Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Â Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik dalam Pembelajaran
Lokasi                   : SMA Negeri 8 Tanjabbar, Jambi
Lingkup Pendidikan     : Sekolah Menengah Atas
Tujuan yang Ingin Dicapai   : Meningkatkan keterampilan menulis dalam bahasa Inggris siswa kelas XII MIPA 2 SMA negeri 8 Tanjabbar  dengan menggunakan  model  Project Based Learning(PjBL) pada pembelajaran application letter dengan menggunakan aplikasi canva.
Penulis                   : Nora Handayani, S.Pd
Tanggal                  : 12-13 Desember 2023
SITUASI
Kondisi yang Melatar Belakangi Masalah:
Rendahnya kemampuan peserta didik kelas XII dalam menulis bahasa Inggris pada materi application letter dilatarbelakangi oleh beberapa faktor antara lain :
- Kurangnya minat dalam pelajaran bahasa Inggris karena terbatasnya kosakata.
- Kurangnya pemahaman peserta didik terkait penggunaan ejaan dan pilihan kata.
- Kurangnya latihan peserta  didik dalam menulis surat lamaran pekerjaan.
- Keterbatasan pengetahuan peserta didik  tentang  dunia kerja.
- Guru belum optimal menggunakan model, metode dan media  yang sesuai, menarik dan inovatif dalam
- pembelajaran menulis teks surat lamaran pekerjaan.
- Kurangnya motivasi guru terhadap peserta didik terkait manfaat menulis surat lamaran kerja
- dalam bahasa Inggris.
Berdasarkan pengamatan yang guru lakukan di kelas, siswa yang memiliki kemampuan kurang, cenderung kurang partisipatif dan lebih banyak diam tanpa berkontribusi aktif.Â