Mohon tunggu...
Novelina Margareta Sihotang
Novelina Margareta Sihotang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tennis meja

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sekilas tentang Pasar Monopolistik dan Pasar Oligopoli

2 Desember 2022   13:23 Diperbarui: 2 Desember 2022   13:27 381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1.Memerlukan modal yang sangat besar karena perusahaan yang sudah lebih dulu masuk ke pasar monopolistik dan sukses mempunyai skala ekonomi yang besar dan digunakan untuk produksi sampai promosi.

2.Memiliki skala dan tingkat persaingan yang cukup luas dan tinggi dalam bidang kualitas harga dan jasa pelayanan, jadi produsen atau perusahaan baru harus siap dengan persaingan yang terjadi dalam sistem pasar monopolistik.

3.Setipa perusahaan harus melakukan inovasi pada produknya sehingga tidak akan kalah dengan perusahaan lainnya dibidang yang sama akan tetapi hal ini akan meningkatkan biaya produksi yang berpengaruh pada output harga produk yang harus dibayar konsumen.

4.Untuk perusahaan kecil atau yang baru masuk pasar monopolistik tingkat keoptimalan atau efisiensi bias dibilang cukup rendah.

5.Karena kurang efisiennya suatu produk atau produksi di perusahaan kecil maka harga produk juga akan semakin murah dan mempengaruhi biaya operasional suatu perusahaan.

6.Terdapat kemungkinan akan terjadi pemborosan biaya produksi pengiklanan dan hallainnya dalam pasar monopolistik hal ini sangat berbanding terbalik dengan sistem pasar persaingan sempurna dan monopoli.

Pasar monopolistik sangatlah mudah untuk kita jumpai dalam kehidupan kita yaitu seperti beras, sabun, air mineral dan lain-lain.

Apa faktor penyebab pasar monopolistik?

Pasar monopolistik tidak tercipta begitu saja, ada beberapa faktor yang mempengaruhi terbentuknya pasar monopolistik, yaitu :

1.Ketidakpuasan terhadap pasar sempurna dan monopoli.

Dikarenakan produsen yang tidak puas dengan sistem pasar sempurna dan pasar monopoli sehingga banyak sekali produsen atau perusahaan yang berpindah ke sistem pasar monopolistik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun