Mohon tunggu...
Naja Azizah
Naja Azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca novel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Tekonlogi terhadap Motivasi Belajar Siswa Tingkat Sekolah Dasar

31 Mei 2024   15:21 Diperbarui: 31 Mei 2024   15:53 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Zaman semakin berkembang dan maju dengan adanya perkembangan tekonologi yang pesat telah mempengaruhi di berbagai aspek kehidupan salah satunya di bidang pendidikan. Teknologi adalah sarana untuk menjalankan kegiatan keseharian. teknologi juga bermanfaat dibidang ilmu pengetahuan untuk mempelajari suatu sistem yang terdapat dalam laptop dan bisa membuat aplikasi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. contoh kasus covid (corona) yang membuat lemahnya tingkat perekonomian dan pendidikan,dan pada saat itu teknologi sangat-sangat dibutuhkan untuk semua orang karena banyak aktifitas yang memanfaatkan teknologi seperti bekerja, bekerja hanya sekedar lewat hanphone atau laptop. dan bagi murid atau mahasiswa dilakukan secara daring / online dari rumah, banyak juga media pembelajaran yang dikelola seperti meet, zoom, classroom, dll. teknologi dapat meningkatkan belajar siswa di sekolah dasar diantaranya adalah

1. penggunaan internet sebagai media pembelajaran 

pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran telah menunujukan pengaruh positif terhadap motivasi siswa. Siswa dapat mengakses pembelajaran yang lebih luas melalui vidio pembelajaran, simulasi, dan berbagai referensi yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. 

2. pembelajaran interaktif 

teknologi membawa inovasi dalam metode pembelajaran dengan menyajikan materi secara lebih interaktif. aplikasi pembelajaran seperti gogle classroom dan game edukasi bisa membuat pembelajaran lebih menarik, sehingga murid tidak monoton atau pendengar pasif, sehingga mereka menjadi aktif dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi mereka untuk memahami dan mengeksplorasi dunia lebih banyak. 

3. personalisasi pembelajaran 

sistem pembelajaran berbasis teknologi dapat menyesuaikan tingkat kebutuhan dan kemampuan siswa, sehingga siswa mempunyai kendali atau proses pembelajaran mereka sendiri. hal ini dapat mencegah siswa dari rasa tertinggal atau bosan. dan hal ini juga bisa meninggerus motivasi belajar mereka. 

4. Kustomisasi pembelajaran 

 Adaptasi pembelajaran dan kemungkinan mengontrol kemajuan siswa dengan bantuan teknologi berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Materi pembelajaran dapat disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan pembelajaran setiap siswa, sehingga siswa merasa terlibat dan terkendali dalam pembelajarannya.

5. Penggunaan teknologi digital 

Pemanfaatan teknologi digital telah mengubah perilaku guru dan siswa secara signifikan. Dengan demikian, keunggulan dan dampak langsung dari sistem teknologi digital ini pada pengguna tertentu meningkatkan keinginan belajar siswa.

Teknologi dapat meningkatkan minat belajar siswa di sekolah dasar melalui beberapa cara:

1. Pemanfaatan Internet sebagai media pembelajaran:

Pemanfaatan Internet sebagai sarana pembelajaran telah menunjukkan dampak positif. berdampak pada motivasi belajar siswa. Siswa dapat mengakses informasi yang lebih komprehensif dan interaktif, seperti video pendidikan, simulasi dan berbagai bahan referensi, sehingga dapat meningkatkan minat mereka untuk belajar lebih lanjut.

2. Pembelajaran interaktif:

teknologi menghadirkan inovasi pada metode pengajaran dengan menyajikan materi secara lebih interaktif. Aplikasi pembelajaran online, simulasi dan permainan pembelajaran dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, sehingga siswa tidak hanya menjadi pendengar yang pasif saja, namun berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasinya untuk memahami dan mengeksplorasi lebih jauh.

3. Personalisasi Pembelajaran:

 Sistem pembelajaran berbasis teknologi dapat beradaptasi dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa, sehingga siswa merasa mendapat perhatian dan kendali khusus terhadap pembelajarannya. Hal ini dapat menghindarkan siswa dari ketertinggalan atau terlalu bosan sehingga dapat menurunkan motivasinya. 

4. Personalisasi pembelajaran:

Personalisasi pembelajaran dan kemampuan memantau kemajuan siswa melalui teknologi penting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Materi pembelajaran dapat dimodifikasi sesuai dengan tingkat pemahaman dan kecepatan belajar masing-masing siswa, sehingga siswa merasa terlibat dan terkendali dalam proses belajarnya.

5. Penggunaan teknologi digital:

Penggunaan teknologi digital telah mengubah perilaku guru dan siswa secara signifikan. Dengan demikian, manfaat dan dampak langsung sistem teknologi digital ini terhadap pengguna tertentu meningkatkan keinginan belajar siswa.

Oleh karena itu, teknologi dapat meningkatkan minat siswa terhadap pendidikan K-13 dengan cara yang lebih interaktif, individual, dan personal serta memberikan akses yang lebih luas terhadap sumber belajar. dari.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun