Mohon tunggu...
Nia Uzlifatun N
Nia Uzlifatun N Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa PGSD FTIK

Mahasiswa PGSD FTIK

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Layanan BK di Sekolah Dasar yang Berorientasi pada Karakteristik serta Kebutuhan Peserta Didik

2 Desember 2020   21:22 Diperbarui: 2 Desember 2020   21:34 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nia Uzlifatun (191330000412/3PGSDA1)

PENDAHULUAN

Kita ketahui bersama bahwa pendidikan adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan dapat dikatakan bermutu, efektif, dan ideal jika mampu mengintegrasikan tiga bidang yaitu bidang administrasi dan kepemimpinan, bidang intruksional, dan bidang layanan  bimbingan konseling kedalam kegiatan utamanya (Depdiknas, 2008). 

Hal ini berarti, jika pendidikan hanya melaksanakan bidang administratif dan instruksional saja dan mengabaikan bidang bimbingan konselingnya, maka hanya akan menghasilkan lulusan yang pintar dalam hal akademik tetapi kurang memiliki kemampuan serta kematangan dalam aspek kepribadian.

Kehadiran bimbingan konseling sangat penting dalam pendidikan, termasuk pada jenjang sekolah dasar. Kehadiran layanan BK di sekolah dasar ini tidak tanpa alasan. 

Di masa sekarang banyak kasus kenakalan bahkan kriminalitas yang dilakukan oleh anak usia SD serta banyaknya permasalahan yang dapat menghambat perkembangan mereka, baik dari segi akademis, pribadi, maupun sosial. 

Meskipun bimbingan dan konseling merupakan suatu hal penting, namun banyak pihak seperti peserta didik, guru, orang tua, maupun masyarakat yang belum sepenuhnya mengetahui serta memahami peran BK, utamanya di sekolah dasar. 

Selama ini juga, kehadiran BK dianggap sebagai momok menakutkan bagi peserta didik karena BK terkesan hanya mengatasi anak yang mempunyai masalah saja, padahal BK juga membantu tercapainya segala aspek perkembangan peserta didik. Selain itu juga, pelaksanaan dari layanan bimbingan konseling mungkin kurang memperhatikan aspek karakteristik serta kebutuhan peserta didik.

Pelaksanaan layanan BK di sekolah dasar harus menggunakan pendekatan, metode atau teknik yang tepat dan harus berorientasi kepada karakteristik dan kebutuhan. Beranjak dari itulah, penulis akan sedikit memaparkan materi tentang pentingnya pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dasar yang berorientasi kepada karakteristik serta kebutuhan peserta didik.

PEMBAHASAN

Pengertian Bimbingan Konseling

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun