Mohon tunggu...
Nata Lius Nata
Nata Lius Nata Mohon Tunggu... Guru - Guru Diperbatasan Malaysia Provinsi Kalimantan Barat Kabupaten Sintang

Guru Diperbatasan Malaysia Provinsi Kalimantan Barat Kabupaten Sintang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Soal-soal Tes PPPK Guru Terbaru dan Pasti Keluar

24 Oktober 2023   11:58 Diperbarui: 24 Oktober 2023   12:32 588
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menjadi seorang ASN didambakan oleh oleh kebanyakan orang dinegeri ini. Tapi untuk bisa menjadi ASN perlu perjuangan mulai dari seleksi administrasi sampai pada seleksi ujian yang berupa mengerjakan soal. Hal serupa juga akan dialami oleh anda yang akan menjadi ASN Guru PPPK. Berikut ini saya akan bagikan soal soal tes PPPK Guru yang paling sering keluar. Soal soal tes ini adalah bocoran resmi dari panitia seleksi ASN PPPK guru. Untuk jawaban silahkan dicari sendiri ya. Karena soal soalnya bukan untuk para peserta calon ASN PPPK Guru yang santai santai dalam belajar tapi harus berusaha sambal belajar dan berdoa. Semoga sukses dan lulus menjadi ASN PPPK guru.

1. Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan tentang dampak pergaulan bebas terhadap prestasi melalui metode diskusi. Dalam hal ini, langkah awal yang dilakukan dalam pembelajaran adalah  . . .

A. Membagi kelas menjadi beberapa kelompok

B. Meminta peserta didik mengidentifikasi masalah

C. Mencari contoh-contoh pelanggaran lalu lintas

D. Melakukan investigasi ke lapangan secara berkelompok

E.  Menyimpulkan hasil investigasi yang sudah dilakukan


2. Guru menayangkan video “Perkelahian siswa dikantin”, yang dilanjutkan dengan kegiatan stimulasi. Untuk meningkatkan pengetahuan dan rasa keingintahuan peserta didik, guru memfasilitasinya dengan kegiatan  . . .

A. Menanya
B. Mengamati
C. Mengasosiasi
D. Mengumpulkan

E. Menjawab

3. Gaya atau strategi yang dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar disebut…

A. Model pembelajaran
B. Metode pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Pendekatan pembelajaran

E. Teori pembelajaran


4. Di dalam penyusunan kurikulum, sekolah dapat melaksanakan program   pendidikannya sesuai dengan . . .

A. Waktu pembelajaran yang efektif

B. Target ketuntasan belajar peserta didik

C. Contoh KTSP dari sekolah lain yang ditiru

D. Pembuatan silabus dan system penilaiannya

E. Karakteristik, potensi dan kompetensi peserta didik

5. Seorang guru harus menghindari proses pembelajaran yang hanya bersifat teacher center karena pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan . . .

A.Guru Menjadi Kreatif

B.Pembelajaran Bermakna

C.Siswa Kurang Dapat Bekerja Sama

D.Guru menjadi tidak disukai siswa

E.Motivasi Belajar Anak Meningkat


6. Salah satu upaya mengatasi masalah moral siswa adalah dengan mengembangkan model ataupun strategi pembelajaran moral berpijak pada . . .

A.karakteristik siswa dan budayanya

B. perilaku siswa

C. lingkungan

D. Keanekaragaman budaya

E. Spritual

7. Data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar disebut…

A. Alat belajar
B. Sumber belajar
C. Media belajar

D. Teknik belajar

E.Teknologi pembalajaran


8. Penggunaan Gambar, foto, majalah dinding, LCD, dan film sering kali digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Hal ini merupakan  merupakan contoh dari . . .

A. Alat belajar . . .
B. Alat bantu belajar
C. Media pembelajaran
D. Teknologi pembalajaran

E.Sumber belajar

9. Penelitian tindakan kelas harus berangkat dari pemikiran dan kesadaran kritis guru terhadap persoalan tentang masalah . . .

A. Proses pembelajaran yang sesuai RPP
B. Motivasi belajar peserta didik yang rendah
C. Rancangan pembelajaran yang berubah-ubah
D. Tujuan pembelajaran yang sering tidak tercapai

E.Tingkat pemahaman siswa terlalu menengah


10. Dasar pertimbangan guru dalam mengkaitkan kecukupan dan kesesuaian materi pelajaran dengan KD dan SKL dari aspek peserta didik adalah . . .

A. Karakteristik peserta didik, perkembangan dan kebutuhan peserta didik, peningkatan   keterampilan sosial dan akademik dalam pencapaian KD dan SKL

B. Karakteristik peserta didik, perkembangan dan kebutuhan peserta didik, peningkatan keterampilan pribadi dan keterampilan berpikir dalam pencapaian KD dan SKL

C. Karakteristik peserta didik, perkembangan dan kebutuhan peserta didik, mengutamakan peningkatan keterampilan keterampilan akademik dalam pencapaian KD dan SKL

D. Karakteristik peserta didik, perkembangan dan kebutuhan peserta didik, serta keseimbangan sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam pencapaian KD dan SKL

E. Karakteristik peserta didik, perkembangan dan kebutuhan peserta didik, peningkatan   keterampilan sosial dan akademik dalam pencapaian KI dan IPK

11. Berikut pernyataan dalam kegiatan mengamati :
(1). Menentukan secara jelas data-data apa yang perlu diobservasi, baik primer maupun sekunder
(2). Menentukan objek apa yang akan diobservasi
(3). Membuat pedoman observasi sesuai dengan lingkup objek yang akan   diobservasi
(4). Menentukan di mana tempat objek yang akan diobservasi
Kegiatan mengamati dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah dilakukan menempuh urutan langkah-langkah :

A. (1), (2), (3), dan (4).

B. (1), (3), (2), dan (4).

C. (2), (1), (3), dan (4).

D. (2), (3), (1), dan (4).

E. (3), (1), (2), dan (4).

12. Dalam pembelajaran peserta didik dapat memahami materi yang sedang dipelajari melalui ciri-ciri, kelebihan dan kelemahan, serta kemungkinan yang dapat ditimbulkan, maka peserta didik tersebut mempunyai kemampuan untuk  . . .

A. Analisis
B. Evaluasi
C. Sintesis
D. Abstraksi

E. Mempresentasikan

13. Sesuai dengan Permendikbud nomor 104 tahun 2014 tentang Standar Penilaian Pendidikan menyatakan bahwa penilaian kompetensi pengetahuan dengan menggunakan   . . .

A. Penilaian diri, penilaian teman sejawat, dan jurnal
B. Penilaian performence dan penilaian tes tertulis
C. Instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat,benar-salah,menjodohkan, dan  uraian
D. Instrumen tes uraian dengan tingkat kedalaman dan keluasan sesuai perkembangan usia peserta didik

E. Instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, dan  uraian


14. Persiapan sebelum melakukan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan oleh seorang guru adalah  . . .

A. Menyusun instrumen penilaian
B. Merancang rencana pelaksanaan pembelajaran
C. Menentukan metode yang tepat dalam pembelajaran
D. Menyiapkan sumber dan media pembelajaran yang memadai

E. Mengelola ruang kelas supaya siap dalam pembelajaran

15. Salah satu kriteria dalam menentukan pilihan terhadap pendekatan, strategi dan metode yang akan digunakan, yang paling benar adalah…

A. Alat dan sumber belajar yang dikuasai pembelajar.
B. Waktu dan tempat belajar yang tersedia di sekolah.
C. Kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran.
D. Karakteristik pembelajar dari mata pembelajaran yang akan dibelajarkan.

E, Teknik dan gata belajar yang disukai peserta didik

16. Salah satu pernyataan yang paling benar alasan PAKEM diterapkan di Indonesia di bawah ini adalah . . .

A. Peserta didik dan guru sama-sama berdiskusi kusir.
B. Peserta didik dan guru sama-sama berargumentasi.
C. Memungkinkan peserta didik mengkaji materi melalui studi kasus.
D. Peserta didik dan guru sama-sama aktif terlibat dalam pembelajaran.

E, Peserta didik dan guru sama menentukan model dalam pembelajaran

17. Dalam model pembelajaran Problem Based Learning, kasus-kasus yang disajikan untuk dianalisis peserta didik merupakan kasus-kasus yang aktual dan sesuai fakta. Pembelajaran yang cenderung menyajikan materi dengan berorientasi kenyataan di lingkungan sekitar adalah . . .

A. Discovery Learning
B. Cooperative Learning
C. Project Based Learning
D. Contextual Teaching Learning

E, Jigsaw

18. Dalam model pembelajaran kooperatif tipe think paire and share, langkah pembelajaran menalar dapat dilakukan dengan  . . .

A. Guru menayangkan video pelanggaran berlalu lintas dan video kecelakaan berlalu lintas dan peserta didik diminta untuk mencermati baik-baik

B. Setiap kelompok belajar kecil menyajikan hasil kerjanya di depan kelas, mulai dari perumusan pertanyaan  hingga perumusan jawabannya

C. Peserta didik secara berpasangan diminta untuk merumuskan jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik

D. Secara pasangan peserta didik diminta untuk membuat pertanyaan dari hasil tayangan video

E. Peserta didik saling membuat pertanyaan yang kemudian akan diacak oleh guru untuk dijawab oleh siswa lain

19. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Partisipasi dalam asosiasi
2. Dialog mendalam dan berpikir kritis
3. Pengabdian kepada masyarakat
4. Kajian karakter ketokohan

5. Membuat karya seni
Dari pernyataan diatas, yang termasuk model pembelajaran yang didasarkan pada ranah sikap ditunjukkan nomor  . . .

A. 1 dan 5

B. 1 dan 4

C. 2 dan 3

D. 3 dan 4

E. 2 dan 5

20. Komponen RPP yang memperlihatkan aktivitas pembelajaran yang mendidik dalam sebuah kelas adalah . . .

A. Penilaian proses dan hasil belajar

B. Materi ajar dan penggunaan media pembelajaran

C. Indikator kompetensi dan tujuan pembelajaran

D. Metode pembelajaran dan kegiatan pembelajaran

E. Kegiatan awal dan kegiatan inti

21. Dalam menyusun RPP mempertimbangkan relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; alat dan sumber bahan; serta alokasi waktu. Pertimbangan ini adalah untuk . . .

A. Penetapan materi

B. Pemilihan media

C. Penentuan metode

D. Perencanaan evaluasi

E. Penetapan teknik penilaian

22. Penilaian dengan melibatkan partisipasi peserta didik, khususnya dalam proses dan aspek-aspek yang akan dinilai, dengan meminta para peserta didik menyebutkan unsur-unsur proyek/tugas dan menentukan kriteria penyelesaiannya, serta memberikan umpan balik terhadap kinerja peserta didik baik dalam bentuk laporan naratif maupun laporan kelas. Kegiatan penilaian tersebut dapat di golongkan menjadi . . .

A. Penilaian kinerja

B. Penilaian produk

C. Penilaian tertulis

D. Penilaian portofolio

E. Penilaian diri

23. Proses pembelajaran di kelas dalam mewujudkan ketercapaian kompetensi dasar hendaknya dilakukan berpedoman pada ….

A. KD
B. RPP
C. Indikator
D. IPK

E. SKL

24. Langkah guru dalam mengolah hasil penilaian tes belajar untuk soal pilihan ganda antara lain . . .

A. membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda

B. menklasifikasi jawaban semua siswa terhadap setiap soal

C. mencari berapa rata-rata nilai kelas

D. memberikan pembobotan nilai untuk tiap soal

E. membuat pilihan jawaban yang membingungkan siswa

25. Pencapaian kompetensi lulusan peserta didik pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan dapat dilakukan melalui proses  . . .

A. Mengamati, memahami, menalar, mengamalkan, dan mengkomunikasikan
B. Mengamati, memahami, mengumpulkan informasi, menganalisa, dan  mengkomunikasikan
C. Mengamati, mencari, mengkaji, menyampaikan, dan mengkomunikasikan
D. Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan

E. Mengamati, menjawab, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan

Semoga bisa bermanfaat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun