Mohon tunggu...
nafiatul istiqomah
nafiatul istiqomah Mohon Tunggu... Guru - mahasiawa

hobi saya mungkin sangat banyak, sesuatu yang membuat saya bahagia masuk dalam kategori hobi saya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sebab Akibat Stres Akademik dan Cara Mengatasinya

18 Mei 2024   20:29 Diperbarui: 18 Mei 2024   20:40 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

              Stres yaitu suatu ketidaksesuaian antara keinginandengan kenyataan yang mempengaruhi perilaku seseorang. Kata lainnya, stress merupakan sebuah reaksi terhadap stressor yang berasal dari luar maupun dari individu. Stres akdemik yaitu stress yang muncul akibar academic stressor, seperti kegiatan pembelajaran, waktu belajar, banyaknya tugas, prokrastinasi, dan lain sebagainya. Tekanan tesebut memunculkan reaksi secara fisik, perilaku, pikiran, maupun emiosi-emosi negative.

              Stress akademik ini terjadi karena adanya ketidak sesuaian antara tuntutan lingkungan dengan sumber daya actual yang dimiliki peserta didik. Akibatnya peserta didik merasa terbebani oleh berbagai tuntutan tersebut. Stress akademik disebabkan oleh beberapa factor, diantaranya:

  • Factor internal

Factor internal meliputi pola pikir, kepribadian, dan keayakinan.

  • Pola piker

Seorang individu yang memiliki pela piker tidak baik mengakibatkannya tidak dapat mengendalikan situasi, cenderung mengalami stress lebih besar. Semakin besar kendali bahwa individu dapat melakukan sesuatu, semakin kecil kemungkinan stress yang dialami.

  • Kepribadian

Kepribadian seorag peserta didik dapat menentukan Tingkat toleransinya terhadap stress. Tingkat stress peserta didik yang optimis lebih kecil dibandingkan dengan Tingkat stress pesrta didik yang pesimis.

  • Keyakinan

Penilaian yang diyakini peserta didik dapat mengubah pola pikirnya terhadap suatu hal bahkan dalam jangka panjang dapat membawa stress dalam jangka panjang secara psikologi.

  • Factor eksternal

Factor eksternal meliputi pelajaran yang padat, tingginya tekanan berprestasi, dorongan status sosial,

  • Pelajaran yang padat

Kurikulum di Indonesia mempunyai standar yang semakin tinggi. Akibatnya persaingan antar peserta didik semakin ketat, waktu belajar bertambah, dan beban peserta didik semakin meningkat. Meskipun sebagian alasan tersebut berkontribusi dalam kemajuan negara, kita harus mengakui bahwa hal tersebut dapat meningkatkan stress akademik bagi peserta didik.

  • Tingginya tekanan berprestasi

Peserta didik ditekankan untuk berprestasi dengan baik dalam ujian-ujian mereka. Tekanan ini terutama dating dari orang tua, keluarga, guru, tetangga bahkan teman sebaya.

  • Dorongan status sosial

Pendidikan sering dijadikan symbol status sosial. Orang-orang dengan kualifikasi akademik yang tinggi akan dihormati oleh Masyarakat sekitar. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki Pendidikan yang tinggi akan dipandang rendah. Jadi peserta didik yang berhasil secara akademik akan disukai, dikenal, dan dipuji oleh Masyarakat. Begitupun dengan sebaliknya, peserta didik yang tidak berprestasi di sekolah dipandang sebagai anak yang lambat, malas, atau sulit dalam memahami materi pelajaran. Sehingga mereka lebih dianggap sebagai pembuat masalah,   ditolak guru, dimarahi orang tua, diabaikan teman.

         Peserta didik yang mengalami stress akademik ini secara emosional ditandai dengan gelisah, cemas, sedih, depresi dan merasa harga dirinya turun karena merasa tidak mampu melaksanakan tuntutan akademik tersebut. Sedangakn secar fisik ditandai dengan sakit kepala susah tidur, sakit punggung, diare, Lelah atau kehilangan energi untuk belajar.  Secara perilaku sendiri ditandai drngan Tindakan agresif, kecenderungan menyendiri, ceroboh, menyalahkan orang lain, melamun, berjalan mondar-mandir atau perubahan pada perilaku sooaial.

           Setelah mengetahui factor dan gejala munculnya stress akademik maka akan muncul dampak negative yang munjul akibat sres akademik tersebut. Dampak negative dari stress akdemik yaitu;

  • Menurunnya prestasi peserta didik
    • Kondisi peserta didik yang mengalami stress akademik tentu saja akan mempengaruhi hasil belajarnya.
  • Munculnya beberapa penyakit
    • Kondisi peserta didik yang mengalami stress akademik akan mempengaruhi kesehatannya sehingga rawan terkena beberapa penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, dan serangan jantung.
  • Dampak dalam jangka panjang
    • Damapak jangka panjang dari stress akademik akan mempengaruhi metal individu berua kelelahan mental bahkan dapat menimbulakan perilaku yang menyimpang nantinya seperti merokok, anti sosisal, mengkonsumsi alcohol, emosi tidak stabil, atau bahkan sampai mengkonsumsi obat-obat terlarang.

           Begitu mengerikannya dampak negative dan kemungkinan yang akan ditimbulkan dari stress akademik. Namun janganlah khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi stress akademik. Beberapa caranya yaitu:

  • Aware terhadap stress

Sebaiknya kenali stresnya terlebih dahulu agar nantinya tidak terlarut dalam stress yang berkepanjangan.

  • Menyusun rencana self care

Self care dapat dilakukan dengan cara rileksasi seperti tidur yang cukup, melakukan olahraga, atau melakukan hobi yang disukai.

  • Menysun rencana pengelolaan waktu

Dengan menentukan prioritas waktu maka akan terhindar dari perasaan terteka dari stress tersebut.

  • Membuat jadwal kegiatan

Mengatur jadwal agar pekerjaan dapat tersusun dan terselesaikan secara teratur.

  • Berbagi dan bekerjasama

Melalui berbagi dan bekerjasama tentang beban pikiran dalam menghadapi suatu masalah, akan dapat mengurangi beban masalah tersebut.

  • Temukan motivasi

Motivasi bisa berasal dari mana saja, bisa dari sosial, keluarga, atau seorang artis yang membuat kita termotivasi.

  • Menemukan tempat yang nyaman

Perasaan nyaman akan mrnghindarkan dari kejenuhan dan keadaan yang membuat stress.

          Kesimpulannya,stres akademik adalah suatu tekanan yang dialami oleh siswa dan siswi ketika mereka menghadapi tuntutan akademik yang berlebihan. Tekanan ini dapat berasal dari berbagai sumber dan mempunyai dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan mental dan fisik, serta dapat mempengaruhi prestasi akademik. Untuk mengatasi stres akademik, siswa dan siswa harus memiliki strategi coping yang efektif, mengatur waktu tidur yang cukup, menggunakan internet dengan bijak, dan mengurangi ekspektasi tinggi terhadap prestasi akademik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun