Disusun Oleh: Najwa Dalillah Pratiwi,Fikom-UBJ
Dosen Pengampu: Saeful Mujab,M.I.Kom.;
Abstrak: Artikel Memahami Komunikasi Politik Indonesia di Era Digital mencoba menjelaskan perkembangan konsep dan praktik komunikasi politik di era digital dan menawarkan gagasan baru. Bagaimana operasi dan proses komunikasi politik bekerja di era digital untuk menjangkau khalayak yang lebih luas telah dimanfaatkan oleh masyarakat luas di internet yang dikenal, termasuk media sosial. Metode penulisan menggunakan penelitian kepustakaan dengan teknik analisis kualitatif -- deskriptif. Pengamatan terhadap pemikiran dan pemahaman komunikasi politik di Indonesia pada era digital merupakan fenomena baru yang tidak muncul pada era sebelumnya. Penggunaan internet dapat berkontribusi pada praktik komunikasi politik menjadi lebih komprehensif, tepat dan tepat sasaran. Diharapkan artikel ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan wawasan baru tentang bagaimana konsep dan praktik komunikasi politik berkembang di era digital. Politik Indonesia di Era Digital bertujuan untuk menjelaskan dan menawarkan gagasan baru tentang perkembangan konsep dan praktik politik serta komunikasi di era digital. Bagaimana operasi dan proses komunikasi politik bekerja di era digital untuk menjangkau khalayak yang lebih luas telah dimanfaatkan oleh masyarakat luas di internet yang dikenal, termasuk media sosial. Metode penulisan menggunakan penelitian kepustakaan dengan teknik analisis kualitatif -- deskriptif. Pengamatan terhadap pemikiran dan pemahaman komunikasi politik di Indonesia pada era digital merupakan fenomena baru yang tidak muncul pada era sebelumnya. Penggunaan internet dapat berkontribusi pada praktik komunikasi politik menjadi lebih komprehensif, tepat dan tepat sasaran. Artikel ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan wawasan baru tentang bagaimana konsep dan praktik komunikasi politik berkembang di era digital.
Latar Belakang
Komunikasi politik adalah komunikasi yang ditargetkan Mencapai mempengaruhi sehingga masalah membahas tindakan Komunikasi ini bisa menjatuhkan sanksi yang sama pada semua warga negara diputuskan bersama oleh lembaga-lembaga politik. Terburu-buru dan Althoff (1997) mendefinisikan komunikasi politik sebagai proses di mana informasi politik tersedia Pentingnya ditentukan dari satu bagian dari sistem politik yang lain dan antara sistem sosial dan sistem politik.
Di era reformasi dan era digital, jaringan internet semakin menguat hingga menjangkau pelosok negeri dan dunia, membuat komunikasi politik semakin kaya dan relevan. Puluhan tahun yang lalu, komunikasi politik didasarkan pada komunikasi massa konvensional yang ukurannya terbatas dan bagian publiknya tidak begitu besar, kini situasinya telah berubah dengan merebaknya internet dan penaklukan publik bahkan ke seluruh dunia. Pertanyaan yang menjadi pembahasan adalah: Bagaimana konsep komunikasi politik di era digital saat ini?
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberi gagasan baru untuk pembangunan Praktek dan konsep komunikasi politik memasuki era digital. Bagaimana bersikap dan bertransaksi Komunikasi politik di era digital menjangkau audiens yang lebih luas Jaringan online, termasuk media sosial dikenal masyarakat luas. Sumber Menulis tentang masalah komunikasi politik saat itu Digital menjadi literatur cetak dan media online dengan teknik analisis kualitatif -- deskriptif. Artikel ini memberikan beberapa wawasan pemahaman yang lebih luas dan baru perkembangan praktik komunikasi politik pada Era Digital.
Metode Penulisan
Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis kualitatif -- deskriptif. Informasi dikumpulkan dari hasil penelitian literatur tentang subjek dengan masalah utama. Deskriptif secara kualitatif memberikan penjelasan yang detail dan komprehensif masalah terbesar dalam menulis. Jadi deskripsi ini Kedalaman dapat sesuai dengan fenomena ini dirumuskan dalam sebuah masalah penelitian.
Hasil dan Pembahasan
Komunikasi Politik di Indonesia
Pada pertengahan tahun 1980-an, para sarjana komunikasi mulai banyak mengajarkan tentang penelitian komunikasi politik, meskipun hal tersebut tidak terfokus dan masih didukung oleh banyak materi tentang opini publik dan pengaruh komunikasi massa terhadap perilaku. Komunikasi politik berkembang pesat sejak tahun 1998, era reformasi demokrasi.