Mohon tunggu...
Natasya Diva Naomi
Natasya Diva Naomi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dinamika Kebijakan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19

22 Mei 2022   23:43 Diperbarui: 23 Mei 2022   00:25 312
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ABSTRAK

Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui bagaimana dinamika kebijakan pembelajaran online di era pandemi Covid-19. Penyebaran pandemi Covid-19 yang semakin meluas menjadi salah satu faktor penghambat dalam dunia pendidikan. 

Kebijakan pemerintah menerapkan pola pembelajaran jarak jauh (PJJ) yaitu semua kegiatan belajar mengajar harus dilakukan di rumah, pembelajaran online untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan metode kepustakaan yaitu penelusuran dokumen, laporan seperti; buku, jurnal, prosiding, artikel, laporan kegiatan, berita media dan sumber tertulis lainnya. Kegiatan pembelajaran online tidak lepas dari permasalahan seperti; fasilitas terbatas, perubahan budaya, dukungan keluarga, tidak semua siswa memiliki laptop, handphone. 

Aplikasi yang sering digunakan dalam pembelajaran online seperti; zoom, google classroom, Ruangguru dan grup whatsapp. Kesimpulan para peneliti; dinamika kebijakan pembelajaran online di era pandemi Covid-19 dapat terlaksana dengan baik, sesuai dengan kreativitas, dosen, guru dalam memberikan materi dan soal latihan. 

Kelemahan pembelajaran online seperti faktor jaringan internet yang tidak merata, tidak semua mahir menggunakan aplikasi teknologi, kurangnya pemahaman budaya komunikasi media digital, keterbatasan biaya (kuota internet).

Keywords: online learning, pandemi, Covid-19, digital media

PENDAHULUAN

Pembelajaran yang dilakukan melalui interaksi guru dengan siswa dalam ruangan pembelajaran di kelas. Pembelajaran ini salah satu pendampingan yang dilakukan oleh pendidik untuk mentransmisikan ilmu kepada peserta didiknya atau siswa. 

Oleh sebab itu, secara sederhana pembelajaran dapat dimaknai sebagai suatu proses pencerahan, pengarahan, memotivasi yang dilakukan oleh pendidik untuk membantu siswa atau mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran mampu memahami bahan konsep pembelajaran daring yang diberikan (Mansyur, 2020). 

Dinamika kebijakan pendidikan dimasa pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan serta keselamatan peserta didik dan pendidiknya, tenaga kependidikan,keluarga, maupun masyarakat secara umum, dengan mempertimbangkan seluruh tumbuh kembang peserta didik, baik secara kondisi psikososialnya dalam upaya pemenuhan pelayanan pendidikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun