Mahasiswa yang menyelenggarakan program pengabdian pada masyarakat adalah mahasiswa tingkat 6 program studi Manajaemen strata 1 dan mempunyai nama kelompok roseefeea, mahsiswa di bentuk dalam beberapa kelompok kecil salah satunya adalah Kelompok 3 Mahasiswa Universitas Teknologi Digital (Digitech University) telah selesai melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakatnya di Desa Laksana Kec. Ibun Kab. Bandung pada hari Rabu tanggal 3 Mei 2023. Kegiatan tersebut berlangsung sejak tanggal 27 April 2023 s/d 3 Mei 2023 dengan mengusung judul "Mengoptimalkan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Potensi Penjualan Produk UMKM". Pelaksana kegiatannya terdiri dari 15 mahasiswa dan 4 dosen pembimbing yang di Ketuai oleh Bapak Aldy Santo Hegiarto, SE., M.M. dan 3 dosen anggota yaitu Atep Kustiwa, S.Pd., M.M., Cepi Saepuloh, S.E., M.Ak., CPMA dan Khusnul Heikal Irsyad, S.H., M.M. , serta 15 mahasiswa yang terdiri dari Neng Suyantiny,Riska Safitri ,Regina Vista Dewi ,Ajeng Rahma Wilanda ,Ratni Dwi Hartini,Geifira Nur Fatimah,Diva Muhammad Fazrin,M. Rachmat Sepyuanandar P.,Muhammad Fauzi Hilmansyah,Fitri Rosmayanti, Asep Safari, Silvia Nur Oktaviani, Shanti Rizki Amelia, Shinta Rizki Amelia dan R. Memet R. Mustafa Sabarna.
Mengawali kegiatan PPM, para mahasiswa mengadakan acara pembukaan di aula Desa Laksana dan dihadiri juga oleh para tokoh masyarakat disana seperti Kepala Desa (H.UU Budiman ) dan jajarannya, Ketua BPD (Suhendar Kristian S.Pd.Msi), Ketua Karang Taruna, Kepala Dusun, Ketua RW hingga pekalu UMKM yang ada di desa laksana dan warga yang berdekatan dengan kantor desa,dan respon yang diberikan pun sangat baik.
Desa Laksana Kecamatan Ibun, dengan kawah Kamojang, seni budaya, kuliner tradisional, peternakan, pertanian dan perkebunan.
Kecamatan Ibun Didirikan pada tanggal 11 Desember 1980 berdasarkan
SK Gubernur Jawa Barat Nomor 141/1263/XII/Pemdes.
Kecamatan Ibun merupakan pemekaran dari Kecamatan Paseh dan terdiri dari 12 (dua belas) desa.
Desa Laksana merupakan desa yang ditetapkan sebagai desa wisata di Kabupaten Bandung dengan produk unggulan yang ditawarkan adalah pertanian, perkebunan serta panorama kawah. Produk unggulan tersebut diharapkan dapat berkontribusi dalam memajukan perekonomian untuk masyarakat di Desa Laksana. Selain itu, mengajak masyarakat agar ikut serta aktif dalam upaya mensejahterakan masyarakat desa Laksana sehingga dapat memajukan perekonomian masyarakat setempat dengan melakukan promosi yang lebih intens dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan tujuan agar lebih banyak orang yang tahu dan mengenal bahwa Desa Laksana merupakan Desa yang potensial.
Memberikan penyuluhan, pembinaan dan diskusi kepada masyarakat Desa laksana terutama kelompok-kelompok UMKM yang tersebar di Desa laksana agar lebih berperan aktif dalam kemajuan perekonomian di Desa laksana dalam hal pengoptimalisasi digital marketing sebagai alat atau sarana dalam memsarkan potensi dan produk yang ada pada desa laksana.
Di desa laksana sendiri pada bulan januari biasanya di adakan sebuah event atau acara rakyat yaitu pasar hutan, dimana semua umkm yang ada di sekitar desa laksana berkontribusi atau berperan memasarkan produk yang dijualnya harapannya adaha desa laksana mempunya daya tarik wisata yang dapat memberikan effort yang baik bagi peningkatan perekonomian masyarakatnya.
Kelompok 3 yang diberi nama kelompok Roseeffea ini mengangkat judul yang dipilih, para mahasiswa didampingi dosen melakukan beberapa kunjungan ke  UMKM sekitar seperti Wanoja Coffee, Nyaji Coffee, Borondong Madurasa hingga Bank Sampah Sangkan Maju. Tidak hanya berkunjung para mahasiswa pun berdiskusi bersama para pelaku UMKM mengenai berbagai hal mulai dari kegiatan yang biasa dilakukan hingga permasalahan yang ada terutama mengenai pemanfaatan pemasaran secara digital. Hal ini tentu disambut baik oleh para pelaku UMKM.
Setelah mahasiswa melakukan kunjungan ke beberapa pelaku umkm dan melaksanakan forum diskusi dengan beberapa umkm yang tersebar di desa laksana permasalahan yang terlihat adalah dari segi pemasaran secara digital, di harapkan dapat membantu umkm yang ada di desa agar dapat bersaing dengan pengusaha yang sudah besar dengan memanfaatkan teknologi digital yang memang dampak nya sangat besar,salah satunya penuturan dari Nenek eti sumiati (owner kopi wanoja) atau lebih dikenal dengan kelompok tani wanoja dengan adanya pemasaran secara digital peningkatan kenaikan penjualannya jika di prorata kenakiakannya cukup sigifikan sebesar 5% per bulan untuk pemasaran dalam satu bulan dengan pemanfaatan marketplace yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kopi wanoja sendiri sudah memenangkan juara kedua kontes kopi specialty indonesia pada tahun 2015.
Berbeda dengan penuturan pelaku umkm yang lainnya sebut saja "kang ady Nopit " (nyaji coffee) penjualan terbesarnya adalah dapat memasarkan produknya hingga ke mancanegara, mahasiswa disana diajak untuk melihat dan terjun langsung dari mulai pemetikan atau pemilihan biji kopi yang baik langsung dari perkebunan, proses pembuatan dari buah kopi hingga proses jadinya kopi yang siap di pasarkan ke konsumen ( Proses dari hulu sampai ke Hilir ).
Program selanjutnya adalah berkuncung ke pengrajin borondong makanan khas yang ada di desa laksana, makanan camilan yang melegenda yang terbuat dari beras ketan dan gula merah lalu di bungkus oleh daun tisuk atau sejenis daun waru, borondong di kampung sangkan desa laksana ini di mulai dari industri rumahan pada tahun 1960 awalnya hanya memproduksi untuk pemasaran di daerah kampung sangkan dan acara untuk hajatan seiring waktu berjalan " Mak erah" sebagai perintis borondong madu rasa melibatkan saudara dan tetangganya sebagai karyawannya sampai saat ini banyak pengrajin borodong di desa laksana adalah saudaranya atau mantan karyawannya , borondong madu rasa sendiri sekarang di pegang oleh anaknya yaitu Pak ucu karena kerajinan makanan khas borondong ini salah satu prospek yang menjanjikan ditambah dengan pemasaran yang mulai ke digital marketing melalu e-commers  agar masyarakat luas tahu bahwa borondong madu rasa itu adalah makanan khas dari kabupaten bandung yang menjadikan daya tarik wisata bagi lokal maupun mancanegara.
Permasalahan yang dihadapinya adalah masih sangat minimnya pemasaran secara digital pada sekarang ini borondong madu rasa mengandalkan penjualan secara offline atau pesanan saja jika ada di marketplace mengandalkan reseller atau pihak ketiga karena menurut penuturan dari pak ucu pihaknya masih belum memahami bagaimana cara unk memulai memsarkan produknya secara online. Harapannya kami mahasiswa digitech dapat membantu memmuali memsarkan secara digital dengan memberikan penyuluhan dan pembinaan pada umkm yang ingin memasarkan produknya secara digital agar dapat bersaing dengan umkm yang lainnya.
Desa laksana pun memiliki program bank sampah yang di kumpulkan oleh warganya, menurut penuturan pak "Acep" selaku ketua Bank sampah kampung sangkan desa laksana  sampah yang di terima adalah sampah yang dapat diolah kembali atau laku di jual saja. Hasil nya dimasukkan ke tabungan nasabah. Tabungan ini dapat diambil 1 tahun sekali atau ketika ada darurat. Sebelumnya bank sampah ini telah bermitra dengan pertamina dan membuat beberapa program seperti  pengolahan sampah plastik menjadi minyak  tanah atau pengolahan biogas tapi keduanya tidak dilanjutkan karena biayanya mahal. Untuk saat ini ada ternak lalat untuk bahan baku pakan ikan lele dan untuk sampah anorganik seperti cangkang kopi juga diolah menjadi tikar atau taplak meja untuk dijual dan menghasilkan rupiah bagi masyarakat desa.
Selain kegiatan kunjungan UMKM, para mahasiswa pun melaksanakan kerja bakti membersihkan masjid yang ada di sekitar kampung sangkan desa Laksana hingga kegiatan lomba mewarnai untuk anak-anak TK.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H