Kalau bermain games terasa sangat menyenangkan mengapa belajar justru membosankan bagi sebagian siswa? Kalau begitu bagaimana kalau kita balik konsepnya? Bagaimana jika belajar sambil bermain? Perkembangan teknologi yang semakin canggih tidak lagi sulit bagi guru untuk mendesain suatu kelas dengan menggunakan sebuah permainan, seperti dalam kuis interaktif, papan interaktif, ataupun video pembelajaran.
Gamifikasi dalam pembelajaran adalah proses yang menggunakan elemen permainan dalam konteks pembelajaran. Ini dapat menjadi sebuah strategi yang digunakan oleh para guru agar membuat suasana kelas lebih menyenangkan. Pendekatan yang digunakan dalam permainan ini adalah menggunakan elemen-elemen dalam sebuah simulator permainan.
Gamifikasi dalam pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran bagi siswa menjadi semakin interaktif, siswa dapat meningkatkan daya saing secara sehat, dan menjadi bahan refleksi belajar bagi siswa ketika mendapatkan poin atau penilaian dari sebuah permainan dalam belajar. Adapun langkah dalam gamifikasi pembelajaran dapat diberikan kepada siswa berupa poin tambahan, peningkatan level belajar, dan pemberian medali atau hadiah kepada siswa untuk meningkatkan performa belajarnya.
Untuk membantu para guru menciptakan metode gamifikasi dalam pembelajaran, berikut ini adalah 7 website yang dapat guru gunakan untuk menciptakan gamifikasi di kelas dalam pembelajaran:
1. Padlet
Pada contoh diatas merupakan padlet map dalam pelajaran geografi. Siswa diminta mencari lokasi persebaran jenis-jenis pariwisata yang ada di Indonesia. Untuk menggunakan padlet sangat mudah, kita hanya perlu login atau daftar melalui email dan kemudian muncul make a padlet. Silahkan dicoba pada link berikut ini.
2. Kahoot
Kahoot merupakan kuis interaktif yang paling sering digunakan dalam kelas. Pembuatan kuis yang sederhana dan menarik membuat aplikasi ini banyak digemari oleh para guru. Kahoot dapat digunakan untuk gamifikasi pembelajaran.
3. Gimkit
Gimkit merupakan kuis interaktif digital yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Gimkit menyediakan bentuk import from spreadsheet, sehingga pertanyaan yang sudah dibuat oleh para guru dapat langsung di setting melalui Gimkit.
4. QuizWhizzer
5. Blooket
6. Edpuzzle
7. Quizizz
Masih banyak lagi website interaktif yang dapat digunakan dalam kelas untuk menerapkan gamifikasi di dalam kelas. Adapun ketujuh website merupakan website interaktif yang sering kali saya gunakan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaan gamifikasi di kelas membuat para siswa semakin semangat dalam kelas, bahkan jika saya tidak menggunakannya, mereka selalu mengatakan “Miss besok pakai games interaktif lagi dong, soalnya seru banget”. Hal tersebut membuat saya belajar mempelajari beberapa website pembelajaran tersebut. Selamat mencobanya para guru! Semoga bermanfaat!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H