Seiring dengan berakhirnya Covid-19 masyarakat pun mulai kembali berinteraksi secara fisik. Tren belanja offline juga kembali meningkat sebagaimana kebiasaan banyak masyarakat.
Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO) 2022 menyebutkan sebanyak 60 persen masyarakat sudah mulai berbelanja secara offline. Baik itu ke pasar modern maupun tradisional.
Sisanya yang 25 persen memilih untuk tetap berbelanja secara online, dan 15 persen lagi memilih berbelanja secara hybrid. Dari data ini menunjukkan tren berbelanja mulai meningkat. Belanja masyarakat sudah mulai tumbuh.
Sebenarnya sih, masyarakat tidak terlalu mempersoalkan apakah belanja secara online atau offline. Terpenting, tempat yang dikunjungi nyaman, aman, dan menyenangkan. Produk yang dibeli juga terjamin kualitasnya. Tentu saja produk tersebut menguntungkan bagi pembeli.
Inilah yang menjadi pertimbangan PT Star Maju Sentosa membuka Rambla Super Department Store di Mall Kelapa Gading 1, Jakarta Timur. Secara resmi pusat perbelanjaan seluas 10.000 m2 ini dibuka pada Rabu 31 Mei 2023.
Herman Nagaria, Direktur Utama PT Star Maju Sentosa, menyadari membangun department store tidaklah mudah. Begitu banyak tantangan dan perubahan yang harus dihadapi. Terutama setelah pandemi Covid-19.
Meningkatnya aktivitas belanja online membuat para pemilik department store perlu memikirkan langkah baru agar bisa tetap bertahan di tahun 2023 ini. Begitu Herman memberikan pandangan.
Mengapa begitu "berani" membuka departement store di saat dunia bisnis sedang tidak baik-baik saja? Apakah tidak terlalu beresiko? Padahal sebelumnya juga telah membuka STAR Department Store di Summarecon Mall Kelapa Gading, Summarecon Mall Serpong, dan Summarecon Mall Bekasi.
Modal keberaniannya jelas terletak pada pengalaman cukup panjang dalam mengelola tiga department store sebelumnya. Bekal pengalaman ini mendorong perusahaan berani untuk menghadirkan konsep berbelanja yang unik di Rambla Super Department Store.
Harus diakui industri department store tidak mudah begitu saja runtuh. Setelah pandemi berakhir, orang-orang tetap akan kembali datang berkunjung. Tahun ini menjadi pembuktian untuk bisa tumbuh jauh lebih kuat dibanding tahun-tahun sebelumnya.
"Kami menghadirkan pengalaman berbelanja yang nyaman dan aman bagi masyarakat, apapun metode belanja yang dipilih," kata Herman Nagaria, Direktur Utama PT Star Maju Sentosa, saat peresmian.
Herman mengatakan setidaknya ada tiga hal mendasar yang membedakan Rambla Super Department Store dengan pusat perbelanjaan lainnya.
Pertama, hadir dengan range produk yang luas. Konsumen tidak hanya dapat berbelanja aneka pakaian wanita, pria dan anak tetapi juga beragam pilihan produk makanan dan minuman, serta kebutuhan rumah tangga sehari-hari dalam kategori groceries.
Keragaman produk inilah yang menjadi hal yang disukai konsumen, terutama kaum perempuan. Tidak perlu repot-repot belanja di tempat lain jika di tempat ini juga tersedia. Terlebih jika mengajak anak-anak. Jadi irit waktu dan tenaga. Keragaman ini sejalan dengan makna yang terkandung dalam kata Rambla yang berarti "jalan yang luas".
Di sini, tersedia juga area kategori eksklusif dalam naungan brand. Ada Rambla Coffee Corner bagi para penggemar kopi. Di sini, tersedia produk biji kopi dari 46 varian single origin kopi Nusantara. Ada juga kategori confectionery seperti Rambla Candy Treats yang menyediakan aneka produk permen hingga cokelat premium.
Rambla juga mempunyai sub-brand Bunny&Klin yang menjual produk koleksi unik dari aksesoris fashion, mainan hingga pernak-pernik home & living yang hanya ada di Rambla.
Kedua, Â menawarkan fleksibilitas cara belanja. Konsumen tidak perlu bingung memilih antara belanja online maupun offline. Konsumen bisa datang ke toko untuk melihat produk terlebih dahulu, dan bisa memesannya secara online, melalui Rambla Application Store jika khawatir akan kehabisan produk yang diminati.
Ketiga, ada jaminan kepuasan bagi para member setia. Ini menjadi aspek penting buat Rambla. Melalui fitur jaminan kepuasan, konsumen diberi keleluasaan untuk pengembalian, penukaran barang yang telah dibeli.
"Termasuk juga pengembalian uang, bila mereka merasa ada ketidaksesuaian dengan barang yang telah dibeli," ujarnya.
Menurutnya, jaminan kepuasaan ini salah satu karakteristik yang dicari pelanggan. Mendapatkan pengalaman belanja yang membuat mereka merasa spesial. Cara ini dinilai sangat ampuh untuk melahirkan pelanggan yang loyal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H