Mohon tunggu...
Nafisatul Hidayah
Nafisatul Hidayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Merajut Cerita dari Benang Pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perencanaan Pembelajaran Sejarah Kelas 5 di Candi Badut

15 Oktober 2024   22:13 Diperbarui: 15 Oktober 2024   22:29 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Candi Badut, sebuah monumen bersejarah yang terletak di Kab. Malang, menawarkan pengalaman belajar yang tak terlupakan. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah dijangkau oleh sekolah-sekolah di sekitar Malang. Candi ini bukan hanya sekadar tumpukan batu, tetapi juga jendela menuju masa lalu yang kaya akan sejarah dan budaya.

Koleksi relief dan ornamen di Candi Badut sangat beragam. Dengan mengamati secara langsung, siswa dapat mempelajari berbagai aspek kehidupan pada masa kerajaan Kanjuruhan. Selain itu, Candi Badut juga dapat menjadi media pembelajaran untuk memahami konsep-konsep sejarah seperti sistem sosial atau kepercayaan. Dengan belajar langsung di situs bersejarah seperti Candi Badut, siswa dapat lebih memahami dan menghargai sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia. Pengalaman ini juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya merawat peninggalan budaya kita. 

Berikut ini adalah rancangan pembelajaran IPS Kelas 5 di Candi Badut :

A. Materi Pembelajaran

Daerahku Kebanggaanku 

B. Capain Pembelajaran 

Pada Fase C peserta didik diperkenalkan dengan sistem - perangkat unsur yang saling terhubung satu sama lain dan berjalan dengan aturan-aturan tertentu untuk menjalankan fungsi tertentu - khususnya yang berkaitan dengan bagaimana alam dan kehidupan sosial saling berkaitan dalam konteks kebhinekaan.

C. Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat mengenal warisan budaya dan mengetahui sejarahnya untuk kemudian dikaitkan dengan kehidupan saat ini.

2. Peserta didik dapat memahami akulturasi melalui sejarah warisan budaya yang ada di daerahnya.

3. Peserta didik dapat mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang ada di daerah tempat tinggalnya

D. Aktivitas Guru dan Siswa 

1. Waktu : 07.00 -- 07.30

Aktivitas Guru : Pesiapan dan koordinasi, guru memastikan driver dan siswa siap untuk keberangkatan ke Candi Badut.

Aktivitas Siswa : Siswa datang tepat waktu ke sekolah dengan membawa perlengkapan yang telah diinformasikan sebelumnya.

2. Waktu : 07.30-08.30

Aktivitas Guru : Perjalanan ke Candi Badut.

Aktivitas Siswa : Perjalanan ke Candi Badut.

3. Waktu : 08.30 -- 09.00 

Aktivitas Guru : Mengarahkan siswa berkumpul sesuai kelompok dan menjelaskan mengenai etika dan tata tertib selama berada di candi.

Aktivitas Siswa : Berbaris sesuai kelompok, mendengarkan pengarahan dari guru mengenai etika dan tata tertib.

4. Waktu : 09.00 -- 10.00

Aktivitas Guru : Mengarahkan siswa untuk mengikuti tur bersama pemandu (guide) Candi Badut.

Aktivitas Siswa : Mendengarkan penjelasan dengan seksama, mencatat informasi penting, dan bertanya jika ada yang kurang jelas.

5. Waktu : 10.00 -- 11.00

Aktivitas Guru : Pendalaman materi dan tugas kelompok, guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk melakukan observasi mandiri. Setiap kelompok diberi lembar kerja yang berisi pertanyaan tentang benda-benda bersejarah di candi, sejarahnya, dan tokoh terkait. Guru mendampingi dan memberikan bantuan jika diperlukan.

Aktivitas Siswa : Melakukan observasi di area candi secara berkelompok, mengisi lembar kerja dengan mencari informasi dari catatan yang telah ditulis, bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas.

6. Waktu : 11.00-12.00 

Aktivitas Guru : ISHOMA Mengarahkan siswa untuk beristirahat di tempat yang sudah disediakan serta membagikan konsumsi.

Aktivitas Siswa : Beristirahat, shalat dan menikmati makan siang yang telah disediakan

7. Waktu : 12.00-12-45

Aktivitas Guru : Review dan penguatan materi terkait kegiatan yang dilakukan pada hari ini.

Aktivitas Siswa : Berpartisipasi dalam diskusi review, memberikan tanggapan, dan bertanya tentang hal-hal yang masih belum mereka pahami.

8. Waktu : 12.45 -- 13.30

Aktivitas Guru : Evaluasi dan penilaian tugas, Guru mengevaluasi hasil lembar kerja siswa secara kelompok, memberikan umpan balik langsung, dan menyusun hasil observasi mereka ke dalam laporan kecil serta memberikan apresiasi kepada siswa yang menunjukkan partisipasi aktif dan pemahaman yang baik.

Aktivitas Siswa : Mengumpulkan lembar kerja mereka dan mendengarkan evaluasi guru

9. Waktu : 13.30 -- 14.00

Aktivitas Guru : Persiapan pulang, melakukan pengecekan akhir sebelum pulang

Aktivitas Siswa : Mempersiapkan diri untuk kembali ke bus dan pulang ke sekolah, memastikan tidak ada barang yang tertinggal dan menjaga ketertiban selama perjalanan pulang.

E. Lembar Obervasi 

1. Tujuan : Peserta didik dapat mengetahui sejarah warisan budaya yang ada di daerahnya.

Obsevasi : Bagaimana cerita sejarah Candi Badut dan peran Kerajaan Kanjuruhan?

2. Tujuan : Peserta didik dapat mengidentifikasi tokoh- tokoh warisan budaya yang ada di daerahnya.

Observasi : Siapa saja tokoh yang berperan penting dalam sejarah Candi Badut?

3. Tujuan : Peserta didik dapat mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang ada di daerah tempat tinggalnya

Observasi : Apa saja bentuk aktivitas perekonomian di daerahku?

4. Tujuan : Peserta didik dapat menyebutkan kerajaan yang pernah berkembang di daerah tempat tinggalnya.

Observasi : Apakah dahulu daerah tempat tinggal kalian pernah menjadi tempat berkembangnya sebuah kerajaan?

5. Tujuan : Peserta didik dapat memahami akulturasi melalui sejarah warisan budaya yang ada di daerahnya.

Observasi : Apakah di daerahku terdapat bentuk budaya yang merupakan hasil gabungan dua atau lebih budaya yang berbeda?

F. Kontributor 

1. Nafisatul Hidayah (Membuat tabel aktivitas guru dan siswa)

2. Indriati Alia Permadani (Membuat lembar observasi dan dokumentasi di Candi Badut)

3. Fikra Filsafa Ilma (Menuliskan dan mengupload tugas di kompasiana)

G. Lampiran

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun