Mohon tunggu...
Mukhammad Nafsur Rokhman
Mukhammad Nafsur Rokhman Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pekerjaan saya sebagai guru mengajar di sma swasta di kabupaten pasuruan, hobi saya main game dan mencoba hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi MIngguan Modil 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

30 September 2023   08:55 Diperbarui: 30 September 2023   08:58 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar guru hebat? Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan kemudahan dalam berikhtiar. Salam kenal saya M. Nafsur Rokhman Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari SMA Maarif NU Pandaan

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan berbagi pengalaman selama proses mempelajari Modul 1.2 yaitu tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Tulisan/jurnal pengalaman ini merupakan refleksi diri setelah saya mengikuti kegiatan pendidikan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan).

Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak.

1. Facts (Peristiwa)

Pada tanggal 7 November 2022 saya mulai mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Saya mempelajari modul 1.2. dengan alur MERDEKA, yakni:

a. Mulai dari Diri

Saya mulai mempelajari modul 1.2. dengan membuka tautan mulai dari diri. Di sini saya mendapat tugas untuk membuat trapesium usia dan saya juga melakukan refleksi dengan menjelaskan isi dari trapesium usia yang sudah saya buat. Selain itu, saya juga memaparkan tentang peran saya sebagai guru penggerak.

b. Eksplorasi Konsep

Di bagian eksplorasi konsep, saya mempelajari topik utama, yakni Nilai Kemanusiaan: Kebajikan Universal yang terdiri atas 3 subtopik materi, yakni: 1) Bagaimana Manusia Tergerak, 2) Bagaimana Manusia Merdeka Bergerak, dan 3) Bagaimana Menggerakkan Manusia: menuntun Kekuatan Kodrat Manusia. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan forum berdiskusi tentang nilai dan kegiatan penerapan peran Guru Penggerak di sekolah.

c. Ruang Kolaborasi

Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Ruang Kolaborasi dipandu dan difasilitasi oleh IbuNiken selaku Fasilitator. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring memalui Gmeet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada Hari kamis, 24 Agustus 2023 pukul 13.30 - 15.15 WIB. Sementara itu, presentasi hasil diskusi dilaksanakan pada hari Selasa, 29 Agustus 2023 pukul 17.00- 20.00 WIB.

d. Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini, saya mendapatkan tugas untuk menggambarkan diri saya sebagai guru penggerak di masa depan atau ketika sudah menjadi guru penggerak selama tiga tahun.

e. Elaborasi Pemahaman

Saya melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Gmeet pada hari Jumat, 30 Agustus 2023 pukul 15.30 - 17.00 WIB. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi adalah Ibu niken

f. Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini adalah pengaitan antarmateri yang sudah saya pelajari mulai dari modul 1.1. dan modul 1.2. Tugas di bagian ini adalah membuat refleksi dengan model 4C.

g. Aksi Nyata

Aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 1.2. yang sudah saya terapkan secara nyata di sekolah.

Selain melakukan kegiatan sesuai alur M-E-R-D-E-K-A, pada hari Rabu, 8 September 2023 saya juga mengikuti Pendampingan Individu (PI) bersama pengajar praktik kelompok saya, yakni Ibu Cici. Dalam PI, Ibu cici menggali pemahaman saya tentang materi yang ada di LMS, harapan/kekahwatiran menjadi guru penggerak, aksi nyata, dan portofolio digital.

2. Feelings (Perasaan)

Setelah mempelajari modul 1.2 dan mengikuti serangkaian kegiatan baik belajar secara mandiri maupun diskusi secara virtual, akhirnya saya memahami bagaimana nilai dan peran guru penggerak. Selama saya mempelajari Modul tersebut, saya merasakan perasaan yang tertantang, senang, dan semangat. Saya merasa sangat tertantang dengan melihat waktu pengerjaan dan pengiriman tugas-tugas yang diberikan di sela kesibukan saya sebagai guru di sekolah. Saya merasa senang karena dapat berkolaborasi dengan rekan CGP lain untuk membuat presentasi yang memberikan dampak positif dan mempermudah saya dalam memahami Modul 1.2. Saya semangat karena dapat mempelajari tentang nilai dan peran guru penggerak yang mencerahkan dan menginspirasi bagi saya dalam mempraktikan pada kegiatan pembelajaran di sekolah.

3. Findings (Pembelajaran)

Selama dua minggu mempelajari Modul 1.2 ini, banyak pengalaman dan ilmu yang saya peroleh. Yang pertama saya mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana cara kerja otak manusia (thinking fast dan thinking slow). Yang kedua saya belajar tentang 5 kebutuhan dasar manusia, yaitu kasih sayang dan rasa diterima, kekuasaan, kesenangan, kebebasan, dan bertahan hidup. Kemudian, saya juga mempelajari materi tentang nilai dan peran guru penggerak. Nilai guru penggerak di antaranya adalah berpihak kepada siswa, mandiri, kolaboratif, reflektif, dan inovatif. Sementara itu, peran guru penggerak adalah sebagai pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan siswa, dan menggerakkan komunitas praktisi.

4. Future (Penerapan) 

Setelah mempelajari dan memahami nilai dan peran guru penggerak di modul 1.2. ini, saya akan menguatkan nilai-nilai guru penggerak yang saya miliki untuk mendukung peran saya sebagai guru penggerak dan saya akan terus berusaha menerapkan beberapa hal berikut: 1) Merancang dan menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan menyenangkan dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik, serta memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. 2) Saya akan secara mandiri mengikuti seminar atau diklat baik secara online ataupun offline yang akan menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi saya. 3) Lebih banyak melakukan refleksi diri untuk mengevaluasi terhadap kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri saya dan pembelajaran saya yang nantinya dapat dijadikan sebagai proses perbaikan. 4) Bekerjasama dengan rekan dan pemangku kebijakan untuk mencapai tujuan serta untuk mengembangkan proses pembelajaran yang lebih baik. 5) Berkreasi dan berinovasi dalam membuat media pembelajaran . 

Demikian refleksi dwi mingguan modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Salam Guru Penggerak!

Tergerak, Bergerak, Menggerakkan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun