Mohon tunggu...
Nadya Ananda
Nadya Ananda Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pendidikan Sosiologi

It’s never ourselves that we write for.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Memengaruhi Proses Pembelajaran Daring saat Pandemi

25 Desember 2021   00:18 Diperbarui: 25 Desember 2021   00:21 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nadya Ananda Najla

Mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS 2019

Keadaan pendidikan di Indonesia sejak awal kemunculan wabah virus SARS-CoV-2 hingga detik ini masih menghadapi berbagai tantangan sebagai buntut dari virus itu sendiri. Hal ini menyebabkan pemerintah yang berwenang harus bekerja sama dengan lebih keras demi menekan laju penyebaran rantai virus Covid-19. Kesungguhan pemerintah terbukti dengan dikeluarkannya macam-macam kebijakan agar seluruh masyarakat Indonesia dapat tertib mematuhi dan menerapkan jaga jarak dengan orang lain di sekitar mereka.

Imbas dari diterapkannya kebijakan jaga jarak atau social distancing salah satunya dapat dilihat pada sistem kegiatan belajar mengajar di sekolah. Menimang dari Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berseru agar semua lembaga pendidikan tidak melaksanakan proses pembelajaran secara direct di ruang kelas atau tatap muka, namun wajib diadakan secara tidak langsung atau jarak jauh memanfaatkan teknologi. 

Sejalan dengan pemberlakuan kebijakan tersebut, maka otomatis seluruh aktivitas masyarakat yang sebelumnya dilakukan di luar rumah dengan berkumpul langsung dengan banyak orang, kini patut dijeda sebentar lalu diubah dengan beraktivitas di rumah masing-masing. Lembaga pendidikan dari tingkat pusat sampai daerah pun mengubah metode pembelajaran mereka ke dalam bentuk daring atau online.

Kebijakan social distancing sekaligus physical distancing dianggap dapat mereduksi penyebaran COVID-19. Seiring dengan kebijakan itu, pemerintah mendorong semua elemen pendidikan agar dapat mengaktifkan kelas secara daring meskipun secara fisik sekolah telah tutup sementara. Penutupan sekolah kemudian menjadi salah satu langkah mitigasi yang dianggap paling efektif untuk mereduksi penyebaran virus pada anak-anak. Solusi yang diberikan yakni dengan memberlakukan proses pembelajaran di dalam rumah dengan memanfaatkan berbagai macam fasilitas pendukung yang mendukung proses tersebut (Herliandry, Nurhasanah, Suban, & Kuswanto, 2020).

Fakta yang terjadi di lapangan bahwa semua aktivitas dikerjakan dari rumah ini tidak hanya berlangsung di Indonesia, melainkan juga di berbagai belahan dunia. Banyak yang berpendapat situasi dan kondisi seperti ini mungkin saja suatu saat bisa menyebabkan chaos atau masalah baru, namun banyak pihak tetap optimis mengerjakan kegiatan apa saja seperti belajar di rumah. Terlebih lagi dewasa ini sudah banyak teknologi informasi dan komunikasi yang dapat menunjang kebutuhan manusia, kapan pun dan di mana pun tanpa mengenal waktu dan lokasi geografis. Jadi tak lagi ada alasan untuk menolak kebijakan pemerintah tentang jaga jarak yang sebelumnya dianggap menghambat aktivitas masyarakat.

Dari sini kita tahu bahwa interaksi yang terjalin antara tenaga pendidik seperti guru dan dosen dengan peserta didik berjalan secara maya. Kedua pihak tersebut berinteraksi dengan memanfaatkan teknologi terkini, sebagai contoh komputer, laptop, maupun telepon genggam yang di dalamnya tersedia beragam platform yang mendukung pembelajaran daring para peserta didik di berbagai tingkatan, dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Hal ini diketahui memang sangat membantu pelaksanaan prosesnya. Namun tak dapat dipungkiri tetap saja terdapat banyak kekurangan atau kendala di dalamnya. Beberapa kendala dalam penerapan pembelajaran jarak jauh daring di antaranya yaitu tidak terbiasa menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang terbarukan, kuota internet yang menghabiskan tidak sedikit dana, serta sinyal yang kurang mendukung terutama di daerah pelosok.

Adanya kesulitan lantas tak membuat pemerintah lepas tangan begitu saja. Terbukti dengan diberikannya layanan kuota gratis dari Kemendikbud yang dikirim hampir setiap bulan secara cuma-cuma ke nomor gawai para pelajar, baik dari kalangan siswa sampai mahasiswa, pada akhirnya dapat memudahkan mereka mengakses aplikasi atau platform pembelajaran jarak jauh daring menggunakan internet.

Walaupun sudah diberikan beberapa kemudahan tetap saja guru dan dosen tidak bisa mengawasi peserta didik secara langsung karena terpisah oleh jarak. Hal ini adalah salah satu faktor mengapa para peserta didik menjadi tidak termotivasi dan kurang berminat dengan materi yang diajar, sehingga pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung di aplikasi telekonferensi video seperti Zoom dan Google Meet, banyak dari mereka yang pasif dan mematikan kamera agar tidak diperhatikan oleh teman-teman serta guru atau dosen.

Padahal menurut Peter McLaren, pendidikan dalam prosesnya harus fokus pada segi dialog kritis dan analisis dialektik di dalam kelas. Keduanya merupakan pendekatan proses pembelajaran yang biasanya diterapkan baik oleh guru maupun dosen demi menciptakan ruang diskusi dan tanya-jawab yang melibatkan keaktifan peserta didik lalu memacu berkembangnya pengetahuan yang kritis, sistematis, dan logis. 

Model pembelajaran tersebut bisa sangat menyokong pola pikir, perasaan, dan tindakan para peserta didik dalam keseharian mereka. Dialog kritis dan analisis dialektik dipakai untuk menekuni struktur kehidupan sosial suatu kelompok masyarakat yang banyak dipengaruhi oleh paham kapitalisme.

McLaren memandang pedagogi kritis sebagai sebuah cara untuk mengubah hubungan yang terjalin antara ruang kelas, rekonstruksi pengetahuan, sistem kelembagaan sekolah, serta struktur lapisan masyarakat. Oleh karena itu, menurutnya sangat penting bahwa proses pendidikan dalam ruang kelas turut serta memupuk wawasan para peserta didik tentang budaya, etika, demokrasi, ekonomi, politik serta implementasi pendidikan yang menambah partisipasi peserta didik dalam analisis sosial, budaya, dan juga politik.

Metode pembelajaran daring yang masih digunakan hingga saat ini oleh banyak institusi pendidikan dari berbagai tingkatan semakin lama kehilangan efisiensinya. Awalnya memang banyak pihak merasa terbantu dengan metode pembelajaran jarak jauh ini, tapi lama kelamaan peserta didik juga mulai merasa jenuh dan bosan. Sehingga dalam pelaksanaan proses belajar mengajar menggunakan platform telekonferensi video, para peserta didik banyak yang mematikan kamera webnya dan tidak berinteraksi dengan teman sekelas, juga dengan guru atau dosen mereka. 

Kepasifan para peserta didik yang kehilangan minat belajar dalam kelas daring otomatis membuat kelas menjadi kurang menyenangkan untuk diikuti karena tidak terdapat ruang diskusi aktif di dalamnya. Tenaga pendidik seperti guru dan dosen, tak luput juga para peserta didik harus turut serta mengambil peran masing-masing untuk menciptakan suatu kondisi kelas yang aktif, kreatif, produktif, dan kritis sehingga kegiatan pembelajaran dapat efektif dan tujuannya tercapai dengan baik.

Referensi:

 Aji, Rizqon, H., S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.

Amalia, Andina, & Nurus Sa'adah. (2020). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI INDONESIA. Jurnal Psikologi, 13(2), 214-225.

Argaheni, Niken, Bayu. (2020). SISTEMATIK REVIEW: DAMPAK PERKULIAHAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP MAHASISWA INDONESIA. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-108.

Baranewsaceh.co. (2020, Juni). "Menurunnya Minat Belajar Siswa Dimasa Pandemi"

Diakses pada 18 Desember 2021, dari

https://baranewsaceh.co/menurunnya-minat-belajar-siswa-dimasa-pandemi/

Cahyani, Adhetya, Iin Diah L., & Sari Puteri D., L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Kompas.com. (2021, Maret). "SKB 4 Menteri: Sekolah Wajib Memberikan Opsi Pembelajaran Tatap Muka"

Diakses pada 6 Desember 2021, dari

https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/30/142000771/skb-4-menteri--sekolah-wajib-memberikan-opsi-pembelajaran-tatap-muka

Kompasiana.com. (2021, Mei). "Pembelajaran Daring Membuat Peserta Didik Menjadi Bodoh dan Malas Belajar"

Diakses pada 18 Desember 2021, dari

https://www.kompasiana.com/tetisetiawati9556/60aa928fd541df7dfa067642/pembelajaran-daring-membuat-peserta-didik-menjadi-bodoh-dan-malas-belajar

Liputan6.com. (2020, Desember). "Semangat Belajar Anak Menurun Selama Pandemi Covid-19, Ini Penyebabnya"

Diakses pada 18 Desember 2021, dari

https://www.liputan6.com/health/read/4431723/semangat-belajar-anak-menurun-selama-pandemi-covid-19-ini-penyebabnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun