Mohon tunggu...
Nikmatul Ana
Nikmatul Ana Mohon Tunggu... Guru - Guru Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini sangatlah penting dikembangkan sejak lahir dan mengembangkan media inovasi dapat emningkatkan kemampuan anak disetiap perkembangannya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

9 Desember 2022   17:00 Diperbarui: 9 Desember 2022   17:01 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

NAMA           : NIKMATUL KHASANAH

KELAS          : A2

NO UKG        : 201901129528

PPG DALJAB KATEGORI II TAHUN 2022

 

LK 3.1 Menyusun Best Practices


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

TK MUSLIMAT NU 7 PONGANGAN

Lingkup Pendidikan

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada TK Muslimat NU 7 Pongangan

Penulis

Nikmatul Khasanah

Tanggal

14 Oktober 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru/teman sejawat terkait kemampuan Numerasi 9 dari 15 anak usia 4-5 tahun mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan 1-10, yang harus dimiliki

  • Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:
  • Pemilihan media yang kurang bervariasi
  • Metode yang digunakan guru kurang tepat
  • Media yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang bervariasi.
  • Anak cenderung menghafal tanpa mengenal lambang angka secara kongkrit
  • Adanya praktek ini dapat menjadi referensi dalam mengatasi kendala-kendala mengenal lambang bilangan 1-10 dan menentukan strategi yang tepat untuk guru dalam penerapan model pembelajaran di kelas.

Peran dan tanggung jawab saya selaku guru pada praktik pembelajaran ini mampu mempersiapkan dan mengelola pembelajaran yang berhasil dalam mengenal lambang bilangan1-10 pada anak didik.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah :

  • Pengambilan Video yang masih terpotong-potong sehingga masih belum secara full
  • HP yang kurang mendukung dalam perekaman dan hotspot
  • Saat melakukan kegiatan recalling pada kegiatan densitas 1 guru lupa bertanya kepada anak tentang bahan-bahan yang dipakai dalam membuat lambang bilangan dengan media loose part
  • Ada bagian penyambutan anak saat datang tidak terekam
  • Kegiatan dokumentasi hasil karya tidak ada
  • Kurangnya perhatian guru dalam memberikan kenyamanan pada anak yaitu tidak adanya alas karpet

Adapun pihak-pihak yang terlibat pada Praktek Pembelajaran ini yaitu:

  • Kepala Sekolah TK Muslimat NU 7 Pongangan yang memberikan izin persetujuan pelaksanaan PPL Siklus 1
  • Guru sebagai tenaga pengajar
  • Teman guru sebagai kameramen dalam perekaman video paktik PPL Siklus 1
  • Dosen dan Guru Pamong yang memberikan bimbingan, saran dan kritik yang bersifat membangun sebelum dan sesudah kegiatan PPL Siklus 1 ini dilaksanakan
  • Koordinasi dengan wali murid, anak yang akan diajak untuk kegiatan PPL

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan-tantangan pada proses pembelajaran:

  • Menyediakan laptop 1 lagi untuk merekam video secara full dari jarah sedikit jauh sehingga terlihat keseluruhan atau menggunakan 1HP dengan memori yang kapasitas besar
  • Lebih disiapkan lagi dalam kegiatan recalling disetiap densitas kegiatan sehingga tidak ada bagian penjelasan yang tertinggal saat bertanya kepada anak-anak
  • Menyiapkan perekaman diawal penyambutan anak
  • Kegiatan selesai, kemudian menyiapkan anak-anak untuk diajak melakukan dokumentasi hasil karya
  • Memberikan alas karpet saat anak duduk melingkar dikegiatan pembukaan

Adapun strategi yang digunakan untuk menghadapi tantangan-tantangan ini adalah:

  • Strategi yang digunakan dalam menyelesaikan kesulitan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10 adalah menggunakan media loose part. Bahan yang saya pakai dalam membentuk lambang bilangan dengan mengunakan pom-pom, batu, biji saka, biji kopi dan kancing baju. Dengan adanya media secara kongkit sehingga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bilangan 1-10 bukan hanya menyebutkan saja tapi juga mampu membentuknya dengan cara belajar dan bermain sehingga membuat anak senang dan tidak merasa bosan karna kegiatan ini baru bagi anak.

Sumber daya dan materi yang diperlukan:

  • Kemampuan TPACK dalam penayangan video pembelajaran yang dapat memberikan stimulus kepada peserta didik pada kegiatan awal
  • Bahan ajar, LKPD, dan instrumen penilaian yang sesuai dengan materi sehingga tercapainya kemampuan anak
  • Biaya yang digunakan untuk print out bahan ajar dan LKPD serta pembuatan media pembelajaran yang berhubungan dengan tema yang akan dibahas
  • Waktu pelaksanaan PPL Siklus 1 adalah 3 x 45 menit (3 JP)
  • Pelaksanaan kegiatan PPL Siklus 1 yaitu ( 3 jam)

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi langkah-langkah yang sudah dilakukan guru pada pemaparan di atas memberikan hasil yang positif, hal ini terlihat dari:

  • Anak didik terlihat lebih aktif dan tertarik saat pembelajaran
  • Minat belajar anak didik terlihat ketika anak memberikan respon maupun umpan balik saat guru menjelaskan kegiatan pembelajaran dengan melalui kegiatan penayangan video tentang tema yang akan dibahas
  • Terlihat usaha anak didik dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dengan cara yang menyenangkan dan media pembelajaran yang bervariasi

Respon dari orang lain yang ikut memantau kegiatan ini seperti Kepala Sekolah, teman sejawat, Dosen dan Guru Pamong dan teman PPG memberi tanggapan bahwa pembelajaran lebih menarik saat menggunakan media loose part sehingga belajar anak didik tidak mudah bosan dan menjadi lebih menyenangkan


Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media loose part pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 7 Pongangan. Presentase keberhasilan meningkat menjadi 88 % dengan rincian yaitu:

  • Pada saat pencapaian pembelajarannya sudah terlihat 8 anak yang mampu mengenal lambang bilangan dan 2 anak belum muncul pencapaian pembelajarannya dikarenakan anak masih mengalami kebingungan dalam penulisan angka yang sering terbalik.
  • Menulis lambang bilangan dengan media loose part ternyata efektif dalam mengatasi permasalahan numerasi anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10 karena menggunakan media yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh anak.
  • Keberhasilan ini juga dimotivasi dari cara guru menyampaikan materi dan pemilihan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak, media loose part dapat dicari dilingkungan sekitar dan membuat anak tertarik karena sebelumnya belum pernah melakukan kegiatan menggunakan media loose part

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun