Mohon tunggu...
Angga Ardiyansyah
Angga Ardiyansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pekerja Bebas

Seorang mahasiswa yang mencoba mencurahkan pemikiran dan mengabadikan hidup, pengalaman hingga opini melalui tulisan dengan sejelas mungkin. Semoga tulisan yang dihasilkan dapat dicerna dan bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Target Penjualan Tidak Tercapai? Yuk Coba Pakai Formula dalam Copywriting

25 Agustus 2023   09:57 Diperbarui: 25 Agustus 2023   12:38 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Copywriting (Getty Images/iStockphoto)

Di dunia digital sekarang membuat berbagai bidang di kehidupan beralih media. Tak terkecuali dengan pemasaran, seperti E-Commerce dan Marketplace.

Maka, di era digital sekarang, dikenal istilah digital marketing atau pemasaran digital. Bahkan hingga menjelma menjadi profesi khusus yang bergerak untuk memasarkan dan menawarkan produk serta brand di ranah digital.

Di dunia digital marketing, terdiri beberapa komponen atau divisi yang memiliki tujuan yang sama dalam strategi marketing dengan pembagian yang terfokus pada tugas masing-masing. Mencakup, divisi social media specialist, copywriter, SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), content writer/marketing, hingga videographer dan graphic designer.

Semua divisi tersebut pada dasarnya sama-sama bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan produk. Mereka saling bekerja sama untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Namun, yang menjadi topik utama kali ini adalah dalam Copywriting, mencakup juga Content Writing/Marketing.

Tugas utama Copywriter adalah membuat strategi marketing yang dikemas dalam konten baik yang berbentuk teks maupun video dan diunggah melalui social media. Konten yang dibuat bersifat singkat, padat, dan persuasif.

Supaya lebih gampang, seperti contoh foto yang terlampir berikut ini;

Contoh Konten Copywriting dari Instagram @menantea.toko
Contoh Konten Copywriting dari Instagram @menantea.toko
Akan tetapi, dalam Copywriting tidak hanya sekedar menulis dan membuat konten yang bersifat menjual saja. Namun ada formula-formula tersendiri. Nah, disini akan membahas beberapa formula yang sering digunakan dan dijumpai dalam Copywriting.

1. Formula AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)

- Attention. Merupakan hal apa yang dilihat pertama kali oleh pembaca, yaitu Headline (judul). Jadi dalam membuat headline/judul hendaknya sebisa mungkin judul yang dibuat mampu mencuri perhatian calon pembeli ketika membacanya sekilas sehingga muncul rasa penasaran dan akhirnya calon pembeli mengklik dan membaca lebih lanjut konten yang dibuat.

- Interest. Setelah  perhatian pembaca berhasil didapat melalui Headline, selanjutnya buatlah calon pembeli tertarik dengan sebuah "permasalahan" yang mereka hadapi. Dengan memberikan penjelasan-penjelasan permasalahan yang relevan atau sering terjadi di kalangan calon pembeli. Sehingga mereka tetap betah membaca sampai akhir.

- Desire. Setelah calon pembeli sadar akan permasalahan yang mereka hadapi setelah membaca konten, berikan solusi dan penawaran (jelaskan produk dan benefit dari produk yang ditawarkan). Yakinkan calon pembeli bahwa produk yang kamu tawarkan adalah solusi terbaik bahkan solusi satu-satunya untuk permasalahan yang mereka hadapi.

- Action (CTA). Merupakan sebuah teknik agar calon pembeli melakukan tindakan sesuai tujuan (setelah membaca copywriting kamu) yang kita targetkan. Seperti, pembaca melakukan clicks, follow, hingga check out produk. 

Contoh Formula AIDA:

- Attention: Mau dapet duit banyak hanya bermodalkan gadget?

- Interest: Sangat bisa lhoo, apalagi buat kalian yang masih dalam usia sekolah.

- Desire: Gimana caranya? kini kalian bisa menjadi freelancer melalui platform kami.

- Action: Daftar gratis untuk memulai karir freelancer kamu. Dan berlangganan sekarang juga untuk bisa mengakses fitur-fitur premium yang tersedia.

2. Formula PAS (Problem, Agitate, Solution). Merupakan formula yang cocok untuk tulisan singkat dan ringkas tetapi tetap fokus pada poin permasalahan target pasar.

- Problem. Berisikan permasalahan yang relate dengan fakta dan dihadapi oleh calon pembeli. Seringkali permasalahan yang diangkat adalah permasalahan kecil dan sering terjadi bahkan tidak selesai-selesai. Seperti pada bidang skincare yang memang tiap produk dikhususkan untuk jenis atau tipe kulit tertentu.

- Agitate. Merupakan cara untuk menyadarkan calon pembeli lebih lanjut akan masalah yang dihadapi (membuat calon pembeli merasa khawatir dan gelisah pada permasalahannya) dan ikut berempati.

- Solution. Memberikan solusi atas permasalahan (kekhawatiran dan kegelisahan) dengan menawarkan produk serta manfaat atau benefitnya.

- Action. Jangan lupa selalu menyertakan action di setiap akhir formula supaya calon pembeli bisa bertindak (action) sewaktu-waktu. Hal ini juga akan mengarahkan calon pembeli untuk melakukan aksi sesuai apa yang kita (penjual) inginkan.

Contoh Formula PAS:

- Problem: Kalian ingin punya wajah yang awet muda dan glowing?

- Agitate: Sudah coba produk sana sini eh tapi gak cocok.

- Solution: Tenang, kini hadir produk A yang cocok untuk segala jenis kulit dan mampu menjawab permasalahanmu.

- Action: Belanja sekarang juga dan dapatkan promo hingga 20%

3. Formula BAB (Before, After, Bridge). Merupakan formula yang lebih singkat dan ringkas dibandingkan dengan AIDA dan PAS.

- Before. Memperlihatkan masalah yang seringkali dihadapi oleh calon pembeli dan permasalahannya belum terpecahkan atau belum menemukan solusinya.

- After. Mengajak (membawa) calon pembeli jika mereka bisa (seakan-akan) lepas dari permasalahan yang dihadapi dengan cara pengandaian semisal masalah yang mereka hadapi tersebut selesai dan mereka mendapatkan solusinya.

- Bridge. Menawarkan produk untuk membantu calon pembeli mewujudkan tahapan after (masalah terselesaikan dan mendapatkan solusi). Jelaskan produk yang kalian tawarkan seperti bagaikan malaikat yang menjawab jawaban permasalahan mereka selama ini.

- Action. Jangan lupa selalu menyertakan action di setiap akhir formula supaya calon pembeli bisa bertindak (action) sewaktu-waktu. Hal ini juga akan mengarahkan calon pembeli untuk melakukan aksi sesuai apa yang kita (penjual) inginkan.

Contoh Formula BAB:

- Before: Rumah dipenuhi debu, tentunya kesehatan keluarga akan terganggu.

- After: Sehingga terciptanya rumah yang nyaman dan tentram terhindar dari debu merupakan impian seluruh kalangan.

- Bridge: Kini hadir teknologi terbaru, mesin penyerap debu otomatis. Tanpa capek bersih-bersih, rumah bebas debu seketika.

- Action: Klik link di bio untuk cek selengkapnya. Tersedia diskon 15% bagi 100 pembeli pertama.

4.  Formula FAB (Features, Advantage, Benefit). Merupakan formula yang cocok digunakan dalam pemaparan benefit dan value produk yang ditawarkan.

- Features. Berisikan ciri khas (ciri utama/keunikan) produk yang ditawarkan. Atau dalam kata lain, ciri yang jarang dimiliki atau ditemui di produk lain.

- Advantage. Keuntungan apabila membeli produk yang ditawarkan (mendapatkan dan jelaskan sisi feature yang ditawarkan)

- Benefit. Jelaskan manfaat yang didapat setelah membeli produk yang ditawarkan secara ringkas dan padat.

- Action. Jangan lupa selalu menyertakan action di setiap akhir formula supaya calon pembeli bisa bertindak (action) sewaktu-waktu. Hal ini juga akan mengarahkan calon pembeli untuk melakukan aksi sesuai apa yang kita (penjual) inginkan.

Contoh Formula FAB:

- Features: Banyak orang bermimpi bisa belajar lintas negara sekaligus tour keliling dunia secara online.

- Advantage: Kini sudah terjawab. Platform kami mampu membantu mewujudkan mimpimu.

- Benefit: Bisa request kemanapun destinasimu.

- Action: Booking sekarang juga! slot terbatas.

Sekian beberapa formula yang sering digunakan dan dijumpai pada konten-konten marketing. Terlihat cukup simple tetapi nyatanya sedikit sulit jika dipraktekkan. Jadi, beberapa formula di atas sekiranya dapat dipakai dan membantu meningkatkan pemasaran kalian para pembaca.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun