Mohon tunggu...
Nanda Afrilia
Nanda Afrilia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

I'm loving art, copywriter everything about technology.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bagaimana Meningkatkan Citra Perusahaan dari Segi Public Relations

23 Mei 2023   10:33 Diperbarui: 23 Mei 2023   10:39 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Nanda afrilia 

Npm: 2210400022

Dosen pembimbing : 

Dr. Tria Patrianti, S.Sos., M.Ikom

Sejarah singkat:
PLN (perusahaan listrik negara)
Pada tahun 1972 sesuai dengan peraturan pemerintah no. 18 status PLN atau perusahaan listrik negara ditetapkan sebagai perusahaan umum listrik negara dan sebagai pemegang kuasa usaha ketenagalistrikan (PKUK).

Disini kita tahu PLN adalah perusahaan penyedia tenaga listrik, listrik sangat berarti bagi kebutuhan manusia. Semua manusia di era modern sangat bergantung pada listrik. Dari situ kita dapat simpulkan semua kegiatan sehari-hari menggunakan listrik.

PLN sendiri sejak dahulu sudah memegang citra baik nya dimana yang kita ketahui, tata nilai PLN sendiri yaitu: amanah, kompeten, harmonis dan loyal.
PLN juga mempunyai visi misi yang cukup bagus dalam bidangnya apabila pembaca membaca pada laman website PLN pembaca tentu akan terkagum melihatnya visi misi mereka yaitu:
Visi: menjadi perusahaan listrik yang terkemuka se Asia tenggara
Misi: menjadikan tenaga listrik sebagai media yang untuk meningkatkan kualitas kehidupan bagi masyarakat. Dll
Walaupun terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh perusahaan tersebut tetapi perusahaan tersebut tidak goyah dan berusaha mempertahankan citra positif nya. Disini saya akan memberikan gagasan/ide saya agar perusahaan tersebut tetap kokoh mempertahankan citra positif/baiknya.

Perusahaan harus bisa mempertahankan citranya karena hal tersebut sangatlah penting, satu kesalahan bisa membuat fatal. Hal ini harus lebih diperhatikan oleh semua orang yang ada di dalam perusahaan karena jika ada suatu kesalahan media akan memburu dan selalu menjadi sasaran empuk, hal ini membuat perusahaan down atau turun entah itu turun dalam hal ekonomi atau stabilitas.

Semenjak kejadian tahun 2019 listrik mati di daerah jakarta, Banten, Jawa barat PLN terus meningkatkan kualitas perusahaan disini kita bisa lihat dalam beberapa kurun waktu mereka bangkit menjadi perusahaan yang lebih baik lagi, dengan adanya hal itu mereka tidak goyah justru mereka semakin merangkul agar kita bisa menikmati listrik sebaik mungkin. Apa jadinya kita hidup tanpa listrik? Tidak bisa
Dikarenakan zaman sekarang adalah zaman yang dimana kita harus menggunakan listrik sebagai suatu hal yang lumrah air, lampu, dll.

Semakin terampil PLN dalam mengelola semuanya kita bisa mendapati informasi lewat halaman webnya yang dimana bisa diakses semua orang jika menggunakan kuota internet

PT PLN juga memiliki nomor telepon untuk dihubungi sewaktu-waktu listrik yang kita punya mengalami gangguan. Dari situ sebagai masyarakat kita bisa melihat bagaimana perusahaan tersebut tetap mempertahankan citranya dan tidak goyah.

Dari penjelasan panjang tersebut berikut bagaimana perusahaan harus bisa mempertahankan citra positifnya menurut sudut pandang public relations:

1. Memanfaatkan sosial media sebagai sarana informasi dan komunikasi.
Maksud dari hal ini adalah PT PLN harus memanfaatkan media sosial mereka seperti Instagram, Facebook, tiktok, Twitter untuk lebih memberikan edukasi atau bahan pengingat dengan membuat konten contohnya seperti: membuat konten bahayanya bermain handphone sambil di cas. Dll dan dengan adanya media sosial sebagai sarana komunikasi disini apabila salah satu warga mengalami kesulitan pada listrik mereka PT PLN sudah menyiapkan sarana untuk melapor agar masalah warga tersebut cepat selesai.

2. Public relations perusahaan
Tugas pr sendiri adalah mengajak media cetak, televisi, radio untuk bekerja sama jadi apabila perusahaan ingin menyebarkan informasi pr sudah tau bagaimana tugas mereka dan apabila perusahaan ingin mengadakan press conference dikarenakan suatu masalah pr cepat menanggapi hal tersebut.

3. Lebih dekat dengan sekitar
Maksudnya apabila PT PLN ingin lebih meningkatkan citra positifnya mereka harus bisa lebih dekat dengan sekitar, contohnya perusahan menyekolahi anak-anak yang dengan keadaan kurang. Atau mempekerjakan mereka.

4. Aplikasi dan website
Fungsi aplikasi dan website disini sangat berharga PT PLN harus punya kedua hal ini agar masyarakat yg tidak mempunyai sosial media namun mereka masih ingin mendapatkan informasi mereka masih dapat mengakses website/aplikasi PT PLN sebagai sarana informasi/komunikasi.

5. Pengurangan biaya tagihan listrik bagi masyarakat yang kurang mampu.
Semua orang ingin menggunakan listrik tetapi tidak semua orang mampu dan PT PLN harus bisa memikirkan hal ini karena dengan adanya ini menjadi omongan bibir masyarakat dan dinilai PLN mampu membawa kebaikan untuk mereka. Dan nilai positifnya mereka bisa menilai bagaimana PT PLN peduli dengan masyarakat tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun