Mohon tunggu...
Narul Hasyim Muzadi
Narul Hasyim Muzadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Language education

Belajar mencoret

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menghadirkan Kritisisme di Ruang Kelas, Pendidikan yang Menjawab Realitas

10 Oktober 2024   08:36 Diperbarui: 10 Oktober 2024   16:03 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pendidikan mendorong pemikiran kritis | Image by Kompas.id/SUPRIYANTO

Pendidikan adalah salah satu pilar penting dalam membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan zaman. Namun, sering kali pendidikan terjebak dalam formalitas yang kaku, jauh dari kenyataan yang dihadapi oleh masyarakat sehari-hari.

Banyak siswa belajar hanya untuk memenuhi tuntutan kurikulum, bukan untuk memahami dunia di sekitar mereka. Di sinilah pentingnya menghadirkan kritisisme di ruang kelas, menjadikan pendidikan sebagai alat yang dinamis dan relevan untuk menjawab realitas sosial.

Mengapa Pendidikan Harus Kritis?

Pendidikan yang kritis bukanlah sesuatu yang baru. Paulo Freire, seorang pendidik dan filsuf terkenal, telah memperkenalkan konsep pendidikan kritis sebagai jalan menuju pembebasan dari penindasan sosial.

Menurut Freire, pendidikan harus memungkinkan siswa untuk berpikir secara mandiri, menganalisis struktur sosial, dan akhirnya berkontribusi dalam perubahan masyarakat. Ini berarti bahwa siswa tidak hanya menjadi penerima pasif informasi, tetapi juga agen perubahan yang mampu mengenali dan menghadapi ketidakadilan dalam masyarakat.

Namun, di banyak sekolah, pendekatan ini sering terabaikan. Pendidikan masih dipandang sebagai proses satu arah, di mana guru adalah pemberi pengetahuan dan siswa adalah penerima.

Dalam model ini, ruang untuk berpikir kritis sangat terbatas, dan siswa lebih banyak diarahkan untuk menghafal daripada merenungkan. Siswa belajar untuk lulus ujian, bukan untuk memahami konteks sosial, ekonomi, dan politik yang membentuk dunia mereka.

Ruang Kelas sebagai Laboratorium Sosial

Ruang kelas seharusnya menjadi laboratorium sosial, di mana siswa belajar tidak hanya dari buku teks, tetapi juga dari kehidupan nyata. Menghadirkan kritisisme di ruang kelas berarti memperkenalkan siswa pada isu-isu yang relevan dengan dunia nyata, baik lokal maupun global.

Hal ini bisa dilakukan dengan mendorong diskusi tentang isu-isu seperti kesenjangan sosial, perubahan iklim, hak asasi manusia, dan ketidakadilan ekonomi. Siswa diajak untuk berpikir kritis tentang peran mereka di dalam masyarakat dan bagaimana mereka bisa memberikan kontribusi yang bermakna.

Ilustrasi pentingnya berpikir kritis | Image by Kompas.id/SUPRIYANTO
Ilustrasi pentingnya berpikir kritis | Image by Kompas.id/SUPRIYANTO

Pendekatan ini tidak hanya mengubah cara siswa belajar, tetapi juga cara mereka melihat diri sendiri. Siswa yang terlibat dalam pendidikan kritis cenderung memiliki rasa kepedulian sosial yang lebih tinggi.

Mereka tidak hanya berfokus pada pencapaian pribadi, tetapi juga melihat bagaimana mereka bisa berkontribusi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat. Dengan kata lain, pendidikan kritis membantu siswa menjadi warga negara yang lebih sadar dan bertanggung jawab.

Menjawab Tantangan Kurikulum yang Terlalu Kaku

Salah satu kendala terbesar dalam menerapkan pendidikan kritis adalah kurikulum yang terlalu kaku. Kurikulum sering kali ditetapkan secara sentralistik, dengan fokus pada hasil ujian dan standar yang seragam.

Hal ini membuat guru kesulitan untuk menyesuaikan materi ajar dengan kebutuhan siswa dan realitas yang mereka hadapi. Padahal, setiap siswa tumbuh dalam konteks sosial yang berbeda, dengan tantangan dan peluang yang unik.

Untuk menghadirkan kritisisme di ruang kelas, guru perlu lebih fleksibel dalam menyampaikan materi ajar. Mereka harus mampu mengaitkan materi yang diajarkan dengan konteks lokal yang relevan. Misalnya, dalam pelajaran ekonomi, siswa bisa diajak untuk menganalisis kesenjangan pendapatan di lingkungan mereka sendiri.

Dalam pelajaran sejarah, siswa bisa diajak untuk melihat bagaimana peristiwa masa lalu mempengaruhi struktur sosial di masa kini. Dengan cara ini, siswa akan merasa bahwa apa yang mereka pelajari bukanlah sesuatu yang abstrak, melainkan sesuatu yang langsung berdampak pada kehidupan mereka.

Peran Guru sebagai Fasilitator Pemikiran Kritis

Guru memiliki peran penting dalam mengarahkan dan memfasilitasi proses pemikiran kritis di ruang kelas. Namun, peran ini bukanlah peran yang mudah. Guru perlu meninggalkan model pengajaran tradisional yang otoritatif dan beralih menjadi fasilitator yang membimbing diskusi dan refleksi.

Guru tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga membantu siswa untuk mengajukan pertanyaan yang mendalam dan mengembangkan pemahaman mereka sendiri.

Dalam proses ini, penting bagi guru untuk memberikan ruang bagi siswa untuk mengungkapkan pendapat mereka, meskipun pendapat tersebut berbeda atau bahkan bertentangan.

Siswa harus merasa bahwa ruang kelas adalah tempat yang aman untuk berdiskusi, berpikir, dan membuat kesalahan. Hanya dengan cara ini mereka dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang sejati.

Dukungan Sistemik

Menerapkan pendidikan kritis juga membutuhkan dukungan sistemik. Guru tidak bisa berjuang sendiri dalam mengubah pendekatan pendidikan. Sekolah, lembaga pendidikan, dan pemerintah perlu mendukung upaya ini dengan menyediakan pelatihan, sumber daya, dan kebijakan yang memungkinkan guru untuk lebih fleksibel dalam mengajarkan materi yang relevan dengan realitas sosial.

Kurikulum harus lebih adaptif, tidak hanya fokus pada nilai ujian, tetapi juga pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan partisipasi sosial. Dukungan ini bisa datang dalam bentuk pelatihan guru yang berfokus pada pendidikan kritis, pengembangan bahan ajar yang relevan dengan konteks lokal, serta evaluasi yang lebih holistik terhadap perkembangan siswa.

Membangun Generasi yang Siap Menghadapi Realitas

Pendidikan yang kritis adalah pendidikan yang membekali siswa dengan kemampuan untuk melihat dunia secara mendalam, menganalisis berbagai aspek realitas, dan berani terlibat dalam perubahan sosial.

Di era yang penuh dengan disrupsi dan ketidakpastian seperti sekarang, kemampuan ini sangat penting. Generasi muda tidak bisa hanya dipersiapkan untuk lulus ujian atau mendapatkan pekerjaan. Mereka harus dipersiapkan untuk menghadapi realitas yang kompleks, yang menuntut mereka untuk menjadi pemikir yang mandiri dan agen perubahan.

Dengan menghadirkan kritisme di ruang kelas, kita bisa membangun generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga peka terhadap kondisi sosial di sekitarnya. Mereka akan mampu menjawab tantangan zaman dengan cara yang inovatif dan relevan, menjadikan pendidikan sebagai kekuatan yang nyata untuk perubahan.

***

Menghadirkan kritisisme di ruang kelas adalah langkah penting dalam mewujudkan pendidikan yang relevan dengan realitas sosial. Pendidikan kritis bukan hanya soal mengajarkan siswa untuk berpikir mandiri, tetapi juga membekali mereka dengan kemampuan untuk menganalisis dan merespons tantangan yang ada di sekitar mereka.

Dengan dukungan guru, sekolah, dan kebijakan yang tepat, kita bisa menciptakan ruang kelas yang tidak hanya berfokus pada kurikulum, tetapi juga pada pengembangan kesadaran sosial dan kemampuan berpikir kritis.

Langkah ini akan menghasilkan generasi yang siap menghadapi masa depan dengan sikap yang lebih kritis, kreatif, dan berkontribusi untuk kebaikan masyarakat.

Pena Narr, Belajar Mencoret...

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun