MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER
MELALUI PEMBELAJARAN DARING
Oleh
Novelia RelinaÂ
 Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
noveliarelina22@gmail.com
Abstract: Karakter adalah akhlak atau watak yang diperoleh dari lingkungan sekitarnya, yang mana dapat mempengaruhi segenap perilaku, pikiran, budi pekerti, dan moral seseorang. Didalam Pendidikan krakter ini memiliki tiga fungsi utama: (1) fungsi pembentukan dan pengembangan potensi, (2) fungsi perbaikan dan penguatan, dan (3) fungsi penyaring. Melalui pembelajaran daring ini pembelajaran dilakukan dari rumah bukan pembelajaran di rumah. Hal ini yang membuat guru dan orang tua berkolaborasi dalam melaksankan pendidikan karakter anak. Yang bisa dilakukan dengan berkolaborasi dengan orang tua dalam menanamkan karakter rasa disiplin serta tanggung jawab dapat ditanamkan kembali dalam proses pembelajaran. Guru yang tulus mengajar dengan baik dan ikhlas menuntun para siswa yang didampingi orang tua dan keluarga untuk mampu mengukir prestasi dimasa pandemi. Â Â
Kata kunci: karakter, Pendidikan, daring
PENDAHULUAN
Pendidikan karakter seharusnya juga didapat dari pembelajaran di sekolah, tetapi karena adanya pandemi virus covid-19 ini metode pembelajaran dilakukan dirumah dengan metode daring.Â
Para pendidik harus memodifikasi rencana pembelajaran sedemikian rupa agar metode yang digunakan tepat dan dipahami oleh peserta didik. Tantangan tersebut bukan hanya terletak pada bagaimana metode untuk transfer ilmu pengetahuan, tetapi bagaimana pembelajaran daring tetap focus pada Pendidikan karakter.Â