Pendidikan dan Pengembangan Human Capital
Naurah Inayah
Fakultas Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Surabaya
Email : naurahinayah3@gmail.com
Abstrak
Pendidikan merupakan alat untuk mengembangkan ekonomi dan bukan sekedar menumbuhkan ekonomi. Secara makro, faktor-faktor masukan pembangunan, seperti Sumber daya alam, material dan finansial tidak akan memberi manfaat secara optimal untuk perbaikan kesejahteraan rakyat bila tidak didukung oleh memadainya ketersediaan faktor SDM, baik secara kualitas maupun kuantitas. Pelajaran yang dapat dipetik  dari berbagai negara maju adalah, bahwa kemajuan yang dicapai oleh bangsabangsa di negara-negara tersebut didukung oleh SDM yang berkualitas .Tujuan dari penulisan artikel ini agar kita semua senantiasa dapat memahami pentingnya pendidikan dan pengembangan human capital karena pendidikan dan pengembangan human capital sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan. pendidikan yang berkualitas atau bermutu sangat diperlukan sebagai upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas  sumber daya manusia yang baik akan mentukan kemajuan suatu perusahaan dan sumber daya manusia yang berkualitas sangat diperlukan untuk dapat bersaing dengan sumber daya manusia lain dari berbagai bangsa.
Kata kunci : Pendidikan, Pengembangan, Human Capital
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan.Kualiatas SDM lembaga pendidikan berfungsi membina dan menyiapkan peserta didik yang berilmu, berteknologi, berketerampilan tinggi dan sekaligus beriman dan beramal saleh sistem pendidikan haruslah senantiasa mengorientasikan diri untuk menjawab kebutuhan dan tantangan yang muncul dalam masyarakat sebagai konsekuwensi logis dari perubahan .
Peningkatan pendidikan yang berkualitas atau bermutu sangat diperlukan sebagai upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, dalam arti menguasai ilmu pengetahuan, mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup, dan menguasai teknologi. Di era globalisasi yang penuh dengan kompetisi ini, sumber daya manusia yang berkualitas sangat diperlukan untuk dapat bersaing dengan sumber daya manusia lain dari berbagai bangsa.
Secara umum pendidikan sebagai human capital terbukti bahwa semakin berpendidikan seseorang maka tingkat pendapatannya semakin baik. Hal ini dimungkinkan karena orang yang berpendidikan lebih produktif  bila dibandingkan dengan yang tidak berpendidikan. Produktivitas seseorang tersebut dikarenakan memiliki keterampilan teknis yang diperoleh dari pendidikan. Oleh karena itu salah satu tujuan yang harus dicapai oleh pendidikan adalah mengembangkan keterampilan hidup. Inilah sebenarnya arah kurikulum berbasis kompetensi atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), pendidikan lifeskill dan broad based education yang dikembangkan di negara kita Indonesia.
PEMBAHASAN
A. Human Capital Yang Berkualitas
Human adalah Manusia, dan Capital adalah Modal. Jadi dapat dirangkaikan Human Capital adalah bagaimana menjadikan manusia sebagai modal atau asset yang tak berwujud karena sebagian besar organisasi bergantung pada kemampuan manusia untuk berinovasi, membangun brand dan merespon pasar yang berubah-ubah sehingga mampu berkembang.
Human capital adalah pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan seseorang yang dapat digunakan untuk menghasilkan layanan profesional dalam hal ini yaitu pada bidang pendidikan.
Menurut Ndraha (1997:12) mengatakan bahwa pengertian kualitas sumber daya manusia, yaitu: Sumber Daya Manusia yang berkualitas adalah sumber daya manusia yang mampu menciptakan bukan saja nilai komparatif, tetapi juga nilai kompetitif, generative, inovatif dengan menggunakan energi tertinggi sepertiintelligence.
Untuk membangun bangsa yang maju, sejahtera, beradab dan bermartabat, Sumber Daya Manusia adalah modal krusial wajib diperhatikan. Kualitas Sumber Daya Manusia sebagai produk pendidikan menjadi penentu utama apakah sebuah bangsa menjadi bangsa yang besar dan mampu mensejahterakan rakyat atau sebaliknya.
B. Pengertian, Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengembangan