Candi Badut, sebuah monumen bersejarah yang terletak di Kab. Malang, menawarkan pengalaman belajar yang tak terlupakan. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah dijangkau oleh sekolah-sekolah di sekitar Malang. Candi ini bukan hanya sekadar tumpukan batu, tetapi juga jendela menuju masa lalu yang kaya akan sejarah dan budaya.
Koleksi relief dan ornamen di Candi Badut sangat beragam. Dengan mengamati secara langsung, siswa dapat mempelajari berbagai aspek kehidupan pada masa kerajaan Kanjuruhan. Selain itu, Candi Badut juga dapat menjadi media pembelajaran untuk memahami konsep-konsep sejarah seperti sistem sosial atau kepercayaan. Dengan belajar langsung di situs bersejarah seperti Candi Badut, siswa dapat lebih memahami dan menghargai sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia. Pengalaman ini juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya merawat peninggalan budaya kita.Â
Berikut ini adalah rancangan pembelajaran IPS Kelas 5 di Candi Badut :
A. Materi Pembelajaran
Daerahku KebanggaankuÂ
B. Capain PembelajaranÂ
Pada Fase C peserta didik diperkenalkan dengan sistem - perangkat unsur yang saling terhubung satu sama lain dan berjalan dengan aturan-aturan tertentu untuk menjalankan fungsi tertentu - khususnya yang berkaitan dengan bagaimana alam dan kehidupan sosial saling berkaitan dalam konteks kebhinekaan.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat mengenal warisan budaya dan mengetahui sejarahnya untuk kemudian dikaitkan dengan kehidupan saat ini.
2. Peserta didik dapat memahami akulturasi melalui sejarah warisan budaya yang ada di daerahnya.
3. Peserta didik dapat mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang ada di daerah tempat tinggalnya
D. Aktivitas Guru dan SiswaÂ
1. Waktu : 07.00 -- 07.30
Aktivitas Guru : Pesiapan dan koordinasi, guru memastikan driver dan siswa siap untuk keberangkatan ke Candi Badut.
Aktivitas Siswa : Siswa datang tepat waktu ke sekolah dengan membawa perlengkapan yang telah diinformasikan sebelumnya.
2. Waktu : 07.30-08.30
Aktivitas Guru : Perjalanan ke Candi Badut.
Aktivitas Siswa : Perjalanan ke Candi Badut.
3. Waktu : 08.30 -- 09.00Â
Aktivitas Guru : Mengarahkan siswa berkumpul sesuai kelompok dan menjelaskan mengenai etika dan tata tertib selama berada di candi.
Aktivitas Siswa : Berbaris sesuai kelompok, mendengarkan pengarahan dari guru mengenai etika dan tata tertib.
4. Waktu : 09.00 -- 10.00
Aktivitas Guru : Mengarahkan siswa untuk mengikuti tur bersama pemandu (guide) Candi Badut.
Aktivitas Siswa : Mendengarkan penjelasan dengan seksama, mencatat informasi penting, dan bertanya jika ada yang kurang jelas.
5. Waktu : 10.00 -- 11.00
Aktivitas Guru : Pendalaman materi dan tugas kelompok, guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk melakukan observasi mandiri. Setiap kelompok diberi lembar kerja yang berisi pertanyaan tentang benda-benda bersejarah di candi, sejarahnya, dan tokoh terkait. Guru mendampingi dan memberikan bantuan jika diperlukan.
Aktivitas Siswa : Melakukan observasi di area candi secara berkelompok, mengisi lembar kerja dengan mencari informasi dari catatan yang telah ditulis, bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas.
6. Waktu : 11.00-12.00Â
Aktivitas Guru : ISHOMA Mengarahkan siswa untuk beristirahat di tempat yang sudah disediakan serta membagikan konsumsi.
Aktivitas Siswa : Beristirahat, shalat dan menikmati makan siang yang telah disediakan
7. Waktu : 12.00-12-45
Aktivitas Guru : Review dan penguatan materi terkait kegiatan yang dilakukan pada hari ini.
Aktivitas Siswa : Berpartisipasi dalam diskusi review, memberikan tanggapan, dan bertanya tentang hal-hal yang masih belum mereka pahami.
8. Waktu : 12.45 -- 13.30
Aktivitas Guru : Evaluasi dan penilaian tugas, Guru mengevaluasi hasil lembar kerja siswa secara kelompok, memberikan umpan balik langsung, dan menyusun hasil observasi mereka ke dalam laporan kecil serta memberikan apresiasi kepada siswa yang menunjukkan partisipasi aktif dan pemahaman yang baik.
Aktivitas Siswa : Mengumpulkan lembar kerja mereka dan mendengarkan evaluasi guru
9. Waktu : 13.30 -- 14.00
Aktivitas Guru : Persiapan pulang, melakukan pengecekan akhir sebelum pulang
Aktivitas Siswa : Mempersiapkan diri untuk kembali ke bus dan pulang ke sekolah, memastikan tidak ada barang yang tertinggal dan menjaga ketertiban selama perjalanan pulang.
E. Lembar ObervasiÂ
1. Tujuan : Peserta didik dapat mengetahui sejarah warisan budaya yang ada di daerahnya.
Obsevasi : Bagaimana cerita sejarah Candi Badut dan peran Kerajaan Kanjuruhan?
2. Tujuan : Peserta didik dapat mengidentifikasi tokoh- tokoh warisan budaya yang ada di daerahnya.
Observasi : Siapa saja tokoh yang berperan penting dalam sejarah Candi Badut?
3. Tujuan : Peserta didik dapat mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang ada di daerah tempat tinggalnya
Observasi : Apa saja bentuk aktivitas perekonomian di daerahku?
4. Tujuan : Peserta didik dapat menyebutkan kerajaan yang pernah berkembang di daerah tempat tinggalnya.
Observasi : Apakah dahulu daerah tempat tinggal kalian pernah menjadi tempat berkembangnya sebuah kerajaan?
5. Tujuan : Peserta didik dapat memahami akulturasi melalui sejarah warisan budaya yang ada di daerahnya.
Observasi : Apakah di daerahku terdapat bentuk budaya yang merupakan hasil gabungan dua atau lebih budaya yang berbeda?
F. KontributorÂ
1. Nafisatul Hidayah (Membuat tabel aktivitas guru dan siswa)
2. Indriati Alia Permadani (Membuat lembar observasi dan dokumentasi di Candi Badut)
3. Fikra Filsafa Ilma (Menuliskan dan mengupload tugas di kompasiana)
G. Lampiran
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H