Mohon tunggu...
Nanang E S
Nanang E S Mohon Tunggu... Guru - Orang yang tidak pernah puas untuk belajar

Penggiat literasi yang mempunyai mimpi besar untuk menemukan makna dalam hidup.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Berkolaborasi untuk Memaksimalkan Belajar

23 Juli 2024   13:46 Diperbarui: 23 Juli 2024   13:49 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Koleksi Pribadi

Sebagai seorang guru di era modern sekarang ini, bekerja secara individual saja tidak cukup menjamin keberhasilan proses belajar. Berkolaborasi menjadi satu bagian yang tidak bisa ditinggalkan dalam memaksimalkan hasil belajar. Belajar di era sekarang tidak serta merta masuk kelas, kemudian menjejali siswa dengan segepok teori selama dua atau tiga jam penuh. Serta memaksa siswa untuk selalu mendengarkan dan mengikuti semua intruksi guru.

Zaman sudah berkembang, berbagai bentuk tantangan sosial juga berkembang. Begitu juga peran guru selalu berkembang menyesuaikan kebutuhan luaran dalam proses menyeibangkan kebutuhan sosial. Guru tidak cukup hanya pintar adu silat, tetapi juga harus bisa nari balet, bisa tari latar, bisa jadi aktor, bahkan aktris, bisa menjadi intelegen, bahkan menjadi apapun yang dibutuhkan siswa. Barangkali begitu gambaran guru di zaman modern saat ini. 

Meminjam ungkapan Nicholas A. Ferroni, guru adalah satu-satunya orang yang kehilangan tidur karena anak orang lain. Ungkapan ini sangat selaras dengan situasi yang terjadi selama ini. Jika pekerja pabrik pulang bisa istirahat, tidur dan menikmati momen dengan keluarga, seorang guru pulang justru dihabiskan untuk mengoreksi jawaban siswa, mengecek website siswa, mematangkan materi untuk esok hari dan lainnya. Itulah yang hemat saya sebagai penghibur hati seninya seorang guru.

Lebih luas juga harus memikirkan kebutuhan jiwa dan raga siswa, apa yang dirasakan siswa, apa yang dibutuhkan siswa, apa yang menjadi kendala siswa dalam belajar guru harus bisa memfasilitasi (minimal) menuntun mereka menemukan jalannya sendiri. Inilah kompleksitas peran dan tanggung jawab guru, lebih dari seorang orang tua kedua. Beragam teori, model, bahkan apapun itu istilah baru saat ini bermunculan sebagai bagian langkah dalam mengembangkan kompetensi guru dalam menyiapkan luaran produk anak generasi yang sesuai kebutuhan.

'Merdeka Belajar' itulah salah satu suara yang saat ini tengah diagung-agungkan sebagai satu indikator tujuan belajar nasional. Entahlan, darimana istilah itu datang, apakah dari permenungan refleksi bahwa kesadaran itu muncul bahwa belajar kita sejauh ini belum merdeka.

Beragam pelatihan, seminar, webinar, bahkan gerakan-gerakan dengan label 'merdeka belajar' bermunculan. Salah satunya guru penggerak, salah satu wadah pendorong dalam mensukseskan merdeka belajar. Penulis tidak ingin fokus pada bentuk organisasinya, tetapi fokus pada salah satu materi di dalanya. 

Jika ditelaah dengan seksama, kemunculan gerakan ini tentu perlu disambut dengan baik, sebagai bukti bahwa kita tidak terlena atas perkembangan zaman. Secara umum Pendidikan kita tengah membangun jarring kolaborasi dari berbagai elemen guna menguatkan menuju tujuan Pendidikan kita yang bermartabat.

Sumber Foto: Koleksi Pribadi
Sumber Foto: Koleksi Pribadi

/1/

Pertama, Coaching, sebuah kompetensi bimbingan yang di dalami di modul 2.3 guru penggerak. Barangkali istilah ini bagi para pakar psikologi sudah tidak menjadi hal baru. Tetapi di dalam dunia pendidikan secara umum masih menjadi hal baru, sebab yang beredar sejauh ini hanyalah konseling, training, mentoring dan consulting. Coaching menjadi satu ilmu kolaborasi baru yang menarik untuk dijadikan modal guru dalam proses pembelajaran. 

Menurut Grant, coaching didefinisikan sebagai proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil dan sistematis dimana coach memfasilitasi peningkatan atas peforma kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri, dan pertumbuhan pribadi dari coachee (1999). 

Coaching lebih fokus membantu seseorang untuk belajar daripada mengajarinya. Pengalaman barangkali menjadi satu modal besar sebagai bahan pengetahuan. Coaching memegang prinsip; kemitraan, konstruktif, terencana, refletif, dan objektif. Posisi guru sebagai coach dalam proses pembelajaran menjadi hal yang urgent untuk saat ini. Belajar tidak melulu disuguhi solusi atas masalah yang ada, adakalanya menyelesaikan sendiri atas masalah yang dihadapinya.

Coaching mengajak coachee menemukan solusi atas masalah yang dihadapinya. Proses coaching juga menjadi satu langkah dalam menguatkan perkembangan siswa secara holistik, mereka tidak sekadar pitar secara teori pelajaran, tetapi juga pintar dalam menyikapi masalah yang sedang dihadapinya. Bahkan tidak itu saja, proses coaching juga menjadi media dalam menggali pengalaman siswa yang kemudiann guru bisa mensinkronkan dengan model/ gaya belajar yang sesuai.

/2/

Kedua, Keterkaitan coaching dengan pembelajaran sosial dan emosiaonal serta pembelajaran berdiferensiasi. Ketiganya saling merajut, menguatkan satu sama lain. 

Coaching membuka komunikasi yang lebih dalam antara coach dengan coachee. Ketika guru menjadi coach atas muridnya, maka komunikasi antara keduanya menjadi bekal berharga dalam proses menumbuhkan/ menciptakan pembelajaran berdiferensiasi, yang beragam sesuai dengan kebutuhan murid. Kebutuhan tersebut dapat berupa pengetahuan yang ada, gaya belajar, minat, dan pemahaman terhadap mata pelajaran. Sehingga siswa akan merasa nyaman dengan proses belajarnya. Keberagaman ini maksunya.

Sumber Foto: Koleksi Pribadi
Sumber Foto: Koleksi Pribadi

Tidak itu saja proses coaching dengan segala prosesnya secra langsung juga mengaplikasikan pembelajaran sosial dan emosional. Di dalam prosesnya coachee (murid) diajak untuk jujur atas dirinya dan masalah yang dihadapinya, tujuan yang ingin dicapai, serta harapan terbesar dari masalahan yang tengah dirasakannya. Proses ini menguatkan sisi emosional dengan mengelola kesadaran diri, manajemen diri, kesadara diri, ketrampilan berelasi dan pengambilan Keputusan yang bertanggung jawab.

Di akhir,  guru bukan sosok supermen tetapi superteam, perlu jarring kolaborasi yang kuat dari berbagai elemen guan menguatkan proses pembelajaran, khususnya dalam menciptakan merdeka belajar guru tidak bisa mewujudkan sendirian, perlu uluran tangan yang kuat dari berbagai pihak untuk selaras mendukung proses pendidikan agar lebih baik. Bagaimanapun perubahan dan tantangan yang dihadapkan pada guru, perlu disadari bahwa itu sebuah keharusan, sebab mengajar adalah belajar dua kali dan mengajar adalah cara belajar yang tidak mengenal batas untuk berhenti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun