Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

"Mulutmu, Harimaumu", Ketika Elit Politik Tak Bisa Menjaga Lisan

11 September 2020   12:40 Diperbarui: 11 September 2020   15:50 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Ada apa dengan paha mulus? Kok jadi "pergunjingan" di ranah politik? Saya jadi penasaran. Saya tulis di FB saya "ada apa dengan paha mulus?" eh kawan saya malah balik bertanya, "Soal paha ayam ya?" 

Setelah saya cari-cari informasi (karena saking penasarannya), ternyata mengenai cuitan yang dibuat dibuat oleh elite Partai Demokrat Cipta Panca Laksana.

"Paha calon wakil walikota Tangsel itu mulus banget," demikian cuitan Panca pada akun Twitter-nya, @panca66, seperti dilihat detikcom, Sabtu (5/9).

Saya yang membaca cuitan itu lantas membayangkan paha mulus seorang calon wakil Walikota Tangerang Selatan. Pasti dia seorang perempuan, meski cuitan itu tidak menyebutkan nama. Seorang perempuan yang memakai rok lantas terlihat pahanya yang mulus.

Dalam benak saya paha mulus identik melekat pada sosok perempuan. Tidak mungkin juga kan seorang lelaki normal menulis cuitan seperti itu untuk paha seorang lelaki? 

Apa kata dunia seorang lelaki ("terpandang") mengomentari paha seorang laki-laki lain? Lha menulis cuitan seperti itu saja dunia perpolitikan seketika menjadi gaduh. 

Meski dia tidak menuliskan nama, sudah bisa dipastikan maksud cuitan itu menyasar paha seorang perempuan. Terlebih setelah ditelusuri calon wakil Walikota Tangsel itu seorang perempuan bernama Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Nama yang sangat perempuan. 

Ya memang kandidat bakal calon Wakil Wali Kota Tangsel semuanya adalah lelaki, kecuali Rahayu. Tapi tidak masuk akal juga kan kalau cuitan itu diarahkan kepada lelaki?

Apa ada makna lain dari kalimat itu? Apakah kata paha mulus bermakna ganda? Apalagi kata itu disandingkan dengan "calon wakil walikota". Jadi, menurut saya sebagai orang awam, jelas untuk menggambarkan kondisi paha mulus seorang perempuan yang tak lain calon wakil Walikota Tangsel.

Bagaimana dia bisa tahu paha calon Wakil Walikota Tangsel mulus? Apakah dia melihat secara langsung saat perempuan itu mendaftarkan diri ke KPU setempat? Atau jangan-jangan dia melihat di lain kesempatan, ketika mungkin saja tengah berolahraga? Atau ia melihat dalam khayalannya saja?

Saya yang seorang perempuan saja membayangkannya seperti itu. Bagaimana dengan yang lain? Bisa jadi seperti yang saya bayangkan. Jadi, ciutannya itu menurut saya sudah mengarah pada "perbuatan asusila", "perbuatan cabul", perilaku tak senonoh, pelecehan seksual. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun