Mohon tunggu...
Nadiah RifsyaPratiwi
Nadiah RifsyaPratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Magister Manajemen UNS

Mahasiswa Magister Manajemen UNS

Selanjutnya

Tutup

Bola

Botol Digeser, Aksi Cristiano Ronaldo Merugikan Coca Cola

28 Juni 2021   13:07 Diperbarui: 28 Juni 2021   13:12 777
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cristiano Ronaldo dan Coca Cola. Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola di Piala Eropa 2020. Sumber foto: Indian Express

Baru baru ini aksi pemain tim nasional Portugal Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola menjadi perbincangan hangat warga media sosial.

Pasalnya, kejadian ini terjadi saat konferensi pers jelang pertandingan tim Hongaria melawan tim Portugal di Piala Eropa 2020. Kala itu Cristiano Ronaldo duduk berdampingan dengan manager Portugal Fernando Santos, didepan mereka masing-masing terletak botol air mineral dan 2 buah botol coca cola. Cristiano Ronaldo menggeser kedua botol coca cola dan mengangkat botol air mineral sembari mengatakan "Minumlah air putih".

Insiden ini langsung ramai diperbincangkan di media sosial bahkan tidak sedikit warganet yang membuat meme perihal insiden tersebut. Seperti yang diketahui bahwa coca cola adalah salah satu sponsor Piala Eropa 2020. Insiden yang dilakukan mega bintang olahraga ini juga berdampak pada perusahaan minuman bersoda Coca Cola tersebut.

COCA COLA SEBAGAI SPONSOR UEFA 

Diketahui bahwa Coca Cola termasuk salah satu sponsor Piala Eropa 2020. Coca cola sendiri sudah menjadi sponsor langganan Union of European Football Associations (UEFA) semenjak tahun 1987. Tidak hanya pertandingan sepak bola, coca cola juga menjadi sponsor di ajang olahraga lainnya sekelas dunia seperti Olimpiade bahkan Piala Dunia.

Kehadiran coca cola sebagai sponsor di ajang perlombaan besar dunia sudah berbaur menjadi sebuah budaya orang orang di seluruh dunia. Minuman bersoda menjadi sebuah minuman yang cocok menemani para penggemar olahraga ketika nonton bareng pertandingan olahraga baik dirumah ataupun di tempat tempat yang mengadakan nonton bareng, khususnya di ajang olahraga kelas dunia.

Kehadiran Coca Cola sebagai sponsor dalam pertandingan kelas dunia memberikan branding yang kuat bagi merek Coca Cola itu sendiri. Sekarang ini, siapa yang tak kenal dengan minuman berkarbonasi si hitam yang manis ini? Bahkan di pelosok negri pun orang orang sudah mengenal produk ini dan menjadi primadona ketika disajikan pada hari besar seperti hari raya. 

DAMPAK DAN RESPON COCA COLA

Hal utama yang menjadi perbincangan hangat ketika konfrensi pers itu adalah bukan hanya Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca Cola saja. Namun dampak dari aksi Ronaldo inilah yang merugikan perusahaan Coca Cola. Perusahaan minuman bersoda ini mengalami penurunan 1,32% harga saham Coca Cola di bursa New York. Jika dihitung valuasi saham Coca Cola ini turun USD 4 miliar atau sekitar Rp 57 triliun hanya dalam 1 hari.

Perusahaan Coca Cola sendiri tidak terlalu mempermasalahkan kejadian ini. Pihaknya menyebutkan bahwa tidak hanya Coca Cola, namun juga ada air mineral dan Coca Cola Zero Sugar. “Para pemain ditawari air, Coca Cola, dan Coca Cola Zero Sugar pada konferensi pers”, kata salah satu pihak Coca Cola yang dilansir Daily Mail.

Pihak UEFA sendiri menegaskan pernyataan bahwa “setiap orang berhak memiliki selera minum masing-masing”, dikutip dari Daily Mail.

POLA HIDUP SEHAT CRISTIANO RONALDO 

Aksi yang dilakukan pemain Timnas Portugal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena pola hidup sehat yang dijalaninya. Penggeseran Coca Cola ini mengisyaratkan bahwa ia tidak mengkonsumsi minuman bersoda atau sejenisnya. Cristiano Ronaldo termasuk pemain sepak bola yang disiplin dan menerapkan pola hidup sehat. Ronaldo juga mengajarkan anak-anaknya untuk tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Tidak hanya menghindari minuman bersoda, ia juga tidak mengkonsumsi minuman beralkohol untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Pola hidup sehat yang dijalani pria 36 tahun ini terbukti dengan peformanya yang masih seperti pria berusia 20 tahunan. Cristiano Ronaldo juga membuktikan dalam pertandingan Piala Eropa 2020, Ia bersama timnas Portugal meraih kemenangan 3-0 atas Hongaria pada pembuka penyusihan grup Piala Eropa 2020, Selasa (15/6/2021).

Selain Cristiano Ronaldo, hal yang sama juga dilakukan oleh Manuel Locatelli yang menyingkirkan botol Coca Cola pada sesi konferensi pers setelah laga Italia vs Swiss, Kamis (17/6/2021).

PANDANGAN MARKETING

Melihat dari aksi penggeseran botol Coca Cola yang dilakukan pesepak bola terkenal Cristiano Ronaldo dan Manuel Locatelli ini, ada hal yang perlu digaris bawahi oleh pihak penyelenggara maupun pihak sponsor.

Dalam dunia pemasaran, ada beberapa bentuk komunikasi pemasaran, salah satunya adalah melakukan sponsor. Sponsor adalah salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang bertujuan  untuk promosi penjualan suatu perusahaan. Sama halnya dengan Coca Cola yang menjadi sponsor pada perhelatan sepak bola UEFA. Dengan menjadi sponsor pada Piala Eropa 2020, Coca Cola tentunya menaruh harapan besar atas keuntungan yang akan mereka peroleh. Namun Piala Eropa 2020 memberikan cerita lain dalam strategi pemasaran Coca Cola yang berdampak pada penurunan harga saham.

Sebelum melakukan sponsor, antara pihak pihak yang bersangkutan dipastikan menandatangi perjanjian dan aturan yang ditaati selama kontrak berlangsung. Seharusnya ada hal yang membahas mengenai kesepakatan untuk menghindari hal semacam ini terjadi. Pesepakbola harus memahami dan menghargai atas kerjasama yang dilakukan pihak sponsor dan pihak penyelenggara.

Selain sponsor, ada bentuk komunikasi pemasaran lain yang disebut penempatan produk, mereka mengatur agar produk dan merek mereka muncul di acara atau digunakan oleh selebritis atau tokoh masyarakat. Terlepas dari insiden yang dilakukan kedua pesepakbola ini adalah kebetulan atau disengaja, namun hal ini menjadikan merek Coca Cola semakin terngiang ditelinga konsumen. Bisa saja ini strategi dalam memasarkan Coca Cola. 

Meskipun dalam 1 hari terjadi penurunan harga saham Coca Cola, namun pertandingan Piala Eropa 2020 masih akan berlangsung hingga 12 Juli 2021. Kerugian dan keuntungan yang diterima oleh Coca Cola pada Piala Eropa 2020 ini diketahui pasti diakhir pertandingan nanti.

Di sisi lain, IKEA sebuah perusahaan yang bergerak di bidang furniture dengan cerdas mengambil peran dengan adanya insiden ini. IKEA mengambil momen ini dengan mempromosikan sebuah botol air minum yang dapat digunakan kembali. Sebuah foto botol bertuliskan ‘Drink water, sustainably @cristiano #Euro2020’, di posting melalui akun twitter IKEA Kanada, Jumat (18/6/2021). Botol ini dijual IKEA dengan harga 1,99 Dolar Kanada.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun