Mohon tunggu...
Ninik Sirtufi Rahayu
Ninik Sirtufi Rahayu Mohon Tunggu... Penulis - belajar mengingat dan menulis apa yang diingat

Menulis dengan sukacita sebab hati yang gembira adalah obat

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Ubi Bakar Abu Bakar

15 Juni 2024   03:01 Diperbarui: 15 Juni 2024   03:10 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Ubi Bakar Abu Bakar

Oleh: Ninik Sirtufi Rahayu

Hei ... namaku Abu Bakar ... aku sedang  berjalan kaki, tetapi sesuatu menabrakku dan membuatku terpental jatuh ke tanah asing ... Tiba-tiba aku pusing. Perutku yang kosong belum terisi sejak pagi terasa sangat melilit. Asam lambungku mungkin naik ... dan aku tidak ingat apa-apa lagi.

Ketika siuman, aku telah berada di suatu tempat yang sangat aneh. Hanya ada sebuah amben, semacam ranjang dari bambu tanpa ada fasilitas lain. Rumah pun tidak layak disebut rumah. Berukuran kira-kira enam kali enam meter. Hanya satu ruang saja.

Dinding terbuat dari anyaman bambu juga. Tidak ada meja kursi. Yang ada hanya bonggol pohon yang digergaji dengan kasar begitu saja. Tergeletak begitu saja di sana. Di pojok tempat itu kayu-kayu bakar teronggok sedemikian rupa. Bahkan, ada kayu-kayu yang diberdirikan. Sungguh, sangat tidak estetis dipandang mata.

Penerangan? Tidak ada lampu. Yang ada hanya ublik. Ada dua buah ublik di dekat pintu. Satu-satunya pintu yang juga terbuat dari bambu, bukan dari kayu. Dua buah ublik itu terbuat dari botol gelas, rupanya bekas tempat tinta. Diberi minyak, tutupnya diberi sumbu dari perca kain kaos yang sudah sangat usang.

Untungnya hari menjelang siang ketika aku tiba di tempat itu. Coba malam, alamat makin kebingungan aku!

Tidak ada seorang pun yang bisa kutanyai aku di mana. Ketika berjalan memutari ruang rumah sepetak itu, tidak ada apa-apa sama sekali. Padahal, perutku sangat lapar. Ya, Allah ... hanya ada beberapa umbi ketela rambat, ubi, dan singkong berserakan. Lalu, ada daun kelapa kering yang disebut blarak juga teronggok di sana. Tidak ada tungku, tetapi ada batu bata ukuran besar.

Karena begitu laparnya, aku bikin tungku dari beberapa batu bata yang kususun. Panci? Tidak ada! Tak  ada alat masak apa pun di sana. Lalu, korek api untuk bikin api? Ohh, ... ada! Ada kulihat geretan tadi di pokok kayu ... syukurlah.

Aku ingat saat camping dulu, saat api unggun, teman-teman mengajak makan singkong bakar. Nah, aku ingat. Enak juga! Mungkin, ubi bakar juga seenak singkong bakar .... Anggap saja ubi cilembu panggang!

Nah, kususunlah daun kelapa kering. Minyak tanah, aku butuh minyak tanah ... kucari-cari, ternyata ada di dalam gelas ublik kecil. Masih ada sedikit minyak tanah di situ.
Segera kutuang sedikit minyak pada daun blarak, kuambil kayu kering di pojok ruang, kuambil geretan.  Kubuat api. Setelah menyala ... kutunggu beberapa saat dan kumasukkan ubi jalar ke dalam api.
Setengah jam kemudian kulihat, nah ... ubi sudah masak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun