Dalam membangun Pendidikan karakter ini guru harus bekerja sama dengan orang tua, orang tua harus menjadi model good character dalam pembentukan karakter anak Guru dan orang tua harus memiliki tujuan yang sama agar Pendidikan yang diharapkan dapat tercapai.Â
Sehingga tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran bagaimana membangun Pendidikan karakter melalui pembelajaran daring, serta bagaimana urgensi Pendidikan karakter saat pandemi.
PEMBAHASAN
Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Daring
Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan dengan melalui media dan jaringan. pembelajaran daring ini banyak menimbulkan pertanyaan salah satunya bagaimana cara membangun Pendidikan karakter bagi siswa ditengah pembelajaran secara daring ini.Â
Ada beberpa hal sederhana dapat dilakukan para guru dalam membangun karakter siswa sebagai berikut:
Menjadi contoh bagi siswa, guru memberikan contoh positif kepada siswa misalnya dalam bertindak dan berprilaku.
Mengajarkan sopan santun, Ketika siswa bersikap kurang baik atau kurang sopan, guru berperan untuk mengoreksi sikap tersebut. Guru dapat mengigatkan siswa bahwa sikapnya itu kurang baik dan berikan juga Tindakan lain yang lebih positif.
Bersikap jujur dan terbuka pada kesalahan, guru harus mengakui kesalahannya walaupun hanya kesalahan kecil. Sehingga hal ini dapat menjadi pengajaran bagi siswa dalam berkata jujur dan menerima atau mengakui kesalahannya.
Mengajarkan nilai moral pada setiap pelajaran, guru dapat mengajarkan nilai kehidupan, misalnya dalam mengejarkan soal matematika kita bisa belajar untuk bersabar dan berusaha untuk memecahkan masalah dengan mengasah logika berpikir, dengan bgitu Ketika siswa menghadapi masalah dalam hidupnya dia bisa berpikir optimis bahwa setiap masalah ada jalan keluarnya selama berusaha.
Berbagi pengalaman inspiratif, guru membagikan pengalamannya, nah dengan pengalaman yang diceritakan oleh guru itu siswa jadi terinspirasi dan dapat belajar dari pengalamn guru tersebut.