Mohon tunggu...
Nocki Evi Yopiani
Nocki Evi Yopiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa jurusan manajemen yang tertarik di bidang Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Harga, Sosial Media Influencer dan Keputusan Pembelian

2 November 2024   17:04 Diperbarui: 2 November 2024   18:37 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PENGERTIAN HARGA

Menurut Kotler and Amstrong dalam Ahmad Sahri dkk (2023) harga adalah uang atau nilai yang dibebankan pada suatu produk atau jasa untuk nilai tukar konsumen atas manfaat yang merupakan faktor pesaing yang mempengaruhi pilihan pembeli.

Harga merupakan komponen yang  berpengaruh  langsung  terhadap  laba  perusahaan.  Tingkat  harga  yang  ditetapkan mempengaruhi kuantitas  yang  terjual.  Selain  itu,  secara  tidak  langsung  harga  juga mempengaruhi biaya, karena kuantitas yang terjual berpengaruh pada biaya yang ditimbulkan dalam kaitannya dengan efisiensi produksi Tjiptono dalam Desi Permata Sari (2021).

Sedangkan Sugiyono (2022) mendefinisikan harga sebagai "nilai tukar yang dinyatakan dalam satuan moneter yang ditetapkan untuk suatu produk atau jasa".

Dari pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa harga merupakan uang atau nilai yang dibebankan pada suatu produk atau jasa untuk nilai tukar konsumen atas manfaat dari suatu produk atau layanan.

Faktor yang Mempengaruhi Harga

Ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi harga konsumen menurut Sugiyono (2020), sebagai berikut:

  • Kualitas layanan produk

Konsumen cenderung menilai harga berdasarkan kualitas produk atau layanan yang mereka terima. Jika kualitas produk atau layanan dianggap baik, konsumen cenderung memiliki persepsi positif terhadap harganya, bahkan jika harganya lebih mahal daripada produk lain. Nilai yang dirasakan konsumen dari kualitas produk sering kali memengaruhi persepsi harga konsumen.

  • Perbandingan harga dengan pesaing

Persepsi harga konsumen sangat dipengaruhi oleh perbandingan harga produk atau layanan yang sebanding dengan pesaing. Konsumen akan membandingkan harga produk di pasar untuk menentukan apakah harga yang ditawarkan dianggap lebih murah, kompetitif, atau lebih mahal.

  • Diskon dan promosi

Promosi, diskon, atau potongan harga yang ditawarkan juga memengaruhi harga. Menurut Sugiyono, diskon yang besar atau promosi yang menarik dapat membuat konsumen merasa bahwa mereka mendapatkan nilai yang lebih baik dari produk yang dibeli, sehingga memperkuat persepsi positif terhadap harga.

  • Pengalaman pembelian sebelumnya

Pengalaman pembelian sebelumnya juga memengaruhi persepsi harga. Jika konsumen memiliki pengalaman yang baik dengan barang atau layanan yang mereka beli, mereka cenderung melihat harga dengan positif, meskipun barang tersebut memiliki harga yang lebih tinggi.

  • Informasi yang tersedia

Konsumen yang memiliki akses ke informasi yang lebih lengkap tentang produk dan pasar, seperti ulasan, perbandingan harga online, atau rekomendasi pihak ketiga, cenderung memiliki persepsi harga yang lebih jelas dan terinformasi. Semakin banyak informasi yang dimiliki konsumen, semakin rasional keputusan harga yang mereka ambil.

  • Nilai emosional

Nilai emosional dapat memengaruhi harga. jika konsumen memiliki ikatan emosional dengan produk atau merek tertentu, mereka cenderung menerima harga yang lebih tinggi karena nilai emosional yang terkait dengan produk tersebut.


Indikator Harga

Persepsi harga adalah cara konsumen menilai harga yang harus mereka bayar untuk produk atau jasa tertentu. Ada empat indikator harga menurut Kottler dalam Ahmad Sahri dkk (2023), yaitu :

  • Keterjangkauan harga

Harga yang terjangkau adalah harapan pembeli sebelum melakukan pembelian. Mereka akan mencari barang dengan harga yang dapat mereka bayar.

  • Kesesuaian harga dengan kualitas produk

Konsumen biasanya tidak keberatan apabila harus membeli produk tertentu dengan harga yang relatif mahal asalkan kualitasnya baik, tetapi terkadang konsumen lebih menginginkan produk dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Ini mengacu pada sejauh mana harga yang dibayar konsumen sebanding dengan kualitas produk atau layanan yang diterima. Kualitas dalam konteks ini mencakup bahan, ketahanan, fitur, dan performa produk.

  • Kesesuaian harga dengan manfaat

Konsumen sering mengabaikan harga suatu produk namun cenderung lebih mementingkan manfaat dari produk tersebut. Ini berkaitan dengan seberapa banyak manfaat atau kegunaan yang didapatkan oleh konsumen dari produk atau layanan dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Manfaat bisa berupa kemudahan penggunaan, peningkatan produktivitas, atau dampak positif lainnya yang diterima dari produk.      

  • Daya saing harga

      Agar produk dapat bersaing di pasar, perusahaan menetapkan harga jual produk berdasarkan harga yang dijual oleh pesaingnya.


SOSIAL MEDIA INFLUENCER

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun