Mohon tunggu...
Nikita Theresia
Nikita Theresia Mohon Tunggu... Guru - Pecinta Bumi dan Isinya

Hi, I'm a new beginner in here and trying to write about education and the environment. Everything that I wrote here, is basically about my experiences.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Metode Gamifikasi dalam Pembelajaran: Website Interaktif Ini Buat Kelas Semakin Seru

31 Januari 2023   13:05 Diperbarui: 2 Februari 2023   15:40 2396
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kalau bermain games terasa sangat menyenangkan mengapa belajar justru membosankan bagi sebagian siswa? Kalau begitu bagaimana kalau kita balik konsepnya? Bagaimana jika belajar sambil bermain? Perkembangan teknologi yang semakin canggih tidak lagi sulit bagi guru untuk mendesain suatu kelas dengan menggunakan sebuah permainan, seperti dalam kuis interaktif, papan interaktif, ataupun video pembelajaran

Gamifikasi dalam pembelajaran adalah proses yang menggunakan elemen permainan dalam konteks pembelajaran. Ini dapat menjadi sebuah strategi yang digunakan oleh para guru agar membuat suasana kelas lebih menyenangkan. Pendekatan yang digunakan dalam permainan ini adalah menggunakan elemen-elemen dalam sebuah simulator permainan. 

Gamifikasi dalam pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran bagi siswa menjadi semakin interaktif, siswa dapat meningkatkan daya saing secara sehat, dan menjadi bahan refleksi belajar bagi siswa ketika mendapatkan poin atau penilaian dari sebuah permainan dalam belajar. Adapun langkah dalam gamifikasi pembelajaran dapat diberikan kepada siswa berupa poin tambahan, peningkatan level belajar, dan pemberian medali atau hadiah kepada siswa untuk meningkatkan performa belajarnya.

Untuk membantu para guru menciptakan metode gamifikasi dalam pembelajaran, berikut ini adalah 7 website yang dapat guru gunakan untuk menciptakan gamifikasi di kelas dalam pembelajaran: 

1. Padlet 

padlet-png-63d8b66d08a8b51b72027522.png
padlet-png-63d8b66d08a8b51b72027522.png
Padlet merupakan platform pembelajaran berupa papan tulis interaktif yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Padlet memiliki berbagai bentuk, seperti padlet map, padlet timeline, padlet wall, padlet canvas, padlet shelf, padlet stream, maupun padlet grid yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dalam belajar. 

Pada contoh diatas merupakan padlet map dalam pelajaran geografi. Siswa diminta mencari lokasi persebaran jenis-jenis pariwisata yang ada di Indonesia. Untuk menggunakan padlet sangat mudah, kita hanya perlu login atau daftar melalui email dan kemudian muncul make a padlet. Silahkan dicoba pada link berikut ini.

2. Kahoot

Kahoot merupakan kuis interaktif yang paling sering digunakan dalam kelas. Pembuatan kuis yang sederhana dan menarik membuat aplikasi ini banyak digemari oleh para guru. Kahoot dapat digunakan untuk gamifikasi pembelajaran. 

screenshot-490-63d8b68d28c4f54a8f3af182.png
screenshot-490-63d8b68d28c4f54a8f3af182.png
Guru dapat mengatur kuis interaktif ini secara individu maupun berkelompok. Kuis interaktif ini dapat dimainkan secara live di kelas, sehingga siswa dapat bergabung mengerjakannya. Kuis ini merupakan kuis berbayar namun dapat digunakan secara gratis hanya pada dua mode, yakni multiple choice dan true or false. 

3. Gimkit

Gimkit merupakan kuis interaktif digital yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Gimkit menyediakan bentuk import from spreadsheet, sehingga pertanyaan yang sudah dibuat oleh para guru dapat langsung di setting melalui Gimkit.

 

gimkitt-png-63d8b6a04addee51e938ea22.png
gimkitt-png-63d8b6a04addee51e938ea22.png
Gimkit memiliki berbagai feature dalam memainkannya disini siswa pun dapat dibagi secara berkelompok untuk berkolaborasi dalam belajar maupun secara individu. Gimkit ini dapat dimainkan secara langsung di kelas dan bentuk yang disajikan layaknya sebuah simulator game. 

4. QuizWhizzer

quiz-whizzer-png-63d8b6a94addee517e40e6a2.png
quiz-whizzer-png-63d8b6a94addee517e40e6a2.png
QuizWhizzer merupakan permainan dengan papan leaderboard interaktif yang dirancang sebagai bentuk kuis pembelajaran kepada siswa dalam bentuk ular tangga. Siswa yang lebih dulu menyelesaikan kuis yang diberikan akan berada pada posisi finish. Guru dapat mengatur pertanyaan, menentukan skor untuk tiap pertanyaan, dan memberikan ulasan pada pertanyaan yang telah dijawab, sehingga siswa dapat mengetahui pembahasan dalam setiap soal. 

5. Blooket

blooket-png-63d8b6b328c4f55014742da2.png
blooket-png-63d8b6b328c4f55014742da2.png
Blooket merupakan platform pembelajaran yang dibuat seperti sebuah games. Blooket sangat mudah digunakan guru hanya tinggal log in dan membuat pertanyaan. Blooket memiliki berbagai mode yang dapat digunakan, seperti mode classic, factory, crazy kingdom, dan lain-lainnya. Setiap mode memiliki bentuk tersendiri, seperti mode cafe, siswa menjawab pertanyaan untuk mendapatkan makanan yang disajikan kepada pelanggan dalam permainan. Bentuk kuis ini dapat dilakukan secara interaktif di kelas maupun dapat diatur dalam bentuk pengerjaan tugas atau homework.

6. Edpuzzle

edpuzzle-png-63d8b6bb06b56a3d723f8bd2.png
edpuzzle-png-63d8b6bb06b56a3d723f8bd2.png
Edpuzzle merupakan video interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Video pembelajaran ini dapat langsung diedit, dipotong, ataupun diberikan tambahan pertanyaan. Edpuzzle juga dapat dipakai sebagai bentuk penugasan ataupun stimulus bagi siswa. Hal menarik dalam Edpuzzle ini adalah video pembelajaran yang guru berikan dapat disisipkan pertanyaan berupa soal, sehingga siswa dapat secara langsung interaktif mengisinya.  

7. Quizizz

quizizz-png-63d8b6c44addee51da1cddc2.png
quizizz-png-63d8b6c44addee51da1cddc2.png
Quizizz merupakan kuis online interaktif yang dibuat dengan mode multiple choice yang menyediakan beberapa pilihan jawaban. Quizizz dibuat untuk pekerjaan rumah (PR) dan waktu pengerjaannya dapat diatur, sehingga siswa tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Masih banyak lagi website interaktif yang dapat digunakan dalam kelas untuk menerapkan gamifikasi di dalam kelas. Adapun ketujuh website merupakan website interaktif yang sering kali saya gunakan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaan gamifikasi di kelas membuat para siswa semakin semangat dalam kelas, bahkan jika saya tidak menggunakannya, mereka selalu mengatakan “Miss besok pakai games interaktif lagi dong, soalnya seru banget”. Hal tersebut membuat saya belajar mempelajari beberapa website pembelajaran tersebut. Selamat mencobanya para guru! Semoga bermanfaat!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun