Mohon tunggu...
Yunita Kristanti Nur Indarsih
Yunita Kristanti Nur Indarsih Mohon Tunggu... Wiraswasta - Gratias

-semua karena anugerahNya- Best Spesific Interest - People Choice Kompasiana award 2022

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Usaha Teh Seduh Kemasan dengan Daun Teh Lokal Indonesia yang Berkualitas

2 September 2020   13:09 Diperbarui: 2 September 2020   12:55 791
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
salah satu varian starter pack dengan kantong teh specialitea.id/sumber:dok.pri

"Apapun makanan dan acaranya minumnya (dipastikan) teh, ya..........."

Sebuah Pengantar

Sebuah tagline (telah dimodifikasi penulis) yang pasti telah akrab di telinga kita, ide asli tagline tersebut diusung oleh perusahaan teh kenamaan di Indonesia.

Tagline itu sedikit banyak mengangkat harkat dan martabat teh sebagai salah satu minuman yang akrab di lidah kita.

Sajian teh pasti bisa ditemui saat kita berkunjung sebagai tamu, saat kita berkumpul dalam pertemuan-pertemuan arisan, rapat, seminar, dan sebagainya.

Teh bisa dipastikan menjadi teman duet kopi dalam arena gotong-royong saat acara kerja bakti di kampung atau komplek perumahan.

Teh tawar, teh manis hangat, atau es teh segar yang menyejukkan juga bisa dipesan dan menemani saat makan siang kita.

Berbagai varian produk teh menjamur. Ada yang dalam kemasan kantong, kertas, botol kaca, kotak karton, gelas plastik, bahkan kaleng pun tersedia.

Jenis-jenis teh pun telah termodifikasi. Ada teh hitam, teh hijau, teh putih, juga teh oolong. 

Teh berasal dari tanaman yang bernama Camellia sinensis. 

Teh mengandung senyawa kafeina.

Ragam teh juga bisa dipadu-padankan dengan jenis tumbuhan lain. Teh melati, teh mawar, ada juga teh saffron, lalu banyak lagi ragam teh yang lain.

Penggemar teh dimanjakan dengan berbagai varian baru produk-produk teh yang mengalami metamorfosa.

Teh merupakan sajian minuman yang konon ditengarai berasal dari sebelah barat daya China. Tradisi minum teh sebagai obat diketahui sudah ada pada abad ke 3, hal ini ditegaskan dalam Wikipedia.

Intinya, teh merupakan jenis minuman yang berkaitan erat dengan kesehatan.

Ulasan Utama

Sosok pelaku usaha yang satu ini tertarik dengan usaha mengembangkan varian teh inovatif. Usaha yang didirikannya ini diberi tajuk specialitea.id. Usaha ini telah didirikan sejak bulan Agustus lalu tahun 2019 di Kota Bandung, Jawa Barat.

Kota Bandung kota yang sejuk dan sangat "cucok" untuk tumbuhnya bahan baku usaha ini, yaitu teh. Sebut saja contohnya lahan kebun teh di daerah Ciwidey nan sejuk. Hamparan luas hijau teh menjadi sebuah pemandangan yang menyegarkan mata sekaligus jiwa kala memandangnya.

Seorang bankir di sebuah bank terkemuka di Indonesia bernama Liana Soefran, memutuskan untuk nyemplung dan menggeluti dunia usaha teh ini. Lulusan Institut Teknologi Bandung dengan konsentrasi Finance ini kemudian memantapkan pilihan bidang usaha minuman teh setelah rehat dari profesinya sebagai seorang bankir sukses.

Liana juga teman sekolah penulis di sejak kami sama-sama duduk di bangku SD Kristen 1 BPK Penabur Kotamadya Cirebon. Pertemanan terus berlangsung  hingga kami duduk di bangku SMA Kristen 1 BPK Penabur Cirebon.

Ketertarikan pada dunia teh berawal dari minatnya pada blooming tea yang ditemuinya saat jalan-jalan dan singgah di gerai oleh-oleh.  

Apa itu blooming tea? Blooming tea adalah paket daun teh kering yang dibuat secara hand-made dicampur dengan rangkaian bunga-bungaan kering yang hasil akhirnya berbentuk bola.

Ketertarikan kepada blooming tea akhirnya membawa Liana untuk mendalami dunia teh.

Rasa penasaran akan seluk beluk teh sampai pada akhirnya, perburuannya itu membawa sebuah pemahaman, bahwa Indonesia merupakan salah satu eksportir teh terbaik di dunia.

Bahan baku teh yang digunakan usahanya ini juga dari penggunaan daun teh lokal yang memiliki kualitas terbaik.

Petani-petani lokal penghasil teh juga terlibat dalam usaha ini.

Awalnya usaha ini mendapatkan pendapatan terbesarnya dari penjualan ke perusahaan-perusahaan yang memberikan layanan gift set customer, tanpa melibatkan marketplace.

Disebutkan pula bahwa direct offer merupakan teknik pemasaran usaha teh ini di awal-awal.

Pandemi membawa angin dan arah usaha specialitea.id berkenalan dengan marketplace, karena teknik pemasaran semula tak bisa berjalan sebagai mana mestinya.

Pandemi ini semakin mengarahkan usaha Liana pada pemasaran secara digitalisasi.

Merangkul marketplace merupakan strategi yang diusung selanjutnya demi pengembangan usahanya.

Branding dilakukan dalam media sosial yang dimiliki oleh Liana, seperti instagram, WA dan sebagainya.

Modal yang digunakan untuk mengawali berdirinya usaha ini berasal dari kocek pribadi Liana dan suaminya.

Kemasan dan desain semua dikerjakan secara pribadi. Sang suami yang akrab dengan dunia desain membantu membuat kemasan dan desain menarik untuk "baju" dari produk teh ini.

Webstore juga telah tersedia untuk ekspansi usaha ini.

Melalui paket starter pack konsumen bisa mengenali produk specialitea.id ini. Kemasan yang menarik dan sangat eye-catching dapat memantik selera pasar untuk membeli dan mengonsumsinya.

Product knowledge racikan-racikan teh yang beraneka ragam bisa ditemui melalui webstore-nya specialitea.id.

Bagi penyuka teh, wajib mencoba specialitea.id.

Kemasan teh dalam jenis starter pack dibedakan menjadi dua jenis, yang menggunakan kantong teh dan yang tanpa kantong teh alias teh tubruk. Pilihan berpulang kembali pada selera pembeli.

varian starter pack teh tubruk/sumber:dok.pri
varian starter pack teh tubruk/sumber:dok.pri
Ragam varian produk specialitea.id ini bisa juga dilongok di IG specialitea.id

Supply chain atau rantai pasok terjadi dalam usaha ini, mulai dari petani teh dilibatkan, hingga pemasarannya, sehingga memungkinkan banyak tenaga kerja terserap ke dalam usaha ini.

Rantai pasok merupakan salah satu hal yang mendukung keberhasilan sebuah usaha.

Pengiriman pesanan juga dilakukan secara mandiri dengan melibatkan jasa pengiriman. Suatu saat pernah dikisahkan, Liana pun mengirimkan sendiri pesanan-pesanan teh yang diminta oleh pelanggan.

Strategi promo dengan memberi diskon di marketplace saat waktu-waktu tertentu diharapkan mampu memberi sumbangan keberhasilan bagi pengembangan usaha teh seduh kemasan ini.

Penulis pernah mendapatkan produk ini secara gratis. Kemasan starter pack teh menarik ini diberikan kepada kolega sebagai salah satu upaya dan strategi pengembangan usaha ini.

Penutup

Melibatkan sumber daya yang berlimpah yang ada di daerah merupakan strategi jitu yang digunakan untuk membesarkan sebuah usaha.

Teh menjadi sebuah produk yang bisa diandalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani lokal di daerah Bandung.

Geliat UMKM seperti specialitea.id akan mendorong pengembangan ekonomi secara umum di Indonesia.

Membantu pemasaran produk-produk lokal menjadi sebuah usaha bela negara dalam bidang ekonomi yang akan memajukan kesejahteraan umum sebagai salah satu tujuan Indonesia.

Membeli produk-produk lokal yang ditawarkan oleh sejumlah UMKM yang menggerakkan perekonomian masyarakat menjadi sebuah bantuan baik untuk memajukan ekonomi saat ini.

Indonesia Bisa💪👍.

Sekian.

Referensi :

1, 2, 3

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun