Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan secara berkelompok di Desa Socah, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Kegiatan ini mengambil tema “Kebangkitan Sosial dan Ekonomi”.
Oleh karena itu, seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa harus tetap berhubungan dan sesuai dengan tema yang telah ditetapkan oleh kampus dan pihak panitia LPPM UTM dengan beberapa arahan dan bimbingan yang diberikan oleh dosen pembimbing lapangan masing-masing. Berdasarkan hal tersebut, saya mengambil beberapa kegiatan yang cukup sederhana, namun saya rasa bisa memberikan dampak yang cukup baik bagi lingkungan masyarakat sekitar. Adapun kegiatan tersebut yakni :
Pemanfaatan praktek sosial media sebagai wadah pemasaran online terhadap UMKM kerupuk teripang di Desa Socah.
Teripang merupakan salah satu hasil laut yang berhasil dimanfaatkan sebagai hasil olahan camilan masyarakat Socah. Hasil olahan tersebut dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat salah satunya pemilik UMKM kerupuk teripang di desa Socah. Program kerja ini merupakan hal yang positif untuk memanfaatkan sosial media dalam proses distribusi para pelaku UMKM.
Program kerja ini dilaksanakan dengan cara melakukan sosialisasi bersama pelaku UMKM di desa Socah. Dengan dilakukannya langkah atau hal positif tersebut dapat menambah wawasan pengetahuan masyarakat terhadap proses penjualan kerupuk teripang supaya dapat meluas dan dikenal masyarakat banyak bukan hanya di Socah saja melainkan di semua wilayah yang ada di Indonesia.
Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat Desa Socah, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, terutama para pelaku UMKM kerupuk teripang tersebut.
Tahap selanjutnya melakukan wawancara kepada pemilik UMKM dimulai dari awal produksi kerupuk sampai menjadi hasil olahan yang siap tersaji. Mereka telah melakukan usaha tersebut sudah bertahun-tahun dengan memaksimalkan tenaga, waktu dan materi yang ada.
Tahap kegiatan selanjutnya adalah edukasi tentang pemanfaatan praktek sosial media sebagai wadah pemasaran online terhadap UMKM Kerupuk Teripang di Desa Socah, tahap tersebut untuk memberikan pemahaman dan wawasan mengenai pentingnya perkembangan dan pemanfaatan sosial media dalam membantu wirausaha dan pelaku UMKM khususnya di desa Socah.
Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mengenalkan aplikasi penjualan online seperti Shopee agar dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya sehingga penjualan dapat berkembang luas dan produknya dapat diketahui banyak masyarakat dan bisa berkembang di Indonesia.
Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para pelaku UMKM dapat memaksimalkan teknologi yang ada sehingga menjadikan usahanya sukses dan dapat berkembang luas.
Waktu pelaksanaan penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan sosial media sebagai wadah pemasaran untuk produk UMKM kerupuk teripang yaitu pada hari Minggu tanggal 29 Mei 2022 yang bertempat di rumah Ibu Mutmainnah salah satu pelaku UMKM kerupuk teripang di desa Socah. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB
Bahan yang digunakan adalah teripang putih dan hitam. Sedangkan alat yang digunakan adalah plastik untuk mengemas kerupuk teripang putih dan hitam. Media yang digunakan untuk kegiatan tersebut adalah kertas panduan materi dalam pemanfaatan praktek sosial media, kamera handphone, meja dan kursi.
Pemateri pada kegiatan tersebut adalah Nensy Dwi Saputri mahasiswa program studi Ekonomi Syariah yang kebetulan kegiatan program kerja sesuai dengan program studi yang ditempuh dan dibantu oleh teman-teman KKN kelompok 117
Hambatan atau kendala yang dihadapi pada pelaku UMKM adalah kurangnya pemanfaatan teknologi pada masyarakat desa Socah atau dikenal juga masyarakat yang gaptek sehingga produk hanya dijual ditempat yang terbatas dan tidak banyak orang yang tertarik dengan produk tersebut.
Penyelesaian hambatan yang dihadapi adalah dengan memanfaatkan media teknologi, para pelaku UMKM harus melek teknologi agar pemasaran dapat berjalan dengan baik
Pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik sesuai dengan target rencana awal kegiatan. Para peserta telah mendapatkan ilmu tentang praktek pemanfaatan sosial media bagi pemasaran UMKM kerupuk teripang dan dipraktikkan secara langsung dalam kegiatan tersebut.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan ilmu atau wawasan mengenai pemanfaatan sosial media dalam proses pemasaran produk UMKM di Desa socah dan untuk mengembangkan potensi hasil laut di Desa Socah agar dapat menunjang perekonomian masyarakat di Desa Socah.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI