Mohon tunggu...
Nadya F. Salam
Nadya F. Salam Mohon Tunggu... Guru - Guru Geografi

Menyukai jalan-jalan, baik alam maupun makanan. Warna yang disukai adalah Pink, peach dan coklat susu. Makanan yang disukai adalah Ice cream, salad buah, dan kentang goreng.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Geografi Kelas X

2 Desember 2022   16:19 Diperbarui: 2 Desember 2022   17:59 4499
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Belum lama ini kurikulum pendidikan di Indonesia mengalami revisi atau perubahan yang sebelumnya menggunakan kurikulum 2013 atau biasa disingkat kurtilas selama kurang lebih satu windu dijalani. Saat ini, kurikulum pendidikan telah berganti menjadi kurikulum 2022  atau yang sering disebut "Kurikulum Merdeka". Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menyatakan bahwa inti dari kurikulum merdeka adalah merdeka belajar.

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai kurikulum merdeka dan penerapannya di mata pelajaran sekolah khususnya geografi, perlu kita pahami terlebih dahulu Apa itu Kurikulum ? Menurut Harsono (2005) kurikulum merupakan gagasan pendidikan yang diekspresikan dalam praktik. Dalam bahasa latin, kurikulum berarti track atau jalur pacu. Saat ini definisi kurikulum semakin berkembang, sehingga yang dimaksud kurikulum tidak hanya gagasan pendidikan tetapi juga termasuk seluruh program pembelajaran yang terencana dari suatu institusi pendidikan.

Kembali lagi membahas mengenai kurikulum merdeka atau merdeka belajar. Dalam artikel Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia menjelaskan bahwa merdeka belajar adalah suatu pendekatan yang dilakukan supaya siswa bisa memilih pelajaran yang diminati. Hal ini dilakukan supaya para siswa bisa mengoptimalkan dan bisa memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya kepada bangsa.

Adapun penerapan dalam pembelajaran geografi dikelas X (sepuluh) yang saat ini sudah menggunakan kurikulum merdeka diharapkan siswa dapat peka dan peduli dengan permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Sehingga siswa dapat memahami permasalahan yang sesunguhnya terjadi dan dapat mencari jalan keluar atau solusi dari permasalahan yang terjadi.

Nyatanya, objek material pada ilmu geografi berupa semua Fenomena yang ada di Geosfer yang terdiri dari Atmosfer (lapisan udara), Hidrosfer (lapisan air), Litosfer (lapisan kerak bumi), Antroposfer (dinamika penduduk) dan Biosfer (kehidupan hewan dan tumbuhan). Geografi mempelajari bagaimana fenomena tersebut bisa terjadi, bagaimana menyikapi maupun mencari solusi atas permasalahan yang terjadi, kemudian dampak yang ditimbulkan baik dampak positif maupun dampak negatif atas fenomena geosfer baik fenomena alam maupun fenomena sosial.

Dalam Bab 3 mata pelajaran geografi, kelas X semester 1 "langkah penelitian geografi" diharapkan siswa mampu menemukan dan memecahkan masalah dalam lingkup geografi. Siswa diminta untuk membuat makalah penelitian geografi sederhana, makalah tersebut berisikan kata pengantar, Bab 1 (Pendahuluan) terdiri dari latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan masalah dan manfaat penelitian, Bab 2 (Pembahasan) untuk menjawab tujuan penelitian yang dilakukan dan Bab 3 (Penutup) berisi kesimpulan dan saran, dan terakhir adalah daftar pustaka. 

Dalam rumusan masalah siswa diminta untuk merumuskan minimal 3 berupa pertanyaan dari permaslahan yang terjadi, agar penelitian yang dilakukan dapat menghasilkan tujuan penelitian dan pembahasan secara menyeluruh, mendetail dan lengkap.

Kemudian siswa juga diminta untuk membuat power point dari penelitian yang telah dibuat, artinya dibuat ringkasannya untuk dipresentasikan didepan kelas. 

presentasi-2-6389c4774addee11d50bbae4.jpeg
presentasi-2-6389c4774addee11d50bbae4.jpeg
presentasi-1-6389c4874addee2b022c87e2.jpeg
presentasi-1-6389c4874addee2b022c87e2.jpeg
presentasi-3-6389c4973d430412f3043344.jpeg
presentasi-3-6389c4973d430412f3043344.jpeg
Banyak manfaat yang didapat dari presentasi yaitu siswa dilatih untuk mengutarakan dihadapan orang banyak sehingga memunculkan sifat percaya diri, lalu umumnya dengan presentasi siswa lebih mudah untuk memahami materi dan tujuan lain adalah siswa belajar untuk bekerja dalam kelompok.

kelompok-1-6389c4a908a8b57ef90daeb2.jpeg
kelompok-1-6389c4a908a8b57ef90daeb2.jpeg
kelompok-2-6389c4ba08a8b562760133a6.jpeg
kelompok-2-6389c4ba08a8b562760133a6.jpeg
presentasi-5-6389c5163d4304655e2c5c52.jpeg
presentasi-5-6389c5163d4304655e2c5c52.jpeg
Sehingga diharapkan siswa dapat memahami arti dari "Penelitian Geografi", mengapa perlu adanya penelitian ? dan mengapa penelitian harus dilakukan secara sistematis.

Semoga artikel ini bermanfaat. Salam Geografi !

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun