Mohon tunggu...
ZulfiaMagfiroh1402
ZulfiaMagfiroh1402 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Belajar dan Pembelajaran

4 Juni 2021   20:56 Diperbarui: 20 Juni 2021   21:42 495
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Belajar 

Belajar merupakan aktivitas dan perilaku siswa yang kompleks, karena aktivitas belajar hanya dialami oleh siswa itu sendiri. Siswa juga merupakan penentu berlangsungnya suatu proses pembelajaran. Proses pembelajaran berlangsung karna siswa mendapatkan sesuatu dari lingkungannya. Lingkungan belajar siswa adalah kondisi alam, benda, hewan, tumbuhan, manusia atau benda yang akan dijadikan bahan pembelajaran.

Belajar adalah proses memahami, menemukan, dan menganalisis situasi untuk melakukan perubahan perilaku, dan jika perubahan tersebut disebabkan oleh pertumbuhan atau kondisi sementara, maka tidak dapat dikatakan bahwa perubahan tersebut merupakan hasil belajar. (Syaifuddin Iskandar: 2008: 1)

Menurut pemahaman psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan, yaitu proses perubahan perilaku yang disebabkan oleh interaksi dengan lingkungan sekitar dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari . 

Ada juga pendapat dari para ahli yang mana seperti yang diungkapkan oleh Dutton yang mengartikan bahwa belajar merupakan suatu pembelajaran sebagai hasil dari pemenuhan kebutuhan karena interaksi lingkungan dan membuatnya lebih mampu melindungi lingkungan secara penuh, yaitu perubahan individu. Kemudian menurut James O. Wittaker mengemukakan bahwa belajar adalah proses menghasilkan atau mengubah perilaku melalui praktik atau pengalaman. Sedangkan menurut Menurut Hilgrad dan Bower, belajar (to learn) yang memiliki arti diperolehnya suatu pengetahuan atau menguasai pengetahuan dengan melalui mengingat, menguasai pengalaman, dan memperoleh informasi, dengan pengalaman atau penemuan. Tanpa melalui belajar mustahillah dapat memahami suatu permasalahan atupun informasi informasi dari suatu materi, dengan belajarpun kita mendapatkan suatu pengetahuan, pemahaman, bahkan penguasaan terhadap suatu pembelajaran untuk memusatkan pada suatu pikiran seperti halnya menghafal yang mana dari bentuk tidak tahu menjadi tahu, menguasai dan bahkan juga memahami. 

Kemudian menurut James O. Wittaker mengemukakan bahwa belajar adalah proses mengubah perilaku melalui praktik ataupun melalui pengalaman yang kemudian menghasilkan suatu perubahan perubahan dari hasil belajar tersebut. Sedangkan menurut Menurut Hilgrad dan Bower, belajar merupakan diperolehnya suatu pengetahuan atau menguasai pengetahuan melalui pengalaman, mengingat, menguasai pengalaman, dan memperoleh informasi atau penemuan.

Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat siswa belajar, atau suatu kegiatan untuk mengajar siswa. Dengan kata lain belajar merupakan upaya menciptakan kondisi untuk terjadinya kegiatan belajar. menurut yang dikemukakan oleh Warsita, pembelajaran adalah suatu cara untuk memungkinkan siswa untuk belajar atau melakukan kegiatan mengajar. Menurut Corey pembelajaran adalah proses mengelola lingkungan seseorang dengan sengaja untuk mengajaknya berpartisipasi dalam perilaku tertentu atau menanggapi situasi tertentu dalam kondisi khusus, belajar merupakan bagian khusus dari pendidikan. 

 Sedangkan menurut UU No. 2 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 1 ayat 20, pembelajaran adalah suatu interaksi yang Memungkinkan siswa untuk belajar ataupun melakukan kegiatan mengajar.

Ada banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang definisi pembelajaran yaitu :

Menurut Syaiful Sagala, Pembelajaran ialah proses mengajari siswa yang dilakukan oleh seorang pendidik dengan menggunakan prinsip-prinsip pendidikan dan teori-teori pembelajaran, yang menjadikan penentu utama dari keberhasilan pendidikan. Belajar adalah proses komunikasi antara dua arah yakni seorang guru dengan muridnya. Pengajaran dilakukan oleh guru sebagai pendidik, sedangkan pembelajaran dilakukan oleh siswa sebagi peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun