Mohon tunggu...
Nani Saidatul Maulida
Nani Saidatul Maulida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa prodi pgsd universitas pelita bangsa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Teori Komunikasi untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar

17 April 2024   14:47 Diperbarui: 17 April 2024   14:58 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A. Pengertian teori Komunikasi  

           Pengertian komunikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah penerimaan dan pengiriman suatu pesan antara dua orang atau lebih. Komunikasi membutuhkan kerja sama antara individu satu dengan individu yang lain. Komunikasi terjadi ketika melakukannya disaat waktu yang bersamaan, bukan di waktu yang berbeda. Melalui komunikasi, manusia akan lebih mudah menyampaikan pendapat dan keinginannya kepada orang lain. Secara tidak langsung komunikasi dapat membantu manusia agar bisa bertahan hidup dan manusia merupakan makhluk sosial yaitu tidak dapat hidup sendiri dan saling berinteraksi melalui komunikasi .

            Teori komunikasi adalah komunikator, media, pesan, pemirsa dan umpan balik, dimana komponen tersebut harus saling melengkapi agar para komunikan dapat menyerap apa yang disampaikan oleh komunikator. Menurut Cargan dan Shields, teori komunikasi merupakan hubungan di antara konsep teoretikal yang membantu memberi, secara keseluruhan ataupun sebagian, keterangan, penjelasan, penerangan, penilaian ataupun ramalan tindakan manusia berdasarkan komunikator (orang) berkomunikasi (bercakap, menulis, membaca, mendengar, menonton, dan sebagainya) untuk jangka masa tertentu melalui media.

B. Peran teori komunikasi dalam pendidikan guru

    1. Membantu guru dalam menyampaikan informasi yang lebih efektif kepada siswa.

    2. Memfasilitasi komunikasi yang baik antara guru dan siswa, serta antara siswa dengan siswa lainnya.

    3. Membantu guru memahami berbagai  gaya belajar siswa untuk meningkatkan proses pengajaran.

    4. Memperkuat kemampuan guru dalam memotivasi dan mempengaruhi siswa dalam hal yang positif.

    5. Menyediakan landasan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi guru dalam berinteraksi dengan orang tua siswa.

C. Penerapan teori komunikasi dalam proses pembelajaran

    1. Komunikasi verbal yang jelas dan tepat : Memastikan pesan disampaikan secara terstruktur dan mudah dipahami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun