Media pembelajaran sangat bervariatif dan mudah untuk diterapkan, namun Sebagian kecil pendidik yang menerapkan ketika kegiatan belajar mengajar.
Linimasa merupakan gabungan kata dari lini dan masa, kata "lini'' serapan dari Bahasa inggris yaitu line; yang berarti garis atau jalur. Sedangkan kata "masa" merupakan kata lain dari waktu atau tempo. Linimasa Sejarah Card Game merupakan jenis permainan edukasi yang bertujuan untuk mengenalkan alur atau periode sejarah dengan cara yang lebih seru dan menyenangkan melalui media kartu. Ada tiga cara memainkan permainan kartu ini, yaitu Tautan Tokoh, Memori Waktu, dan Kalayuda.
Cara bermain linimasa sejarah card game
1. Linimasa Tautan Tokoh
Untuk set-up , kocok kartu dan berikan 3 kartu kepada setiap pemain yaitu kartu tokoh dan kartu pemain yang akan dipilih warnanya oleh pemain, letakkan sisa kartu pemain di dalam box. Letakkan sisa kartu tokoh secara tertutup di area yang mudah dijangkau oleh semua pemain sebagai dek kartu tokoh, lalu sisakan tempat di sampingnya sebagai discard place. Kocok kartu peristiwa secara tertutup lalu buka satu kartu di tengah area permainan untuk membentuk linimasa, dan letakkan sisanya di membentuk dek secara tertutup di dekatnya. Syarat sudah selesai dan siap untuk bermain.
Dimulai dari pemain pertama, yaitu pemain termuda (dari kartu pemain) dan berlanjut searah jarum jam, pemain akan mengambil giliran hingga permainan selesai. Pada saat pemain pertama mendapat giliran bermain, maka pemain harus membacakan pertanyaan yang tertara pada kartu peristiwa teratas di dek kepada seluruh pemain. Setelah itu pemain mengambil kartu di dek yang tertutup dan harus menebak kartu peristiwa yang dibacakan tadi, apakah peristiwanya terjadi sebelum atau sesudah tahun yang ada di linimasa saat itu. Selesai menentukan pilihan, balik kartu peristiwa yang tertutup dan wajib membacakan tanggal beserta dengan penjelasan peristiwa pada sisi jawaban kepada semua pemain. Bertujuan agar pemain lain ikut belajar mengetahui peristiwa tersebut. Setelah itu bisa dilihat apakah tebakannya benar atau salah. Sesuai aturan standar, semakin ke kanan tahunnya semakin besar, dan semakin ke kiri maka tahunnya semakin kecil. Jika tebakan benar wajib memilih 1 dari 3 aksi berikut untuk dilakukan:
Pemain yang menang bisa menaruh salah satu kartu tokoh yang di punya, di bawah salah satu  kartu peristiwa yang ada di linimasa, jika terjadi kesamaan antara peristiwa dan tokoh yang terlibat. Jika pemain berhasil menaruh kartu tokoh, maka pemain harus membaca penjelasannya kepada semua pemain.Â
Jika kartu tokoh dan kartu peristiwa tidak terlibat, maka pemain bisa membuang kartu di discard place, dan mengambil kartu baru dari dek sebanyak kartu yang di discard. Jika dek kartu tokoh habis dapat di kocok ulang kartu di discard untuk membuat dek kartu baru.
Pemain diperbolehkan pass dan tidak melakukan apapun.
Jika tebakan pemain salah, dapat memindahkan kartu yang salah sesuai dengan urutan tanggal dan tahun peristiwa sebenarnya. Pemain harus mengambil satu kartu tokoh tambahan dari dek kartu, lalu pemain wajib meletakkan satu kartu pemain diatas kartu peristiwa yang salah ditebak dengan sisi silang menghadap ke atas. Jika pemain tidak punya kartu pemain lagi, maka pemain tersebut di eliminasi. Pemain harus selektif menebak tanggal dan tahun peristiwa tersebut, akankah sebelum atau sesudah peristiwa atau diantara dua kartu yang ada di linimasa.
Menentukan pemain yang menang dengan cara melihat pemain pertama yang berhasil meletakkan semua kartu tokoh di tangannya akan mendapat kartu juara 1. Pemain yang berhasil berikutnya berhasil mendapatkan kartu juara 2, dan seterusnya. Pemain yang mendapat kartu juara tidak dapat lagi ikut bermain, sisa pemainnya dilanjutkan bermain. Pemain berlangsung hingga dek kartu peristiwa sudah habis. Sisa pemain secara bergiliran memainkan kartu tokoh yang di milikinya ke kartu peristiwa yang bersesuaian di linimasa. Permainan akan lebih cepat jika seluruh pemain tidak tereliminasi sudah mendapatkan kartu juara atau pada saat semua pemain sudah tereliminasi.
2. Linimasa Memori Waktu
Untuk set-up kocok kartu tokoh dan letakkan secara tertutup di tengah area permainan yang membentuk grid 4x5. Lalu kocok kartu peristiwa dan letakkan membentuk dek secara terbuka di dekat grid serta letakkan 3 buah kartu peristiwa secara terbuka di samping dek untuk membentuk linimasa. Setiap pemain akan mendapat 3 kartu pemain dan permainan pun siap dimulai.
Dimulai dari pemain pertama, yaitu pemain termuda (dari kartu pemain) dan berlanjut searah jarum jam, pemain akan mengambil giliran hingga permainan selesai. Setiap pemain dapat memilih 2 opsi untuk bermain: (1) mengintip satu kartu tokoh yang ada di grid, lalu dikembalikan pada tempatnya secara tertutup. (2) meng klaim kartu tokoh yang cocok dengan salah satu kartu yang ada di linimasa atau yang ada di atas dek. Pemain dapat melakukan dua opsi tersebut sesuai dengan urutan yang diinginkan, bahkan dapat menggunakan opsi yang sama dua kali.
Jika pemain berhasil meng klaim satu kartu yang bersesuaian dengan kartu peristiwa di dek atau di linimasa, pemain berhak mengambil kartu peristiwa yang bersesuaian dan diletakkan di depan pemain sebagai point. Setelah itu kartu tokoh dibiarkan terbuka dan letakkan satu kartu pemain di atas kartu tokoh yang dibuka tadi dengan posisi gambar Garuda menghadap ke atas. Jika linimasa memiliki kurang dari 3 kartu, segera replace dengan kartu baru dari dek secara terbuka.
Jika klaim pemain salah ketika kartu tokoh di balik dan tidak ada yang sesuai dengan kartu peristiwa manapun, segera kembalikan kartu tokoh tersebut ke dalam box. Jika nanti kartu peristiwa yang sesuai dengan kartu tokoh yang sudah di masukkan ke dalam box dari dek, silakan masukkan kartu peristiwa tersebut ke dalam box juga.
Menentukan pemenang dengan cara melihat pemain pertama manakah yang berhasil meletakkan ketiga kartu pemain miliknya akan mendapatkan kartu juara 1, yang berhasil berikutnya mendapatkan kartu juara 2 dan seterusnya. Pemain yang sudah mendapatkan kartu juara tidak dapat mengikuti permainan lagi, tetapi di permainan memori waktu ini tidak ada yang tereleminasi. Permainan akan selesai saat satu pemain yang tidak mendapatkan kartu juara.
3. Linimasa Kalayuda
Untuk set-up hanya memakai kartu peristiwa, kocok kartu tersebut secara tertutup membentuk satu dek dan siap bermain. Tergantung jumlah pemain, permainan akan berlangsung beberapa ronde yaitu : (1) Main berdua, mendapat 3 ronde dan setiap ronde ada 5 putaran. (2) Main bertiga, mendapat 4 ronde dan setiap ronde ada 3 putaran. (3) Main berempat, mendapat 4 ronde dan setiap ronde ada 2 putaran.
Di awal setiap putaran, dua kartu akan diberikan kepada setiap pemain dengan posisi tertutup dan di saat yang bersamaan pemain akan memilih satu kartu untuk disimpan dan yang tidak dipilih akan diberikan kepada lawan di sebelah kirinya. Jadi pemain akan menerima kartu baru dari pemain di sebelah kanan. Selanjutnya masih dalam posisi kartu tertutup, pemain harus mengurutkan kartu di depannya. Semakin ke kiri menunjukkan bahwa peristiwa terjadi lebih dahulu, dan itulah akhir dari putaran pertama.
Putaran kedua ditandai dengan membagikan 2 kartu baru kepada setiap pemain. Hal yang sama dengan putaran pertama dengan memberikan kartu yang tidak pilih ke pemain di sebelah kiri dan seterusnya. Semakin lama kartu akan semakin banyak, maka dari itu pemain harus selektif untuk meletakkan kartu sesuai dengan urutan tahun terjadi. Sekali menempatkan, posisi kartu tidak dapat di tukar kembali, dan kartu akan tetap tertutup hingga akhir ronde.
Ronde akan berakhir seperti pada peraturan di awal, setelah itu pemain membalikkan kartu tersebut tanpa mengubah urutannya dan melihat apakah pemain berhasil mengurutkan peristiwa sejarahnya. Untuk perhitungan skor dengan cara melihat antar setiap kartu, jika urutannya benar maka pemain akan mendapatkan 2 point, dan jika pemain salah maka mendapatkan 0 point. Setelah perhitungan skor antar kartu, maka point dapat dijumlah hingga menghasilkan skor akhir per ronde untuk pemain. Lakukan perhitungan skor yang sama sampai pada akhir ronde yang sudah ditentukan di awal dan dapat di total skornya. Pemain dengan skor tertinggi ialah pemenangnya dan akan mendapat kartu juara.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H