Mohon tunggu...
Neva ladiesta
Neva ladiesta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Multimedia Enthusiast

Interested in new experiences, creative, and find out the unique things that happen in this world from various interesting points of view.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Walt Disney, UX Designer Pertama?

3 Januari 2023   12:35 Diperbarui: 3 Januari 2023   13:14 667
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

karena Rumah produksi walt disney yang memproduksi film seperti The Lion king, Cinderella, atau Frozen itu dianggap memiliki UX Designer pertama dalam sejarah

Seperti dilansir dari uxmag.com by joseph dickerson yang merupakan seorang ux designer, mengatakan bahwa Walt Disney berhasil menciptakan Disney World yang imajinatif, intuitif, dan berhasil menggugah para penontonnya.

Hal itu tidak terlepas dari keberadaan tim insinyur Walt Disney yang berhasil menciptakan animasi-animasi dengan perpaduan warna dan karakter yang ciamik

ITU SELALU TENTANG PENGALAMAN

Seperti dilansir dari uxmag.com by joseph dickerson, Pada tahun 1966 Disney memperkenalkan "Proyek Florida" kepada dunia. Proyek yang menjadi Walt Disney World. 

Awalnya, Disney menggambarkan rencana untuk Komunitas Prototipe Eksperimental Masa Depan (atau EPCOT) sebagai "prototipe eksperimental, tempat di mana teknologi terbaru dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupan orang-orang." 

Sedangkan Kunci pengalaman Disney Park adalah “imersi”: semuanya dirancang hingga ke detail yang tepat.

unsplash.com
unsplash.com

DESIGN LIKE WALT

Dalam membangun taman hiburan Disney, Walt Disney dan tim, menerapkan ux design seperti :  

  • Membuat special moment 
  • Selalu “plussing” (merasa tidak puas)
  • Memberi pilihan kepada pelanggan
  • Memperbaiki hal-hal yang tidak berfungsi
  • Mengambil resiko
  • Memperkerjakan orang pintar
  • Berinovasi
  • Gunakan data untuk membuat segalanya lebih baik
  • Uji, sempurnakan, lalu uji lagi

unsplash.com
unsplash.com

10 PERINTAH MICKEY

Presiden Imagineering Marty Sklar secara resmi mendokumentasikan beberapa saran dan arahan Disney untuk timnya, prinsip tersebut berlaku di UX :

  • Kenali audiens

Jangan membuat orang bosan, membuat mereka kesal, apalagi merendahkan mereka maka kamu akan  kehilangan Audiens. Tanpa pemahaman yang mendalam tentang Audiens, Kamu tidak dapat membuat solusi yang memecahkan masalah mereka atau malah menambah masalah

  • Kenakan sepatu tamu (Berempati)

Pendekatan seolah olah kamu adalah audiens ini meningkatkan empati yang dimiliki, sehingga kamu lebih paham akan situasi yang mereka hadapi sehingga desain yang Kamu buat lebih sesuai dan bermanfaat.

  • ide untuk mengatur alur

Story telling, adalah suatu cara yang menarik perhatian tapi cobalah susun pameran dengan logika yang jelas. sangat penting dalam UX, jika kamu bisa story telling karena itu berarti kamu selain kamu bisa menjelaskan solusi desain akhir kepada pengguna, tetapi juga dalam menyusun desain Kamu terutama jika kamu mencoba menjelaskan penawaran kepada pelanggan baru.

  • Buat “weenie” : objek besar dan menarik 

Objek yang cukup besar untuk dilihat dari kejauhan dan cukup menarik untuk menarik perhatian mereka. Value yang  bagus dan menarik, akan menghasilkan tingkat pengabaian yang lebih rendah dan peningkatan kepuasan pelanggan.

  • Berkomunikasi dengan literasi visual

Skema skeumorphism (penggunaan metafora visual dunia nyata dalam pengalaman pengguna) dilakukan dengan baik membantu orang mempelajari pengalaman baru karena isyarat visual yang mengingatkan mereka pada metafora dunia nyata yang tercermin dalam desain.

  • Hindari kelebihan beban

Saat UI "didesain berlebihan" dengan terlalu banyak pilihan adalah suatu masalah karena akan membuat kesan malas, dan tidak enak dipandang

  • Ceritakan satu per satu

Jika Kamu memiliki banyak informasi, bagilah menjadi cerita yang jelas, logis, dan terorganisir; orang dapat menyerap dan menyimpan informasi dengan lebih jelas jika jalur menuju konsep berikutnya jelas dan logis.

  • Hindari kontradiksi

Identitas Produk yang jelas membantu memberi kamu keunggulan, Disney memikirkan branding bahkan sebelum kebanyakan orang tahu apa arti istilah itu. Saat mendesain, jangan melihat merek sebagai hal yang terpisah untuk diterapkan.

  • Untuk setiap ons perawatan, berikan banyak kesenangan

Bagaimana Anda merayu orang dari semua godaan lainnya? Beri orang banyak kesempatan untuk bersenang-senang. Konsep gamification dan pengalaman imersif adalah keturunan langsung dari ide-ide seperti ini.

  • Pertahankan

Jangan pernah meremehkan pentingnya kebersihan dan perawatan rutin, orang berharap mendapatkan pertunjukan yang bagus setiap saat. Selalu lakukan yang terbaik, ikuti proses Anda dan berikan kualitas.

Walt Disney bahwa dia ingin taman itu berkembang dan tumbuh seiring waktu. Ia mengatakan kuncinya adalah selalu maju, membuat yang baik menjadi lebih baik, terus memperbaiki, dan berusaha untuk membuat yang lebih baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun