Mohon tunggu...
Dwi Suparno
Dwi Suparno Mohon Tunggu... Administrasi - Pejuang Receh

Kuli pabri..Bisa ditemui di nfkaafi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Menjajal Ketangguhan dan Kenyamanan Vario 150 eSP

4 Mei 2016   15:49 Diperbarui: 4 Mei 2016   17:27 351
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Bersama Vario 150 eSP,saya beserta anak istri ikut meramaikan Peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2016 di Lapangan Beran,Kabupaten Sleman,D.I Yogyakarta (dok.pri)

Minggu1 Mei 2016,kota Piyungan Bantul yang terletak di sebelah barat Bukit Bintang,Patuk, Gunung Kidul masih diselimuti kabut tipis.Dinginnya cuaca di pagi hari yang terasa menusuk tulang tidak menghalangi saya sekeluarga untuk memulai beraktivitas.Tidak seperti hari libur biasanya,sejak selesai menunaikan sholat subuh saya sekeluarga sudah harus disibukkan dengan berbagai persiapan untuk mengikuti kegiatan apel akbar di Lapangan Beran,Sleman yang berjarak sekitar 45 km dari rumah.Yups,pada hari Minggu kemarin bertepatan dengan Peringatan Hari Buruh Internasional dan saya beserta istri diminta oleh HRD perusahaan tempat kami bekerja untuk ikut menghadirinya.

Perbekalan makanan,minuman,ponsel pintar serta kamera semuanya sudah dimasukkan dalam tas punggung. Perlengkapan keselamatan berkendara seperti helm,jaket,sarung tangan serta sepatu juga sudah siap sejak kemarin sore.Tak lupa juga,si kuda besi tunggangan baru keluarga saya yang belum genap sebulan nangkring di garasi rumah,Vario 150 eSP pun tak luput dari pengecekan.Walaupun masih dalam kondisi baru,pengecekan ringan seperti nyala lampu sein, lampu utama, lampubelakang, pengereman,kondisi ban depan belakang serta ketersediaan bahan bakar di tangki tetap saya lakukan.

tampilan-speedometer-jpg-5729a504e5afbdd707b20ae0.jpg
tampilan-speedometer-jpg-5729a504e5afbdd707b20ae0.jpg
Pengecekan kondisi lampu sein,lampu utama dan persediaan bahan bakar di panel meter Vario 150 eSP (dok.pri)

Tidak butuh waktu lama bagi saya untuk pengecekannya.Melalui tampilan panel meter Vario 150 eSP yang terlihat sporty dan futuristik ini saya dapat membaca berbagai indikator yang tersedia seperti stok bahan bakar yang ada,indikator mesin,indikator trip meter serta indikator lampu sein dan lampu utama.Hasilnya,penunjuk bar pada indikator bahan bakar masih full,artinya kapasitas tangki 5.5 L bahan bakar sekelas Pertamax sudah tersedia.Lampu sein serta lampu utama juga berfungsi dengan baik.Desain tampilan panel meter yang trendy dengan tata letak yang  cantik didominasi lekukan garis dengan sudut yang tegas membuat saya lebih mudah untuk membaca informasi indikator tersebut serta tidak cepat jenuh memandangnya.

Berbagai fitur keselamatan dan keamanan nan canggih lainnya yang menyertainya seperti fitur Parking Brake Lock, Side Stand Switch , Secure Key Shutter dan Answer Back System juga termasuk dalam pengecekan rutin. Sedangkan untuk baterainya (aki),karena sudah menggunakan aki tipe MF (maintenacefree) dengan daya 12V – 5 Ah, saya tidak perlu repot lagi harus mengecek “kesehatannya” setiap hari.Saatnya berkata: "Selamat tinggal aktivitas isi ulang air aki". Berbagai pengecekan ringan tersebut untuk memastikan kondisi motor matik saya tersebut tetap dalam kondisi prima dan siap tempur.

fitur-safety-vario-150-esp-5729a6672b7a613207ac9640.jpg
fitur-safety-vario-150-esp-5729a6672b7a613207ac9640.jpg
Berbagai fitur keselamatan dan keamanan nan canggih yang ada di Vario 150 eSP (dok.pri)

Untuk memastikan kondisi mesin dan pengereman tetap oke,saya mengajak sikecil untuk menjajal berkeliling di sekitar rumah dengan kondisi jalan yang berkonblok.Sekedar untuk memanaskan mesin saja.Segera mesin motor saya hidupkan.Walaupun mesin dalam kondisi dingin,ternyata mesin berkapasitas 150 cc ini tetap gampang dinyalakan.Lampu utama serta lampu belakang pun langsung menyala.Tidak terdengar suara hentakan sebagaimana motor bebek ketika memencet tombor starter.Dalam kondisi stasioner,suara mesin Vario 150 eSP ini begitu lembut dan halus.Mungkin inilah perpaduan aplikasi teknologi injeksi PGM-FI terbaru dari Honda serta ACG starter yang menjadi satu rangkaian dalam teknologi eSP (Enhanced Smart Power) di mesin Honda Vario 150 eSP ini.

di-depan-rumah-jpg-5729a6d2dd93735b1197a152.jpg
di-depan-rumah-jpg-5729a6d2dd93735b1197a152.jpg
Bersama si kecil menjajal jalanan berkonblok di sekliling rumah dengan Vario 150eSP Minggu Pagi 1 Mei 2016 (dok.pri)

Sorot dua sinar lampu depan Vario 150 eSP yang menggusung konsep Dual Keen Eyes Headlight yang dilengkapi dengan clear lens dan multireflektor serta di dalamnya tertanam 2 lampu LED 2,6W (low) dan 2x5,2W (high) ini siap membelah jalanan yang perlahan lahan mulai diterangi sinar matahari pagi.Menggunakan konsep desain yang menyatu antara lampu utama dan lampu sein dengan garis garis tajam dan sudut yang tegas berkonsep menyirip membuatnya terlihat gagah dan trendy. Dengan penggunaan lampu LED ini akan menghasilkan kualitas sinar sorot lampu yang terang namun tidak menyilaukan mata.Kelebihan lainnya,hemat listrik serta umur pakainya lebih lama.

Desain lampu bagian buritannya tidak kalah cantiknya dengan bagian depan.Desain stop lamp serta lampu sein yang dibuat menyatu dilengkapi dengan multireflektor terlihat lebih keren dan mewah.Sinar lampu yang dipancarkannya pun terlihat jelas dan terang namun tetap tidak mengganggu bagi pengendara dibelakang maupun disampingnya.

lampu-depan-dan-belakang-5729a78765afbde712be761f.png
lampu-depan-dan-belakang-5729a78765afbde712be761f.png
Lampu depan dan Lampu depan dan belakang Vario 150 eSP yang trendy dan keren (dok.pri)

Eh,tidak hanya desain lampu depan dan belakang saja yang menggoda lho,emblem 3D pada tulisan VARIO yang menempel pada sisi samping membuat penampilan Vario 150 eSP ini semakin elegan dan eksklusif.Apalagi ada 5 pilihan warna yang dapat kita pilih,exclusive black metallic,exclusive matte black,exclusive matte blue,exclusive matte brown dan exclusive pearl white.Kalau saya pilih warna exclusive black metalic,lebih kalem dan teduh melihatnya.

varian-warna-vario-150esp-5729aacb187b61a507403c55.jpg
varian-warna-vario-150esp-5729aacb187b61a507403c55.jpg
Varian warna eksklusif Vario 150 eSP yang dapat kita pilih (dok.welovehonda)

Keunggulan lainnya dari Vario 150 eSP ini yang saya sukai adalah tersedianya bagasi yang cukup lapang.Bagasi utama yang terletak di bawah jok bahkan memiliki volume 18 Liter,terbesar dikelasnya. Dengan volume sebesar itu,sebuah helm full face dapat dengan mudah masuk dan bersembunyi disana.Berprofesi sebagai karyawan yang banyak bertugas di lapangan,dengan volume bagasi yang besar tersebut membantu kesulitan saya ketika berada di lapangan.Berbagai peralatan kerja dapat dengan mudah saya bawa tanpa mengganggu kenyamanan berkendara. Sedangkan adanya bagasi tambahan yang volumenya lebih kecil dan terletak di bawah stang kemudi,bisa saya gunakan untuk menempatkan botol minuman ketika sedang berkendara.

bagasi-utama-jpg-5729ab5bb07a61b406f706b2.jpg
bagasi-utama-jpg-5729ab5bb07a61b406f706b2.jpg
Peralatan kerja yang dengan mudah masuk dibagasi utama (dok.pri)

cantolan-tas-belanja-jpg-5729ab20b492731805e39cff.jpg
cantolan-tas-belanja-jpg-5729ab20b492731805e39cff.jpg
Cantolan yang bisa dimanfaatkan untuk tas belanja (dok.pri)

Untuk membuka bagasi utama,caranya pun cukup mudah sekali.Hanya dengan memasukkan kunci kontak,dari posisi off putar ke ke kanan dan pilih seat.Setelah itu tekan tombol seat yang terletak disamping kanan kunci kontak,maka jok belakang akan terbuka.Peletakan tombol seat yang menjadi satu dengan kunci kontak menjadi keunggulan tersendiri bagi Vario 150 eSP ini. Praktis,simpel,efisien dan memudahkan.

Setelah semuanya siap berangkat dan tidak ada yang ketinggalan,tepat jam 06.00 WIB saya beserta anak dan istri segera bergerak menuju ke lokasi Peringatan Hari Buruh Internasional.Sebelumnya istri sudah janjian dengan rekan kerjanya untuk berangkat bersama sama dan bertemu di samping minimarket di timur pintu masuk Patung Garuda AAU Yogyakarta.Untuk menuju kesana,rute yang akan saya lalui yaitu melewati Jl.Yogya-Wonosari hingga perempatan Sampakan,belok ke kanan menuju ke arah Berbah hingga melewati pintu perlintasan kereta api dipertigaan Sanggrahan dan langsung menuju ke Sleman via jalantikus.Melewati Stadion Maguwoharjo tembus ke Jl.Kaliurang, Perumahan Merapi View,Jl.Monjali dan tembus hingga perempatan Denggung,Sleman.Rute yang saya pilih ini memang rute terpendek menuju kesana dengan kondisi jalan sebagian besar kurang bagus,banyak tikungan,bergelombang namun tidak macet.Anggap saja ini sebagai ujian ketahanan dan kenyamanan berkendara dengan Vario 150 eSP.Lulus?Saya sih yakin Vario 150 eSP ini mampu menaklukannya.

Mesin matik Vario 150 eSP segera saya hidupkan.Tekan salah satu tuas rem dan pencet starter.Tak lupa sebelumnya saya mengaktifkan fitur hemat energinya yaitu fitur IIS (Idling Stop System) yang tombolnya terletak di samping handle gas.Tinggal tekan klik kebawah,fitur ISS sudah aktif bekerja. Untuk bergerak maju,saya tidak perlu menarik tuas gas terlalu dalam dan perlahan motor melaju di jalanan berkonblok hingga 200 meter kemudian bertemu jalanan beraspal nan mulus di Jl.Yogya-Wonosari yang belum lama ini dilakukan pengaspalan ulang.

iss-jpg-5729aba0e5afbdde07b20aed.jpg
iss-jpg-5729aba0e5afbdde07b20aed.jpg
Fitur ISS yang sudah saya aktifkan,lebih hemat BBM bro (dok.pri)

Menyusuri jalan Yogya-Wonosari yang pagi itu masih dalam kondisi lenggang membuat saya leluasa menggeber skutik Vario 150 eSp ini hingga kecepatan 80-90 km/jam.Itu pun tuas handle gas belum mentok.Nafasnya benar benar panjang si Vario 150 eSP ini plus tarikannya juga enteng. Ditenagai mesin 150 cc tipe 4 langkah SOHC dengan pendingin cairan yang mampu menyemburkan tenaga hingga 9.3 kW pada 8500 RPM dengan torsi maksimum 12.8 Nm pada putaran 5000 RPM ini memiliki akselerasi yang responsif.Ditambah memiliki perbandingan kompresi pembakaran yang tinggi yaitu 10,6 : 1 membuat akselerasi Vario 150 eSP ini cukup cepat.Bergerak dari 0-200 meter hanya butuh waktu kurang dari 12 detik.Walaupun bertenaga besar,mesin skutik ini hanya butuh pelumas 0.8 liter saja untuk penggantian periodiknya.


Walaupun melaju dengan kecepatan tinggi,saya tidak khawatir dengan pengeremannya.Karena motor matik ini sudah dilengkapi rem cakram hidrolik dengan piston tunggal untuk roda depan serta rem tromol untuk roda belakang dikombinasikan dengan teknologi canggih CBS (Combi Brake System) yang membantu menyeimbangkan pengereman roda depan dan belakang secara optimal.Sistem keselamatan berkendara di Vario 150 eSP ini benar benar diutamakan.

Mendekati perempatan Sampakan,dari kejauhan terlihat lampu trafic light masih berwarna merah dengan penunjuk waktu yang diatas 30 detik.Dengan menyalakan lampu sein kanan,motor saya arahkan untuk belok kekanan kearah Berbah.Sambil menunggu lampu hijau menyala,dalam kondisi berhenti saya bisa merasakan fitur ISS ini bekerja.Setelah berhenti selama 3 detik,mesin tiba tiba mati sendiri dan lampu indikator berwarna hijau berkedip kedip di panel meter yang menandakan fitur Idling Stop sedang aktif dan sedang digunakan.Begitu lampu trafic light berwarna hijau menyala,saya pun segera menarik handle gas dan tiba tiba mesin kembali hidup.Langsung tancap gas.Kaburrrrrr....

Setelah bertemu dengan rekan istri,kami pun segera berangkat.Melewati rute jalan yang saya rencanakan tersebut diatas.Selama berkendara,faktor keseimbangan terhadap Vario 150 eSP ini beberapa kali saya buktikan.Saya yang awalnya khawatir tidak akan sanggup menahan beban skutik ini ternyata tidak mengalami kendala apapun.Kualitas jok bertekstur bintik bintik dengan dimensi yang cukup lapang serta empuk,mampu memuat saya,anak dan istri duduk dengan leluasa dan membuat berkendara semakin nyaman.Apalagi jarak yang akan saya tempuh lumayan jauh sehingga kenyamanan duduk sangat penting.Adanya tambahan pegangan belakang yang terbuat allumunium alloy dibelakang jok ini tidak mengganggu ruang duduk istri yang berperan sebagai boncenger.Justru pegangan belakang tersebut semakin membuat tampilan bagian belakang dari Vario 150 eSP lebih gagah dan menawan.

jok-jpg-5729abf0e5afbd2c08b20ae0.jpg
jok-jpg-5729abf0e5afbd2c08b20ae0.jpg
Lapangnya area jok nan empuk di Honda Vario 150 eSP menambah kenyamanan berkendara (dok.pri)

pegangan-tangan-di-jok-jpg-5729ac4bf692732a097ab0c6.jpg
pegangan-tangan-di-jok-jpg-5729ac4bf692732a097ab0c6.jpg
Pegangan tangan yang semakin membuat tampilan Honda Vario 150 eSP terlihat menawan (dok.pri)

Respon positif juga diberikan istri pada suspensi Vario 150 eSP ini.Dengan mengandalkan tipe telekospik untuk suspensi depan dan tipe lengan ayun dengan shokbreaker tunggal untuk suspensi belakang,ketika kami melibas jalanan berbatu dan bergelombang,Vario 150 eSP ini menawarkan kenyamanan yang jauh lebih baik dari ekspektasinya.Hanya terasa sedikit getaran halus pada suspensi dan sama sekali tidak menganggu kami untuk menikmati perjalanan.Anak saya pun selama perjalanan terlihat menikmati kenyamanan berkendara dengan Vario 150 eSP ini.

Ukuran dan bentuk pegangan belakang juga cukup nyaman dan bebas getaran ketika motor mulai melaju.Bagi boncenger seperti istri saya,adanya pegangan ini membantu mencegah gerakan tubuh berlebihan yang dapat mengganggu kontrol saya.Desainnya fungsional sanggup meminimalkan hal tersebut dan memberikan kenyamanan bagi saya untuk berkendara.Ditambah sasis Vario 150 eSP yang bertipe tulang punggung yang kokoh juga berperan penting untuk secara sempurna menyerap guncangan permukaan jalan bergelombang dan memberikan kenyamanan ekstra bagi pengendara maupun boncengers,meskipun saat turing jarak jauh.

Skutik yang memiliki dimensi panjang 1.921 mm,lebar 683 mm,tinggi 1.096 mm dengan jarak antar sumbu roda 1.280 mm dan berat kosong 109 Kg terlihat bongsor dan seperti berat untuk keseimbangannya.Namun kenyataanya dengan jarak jok depan yang lebih rendah membantu saya dalam menjangkau tanah ketika berhenti karena jalanan macet atau lampu merah sehingga mengendalikan motor jadi lebih mudah.Saya pun tidak mengalami kesulitan meladeni Vario 150 eSP ini terutama ketika saya harus menahan berat motor saat anak dan istri naik ke jok belakang.Saya yakin istri pun juga mampu“menaklukkan” Vario150 eSP ini walaupun memiliki postur tubuh yang lebih pendek dibanding saya.Dengan jarak terendah ke tanah 135 mm,Vario 150 eSPini juga mampu menerobos kawasan yang sedang dilanda banjir serta aman melintasi polisi tidur yang masih terdapat di berbagai tempat.

Berkendara dengan Vario 150 eSP semakin nyaman didukung dengan pemilihan ring velg dan ban yang berdampak pada kinerja mesin lebih optimal.Roda depan menggunakan ban ukuran 80/90 – 14M/C 40P sedangkan ban belakang berukuran 90/90 – 14M/C 46P yang semuanya tipe ban TL (tubeless/radial=tanpa ban dalam).Dengan compound ban tipe M (medium/sedang), menandakan bahwa Vario 150 eSp ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari hari. Dibalut dengan ring 14”,velg desain terbaru palang 10 yang terbuat dari bahan alumunium alloy berwarna hitam, tampilanVario 150 eSP ini terlihat makin sportydan elegan.

ban-vario-150-esp-5729ad0b0f93733105ec01f1.jpg
ban-vario-150-esp-5729ad0b0f93733105ec01f1.jpg
Ukuran ban depan (atas) dan ban belakang (bawah) Honda Vario 150 eSP.Ban lebih lebar menambah kenyamanan berkendara (dok.pri)

Akhirnya tepat jam 07.00 WIB saya sekeluarga tiba di lapangan Beran,Sleman setelah selama sekitar 40 menit lamanya menempuh perjalanan sepanjang 50 km.Area parkir sudah dipenuhi berbagai macam sepeda motor. Tidak ada tempat yang tersisa lagi untuk memarkirkan motor matik saya ini.Dengan terpaksa,saya memilih memarkirkannya di pinggir area lapangan tempat acara berlangsung.Saya sih awalnya khawatir juga motor baru saya tersebut akan dicuri orang.Namun dengan perlindungan keamanan maksimal yang terdapat dalam fitur Secure KeyShutter-nya,saya yakin para pencuri ranmor akan berpikir seribukali untuk menggasak motor Vario 150 eSp ini.

Begitu turun dari jok kendaraan,tidak seperti menggunakan motor bebek dimana badan terasa pegal pegal,dengan Vario 150 eSP ini kondisi kaki serta badan saya tidak terasa pegal maupun capek.Begitu pula kondisi anak dan istri,tetap ceria dan tidak ada keluhan sama sekali.Selain itu kondisi motor juga tetap prima,hanya saya perhatikan strip indikator bahan bakar di panel meter hanya berkurang 1 strip saja.Artinya Vario150 eSP dengan fitur ISS yang aktif ini cukup irit BBM juga.Bayangkan saja bila semua motor keluaran terbaru mengadopsi teknologi ISS ini,berapa penghematan yang bisa dilakukan.

Hanya ada insiden kecil yang terjadi yaitu ketika anak saya akan turun dari jok boncengan. Seharusnya turunnya disebelah kiri motor,anak saya ini turunnya malah disebelah kanan sehingga tanpa sengaja menyenggol knalpot.Beruntungnya knalpot Vario 150 eSP ini telah dilindungi cover yang terbuat dari plastik yang mampu melindungi boncenger tersengat panasnya knalpot sehingga terhindar dari luka bakar.Ramah anak banget khan !!!

Kasus tersengat knalpot ini mengingatkan saya pada kejadian yang sama pada tahun 2009 yang lalu.Ketika itu anak saya yang pertama ketika turun dari motor sewaktu pulang dari sekolah TK tanpa sengaja kaki kanannya menyentuh knalpot.Terjadilah luka bakar.Butuh waktu sebulan lebih untuk menyembuhkannya.Sampai hari ini luka bekas menyenggol knalpot tersebut masih membekas di kaki anak saya.

bekas-knalpot-jpg-5729b1bc569773e506e88809.jpg
bekas-knalpot-jpg-5729b1bc569773e506e88809.jpg
Bekas luka bakar yang terlihat membekas pada kaki anak saya yang pertama (dok.pri)

Setelah memastikan anak saya tidak mengalami luka serius karena menyenggol knalpot tadi,kami pun berjalan menemui rekan rekan kerja yang telah tiba terlebih dahulu.Beberapa saat kemudian acara peringatan Hari Buruh Internasional dimulai dengan berbagai sambutan dari para pejabat Kabupaten Sleman.Dilanjutkan dengan acara jalan sehat yang menempuh jarak sekitar 5 Km.

Ketika pulang,kami memilih melewati jalan protokol yang berbeda kondisinya dengan jalanan sewaktu kami berangkat pagi tadi.MelewatiJl.Magelang-Ring Road Utara-Condong Catur-Janti-Ring RoadTimur-Jl.Yogya-Wonosari.Aspalnya lebih mulus dan tidak bergelombang,hanya kami sering terhenti di trafic light.Walau berbody gede,Vario 150 eSp ini cukup gesit dan sanggup diajak meliuk liuk ditengah kemacetan trafic light.Selain itu berkat fitur ISS yang selalu aktif di Vario 150 eSP,hati kami lebih tenang apalagi ketika melakukan perjalanan jauh karena tidak khawatir kantong jebol hanya untuk membeli bahan bakar.Hemat lagi...

Walaupun dipersenjatai dengan fitur fitur canggih,ternyata Vario 150 eSP ini tidak rewel dalam perawatannya.Apalagi didukung dengan adanya 3.646 bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang tersebar di seluruh Indonesia,kita tidak perlu kuatir bila sedang melakukan perjalanan jauh dan skuter matik andalan ini mengalami masalah di perjalanan.

Setelah hampir 1 bulan lamanya Vario 150 eSP ini menemani aktivitas berkendara kami sekeluarga,menyesal rasanya kenapa saya tidak sejak dulu membelinya.Dalih bahwa motor matik itu boros BBM,mahal perawatannya, pengendaranya rentan mengalami kecelakaan seperti pengalaman tetangga depan rumah serta tidak ramah anak terbantahkan dengan adanya berbagai fitur keamanan,keselamatan dan hemat energi yang disematkan di Vario 150 eSP ini.

Ibarat memilih pendamping hidup,saya tidak salah memilih Vario 150 eSP ini sebagai teman intim berkendara untuk mendukung aktivitas kami sekeluarga.Kerja,belanja ataupun touring bersama sekarang semua bisa.Apalagi momen Lebaran 2016 sudah di depan mata,acara mengunjungi sanak saudara serta berlibur ke obyek wisata akan lebih seru dan menarik pastinya.Bersama Vario 150 eSP akan banyak cerita seru dan kenangan terajut di keluarga kami.

Jadi teringat dengan salah satu lagunya Andra And The Backbone,rasanya tidak salah bila kami harus mengakui bahwa Vario 150 eSP Sempurna.Bagaimana pendapat rekan rekan Kompasianer?Setuju?

vario-nangkring-di-depan-rumah-jpg-5729b562a123bd6d07813b93.jpg
vario-nangkring-di-depan-rumah-jpg-5729b562a123bd6d07813b93.jpg
Vario 150 eSP nangkring depan rumah,idola baru berkendara keluargaku (dok.pri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun