Mohon tunggu...
Niswa
Niswa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasisa

Pandeglang, Banten

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Faktor Penyebab Siswa Sulit Memahami Konsep Pecahan

4 Desember 2024   21:51 Diperbarui: 4 Desember 2024   21:54 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

A. Waktu Dan Tempat Penelitian

Kegiatan penelitian yang dilakukan peneliti yaitu dilaksanakan pada hari 9 November 2024.  Sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian yaitu di salah satu sekolah dasar kota pandeglang, sekolah ini terletak di Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang. Sekolah ini berdiri pada tahun 1937-01-01

B. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan dan memaparkan suatu masalah yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas, untuk memperoleh pemahaman mengenai konteks, makna, persepsi, serta subjek yang diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah dasar kota pandeglang.

Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dimana wawancara tersebut dilakukan dengan salah satu gurukelas, yaitu guru kelas 5A, dalam kegiatan wawancara peneliti menanyakan beberapa pertanyaan mengenai faktor penyebab mengapa siswa sulit memahami konsep pecahan. Hal ini bertujuan agar peneliti dapat mengetahui penyebab masalah tersebut dari sudut pandang guru kelas tersebut, sedangkan dalam kegiatan observasi, peneliti mengamati proses pembelajaran di kelas, dimana siswa pada saat itu sedang mempelajari materi pelajaran matematika.

C. Instrumen Pengumpulan Data

Pada kegiatan penelitian ini, terdapat instrument observasi yang dilakukan, instrument ini membantu peneliti untuk mengetahui permasalahan mengenai faktor penyeba siswa sulit memahami konsep pecahan. Instrument tersebut diantaranya:

1. Wawancara
Dalam kegiatan wawancara terdapat beberapa pertanyaan yang dipertanyakan kepada pendidik atau guru, pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi bahan peneliti untuk menggali permasalahan yang dituju, dengan wawancara dapat membantu peneliti untuk menyelsaikan penelitiannya, hasil berupa deskripsi melalui wawancara didapatkan peneliti setelah melakukan kegiatan wawancara tersebut.

2. Observasi
Selain melakukan wawancara, untuk lebih dalam mengetahui kefaktaan permasalahan yang telah diungkapkan oleh pendidik, peneliti melakukan tindak lanjut berupa pengamatan,pengamatan yang dilakukan dikelas ketika siswa dalam proses pembelajaran. Dengankondisi tersebut peneliti akan lebih mudah dalam mengetahaui permasalahan yang dialami siswa

D. Sumber Data

Sumber yang digunakan dalam kegiatan penelitian berasal dari dua suber yaitu:
1. Peserta Didik
2. Pendidik/Guru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun