Mohon tunggu...
Alena Diva Putri Mustafa
Alena Diva Putri Mustafa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

menonton film/series menjadi kewajiban di setiap harinya, dengan membaca buku sebagai hiburan, dan mendengarkan lagu untuk mencari ketenangan xx.

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Novel Bumi karya Tere Liye sebagai Harry Potter-nya Indonesia

12 Desember 2023   22:27 Diperbarui: 12 Desember 2023   22:58 399
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Di saat itulah, kali pertama mereka melakukan perjalanan di Klan Bulan, dunia paralel pertama yang mereka datangi. Petualangan Harry Potter dimulai ketika ia terus-menerus mendapatkan surat undangan untuk memasuki sekolah sihir─Hogwarts─yang bahkan sangat asing di telinganya. Ia dijemput oleh Hagrid─pemegang kunci dan pengawas binatang liar di Hogwarts─untuk membeli keperluan sekolah dan mengenalkannya pada sebagian kecil dari dunia sihir. Setelah menembus tembok menuju peron 3/4, barulah kereta api mengantarkan perjalanannya di dunia sihir. Ia ditemani oleh Ron Weasley sebagai teman pertamanya dan Hermione, gadis kutu buku yang mengetuk pintu gerbong yang ditempatinya hanya sekadar menanyakan kodok peliharaan temannya yang hilang. 

Harry Potter tentunya memiliki musuh besar. Layaknya si Tanpa Mahkota, si Kau-Tahu-Siapa atau Voldemort─yang juga identik dengan kegelapan─merupakan musuh utama mereka di novel ini.

Keistimewaan para tokoh utama juga dimunculkan pada keduanya. Miss Keriting─Selena─yang merupakan guru matematika mereka, dengan mengejutkan memberi tahu bahwa Raib merupakan pewaris Klan Bulan pertama yang dibesarkan di dunia manusia atau yang sering disebut dengan Dunia Tanah. Ia juga menyebutkan jika Raib memiliki kekuatan yang luar biasa hebat untuk melawan musuh mereka. Tak jauh berbeda dengan Raib, pada dasarnya Harry sudah terkenal di dunia sihir karena ia merupakan "Anak laki-laki yang bertahan hidup". 

Seperti julukannya, ia berhasil selamat dari maut dengan bekas luka berbentuk petir di dahinya, dalam penyerangan kedua orang tuanya yang mati dibunuh oleh Voldemort. Kedua tokoh utama itu selalu didampingi oleh kedua teman mereka. Kemunculan ketiga tokoh utama di setiap kejadian penting, semakin menegaskan bahwa fokus dari alur cerita berada pada mereka. Meskipun demikian, selalu ada tokoh-tokoh baru yang semakin memperjelas, memperluas, dan menambahkan warna pada cerita.

Ah, jangan lupa dengan dunia mereka! Pada Bumi, Raib dan teman-temannya bebas melakukan kekuatan istimewa mereka saat mereka tidak berada di dunia manusia atau Dunia Tanah. Meskipun ada klan yang hidup secara berdampingan, tetapi umumnya mereka berada di dimensi yang lain yang berbanding terbalik dengan dunia biasa. 

Jika mereka melakukannya secara sengaja maupun tidak sengaja, bersiaplah untuk melihatnya pada media sebagai berita besar. Hal serupa juga terjadi pada dunia sihir dan dunia manusia─yang sering disebut sebagai dunia muggle[1]─pada Harry Potter and the Sorcerer's Stone, yang kedudukannya dipisahkan secara jelas. 

Meskipun dapat hidup secara berdampingan, tetapi tetap saja ada peraturan yang tidak memperbolehkan penyihir melakukan sihirnya di dunia muggle, kecuali jika ada hal yang darurat. Bagaimana jika ada suatu hal yang sengaja maupun tidak sengaja terjadi? Tentunya kamu harus membaca dulu novelnya, supaya kamu tahu 'penanganan' rahasia yang akan mereka lakukan. Namun, bukan berarti di dunia sihir dan dimensi lain hanya diisi oleh sekumpulan orang-orang aneh dengan bangunan-bangunan yang menyeramkan. 

Buktinya, pada dimensi lain adanya perkotaan dengan teknologi super canggih, kapsul seperti kereta─pada Dunia Tanah─sebagai kendaraan cepat mereka, pusat kota, hingga adanya perpustakaan untuk tempat membaca buku dan bersantai. Juga pada dunia sihir pun terdapat pasar sebagai tempat mereka berbelanja, bank paling aman sedunia, pedesaan, hingga tempat hiburan untuk mereka melakukan pesta. Hal itulah yang membuat dunia mereka tampak sama dan berjalan selayaknya dunia biasa.

Nyatanya, tak hanya sihir dan mantra membosankan yang ditampilkan di keduanya, loh! Raib juga melakukan banyak perjalanan yang seru sekaligus menegangkan, mencoba mandi menggunakan udara, menikmati pantai, hingga memiliki pengalaman untuk bersantai pada kursi yang melayang-layang. 

Harry Potter juga belajar membuat ramuan, mengendalikan naga, memecahkan teka-teki, hingga bermain Quidditch[2] yang merupakan permainan terkenal di dunia mereka. Keseruan yang terus-menerus muncul─secara mengejutkan─pada keduanya, tak hanya membuat kita menikmati saat membacanya, bahkan membuat kita terikat untuk terus membaca dan menguji imajinasi kita dalam menggambarkan setiap situasi yang terjadi.

Meskipun di novel ini mereka menemukan penyelesaian akan konflik yang ada, tetapi keduanya memiliki novel lanjutan yang akan kembali membawa kita pada tujuan awal mereka, yaitu untuk mengalahkan si "Hitam" dengan segala kekuatan dan pengikutnya. Kendati demikian, setiap serial yang ada juga menampilkan beberapa konflik yang saling berkaitan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun