interaktif dan percaya diri serta berani dalam berkomunikasi dilihat dari aktifnya mereka menjawab pertanyaan yang diajukan
   - pemilihan media pembelajaran dan bahan ajar yang dipadukan berbasis TPACK berupa PPT yang menarik bisa merangsang motivasi dan keaktifan peserta didik
   - dengan menggunakan PJBL peserta didik berlatih merencanakan, melaksanakan kegiatan sesuai rencana dan melaporkan hasil praktek
2. Respon peserta didik Berdasarkan langkah-langkah yang telah dilakukan hasilnya efektif karena
  - peserta didik lebih aktif dan interaktif.
  - Peserta didik berani berbicara dan mengeluarkan pendapat
  - Dalam refleksi peserta didik merasakan Pembelajaran lebih menyenangkan
  - Desain pembelajaran PJBL dan berpusat pada siswa sangat meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran
3. Faktor keberhasilan dari strategi tersebut adalah
- Â penguasaaan guru dalam pemilihan media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah rencana pembelajaran yang sudah dibuat
4. Faktor ketidak berhasilan dari kegiatan tersebut karena : fasilitas sekolah yang kurang lengkap dan cuaca
5. Pembelajaran dari keseluruhan proses yang sudah dilakukan guru tersebut adalah :
guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam merencanakan pembelajaran dan memilih metode, media, model pembelajaran sehingga membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H